Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Comments Posted By peter

Displaying 1 To 1 Of 1 Comments


Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

Pergeseran Adat Batak Toba (bagian I)

adat batak untuk orang batak
suatu hal positif adat batak masih dapat dilaksanakan disetiap kehidupan keluarga dan masyarakat batak. pelaksanaan dalihan natolu dewasa ini terasa dipaksakan oleh sebagian keluarga atau masyarakat, maka tak jarang berjalannya prosesi adat hanya formalitas, kehilangan substansinya. materi dan kepemilikan pangkat/jabatan membuat beberapa orang lupa dengan adat yang harus 'somba marhula-hula, elek marboru, manat mardongan tubu'. dalam beberapa kegiatan pesta misalnya ini sangat kelihatan, parboru yang harusnya membantu operasional pesta kalau dia berpangkat atau mempunyai sedikit kekayaan tidak mau aktif, bahkan dia memerintah hula-hulanya. ini suatu sikap menyimpang, tapi apakah ini dibenarkan pada masa ADAT NATARADAT?
Dipkan suatu kemauan dan keberanian dari para pemuka adat dan pemuka agama (pendeta, sintua, guru, parhangir) mensosialisasikan adat batak kepada orang-orang muda.
terjadinya pergeseran bentuk dan kegiatan acara adat batak tidak mengurangi substansinya, namun kesadaran menjalankan adat batak kedepan menjadi suatu tantangan bagi para orang tua. orang-orang muda di perantauan khususnya yang dilahirkan di daerah perkotaan, kurang perduli dengan adat batak. nunga godang nalilu.

terimaksih kepada SB, kiranya web ini dapat membantu pemahaman dan pengembangan adat batak,secara khusus bagi komunitas batak di perantauan. horas madihita sasude.

Comment Posted By peter On 25.11.2006 @ 15:57

«« Kembali ke halaman statistik