Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Comments Posted By baktinendra prawiro

Displaying 1 To 1 Of 1 Comments


Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

Dilema Kedatangan Cicit Sisingamangaraja XII

Pasti sebuah kejadian yang sangat mengesankan dan cukup mengharukan, karena itu peristiwa yang jauh lebih penting daripada dilema atau ke-gamang-an yang di rasakan oleh Raja Marnangkok, pimpinan Parmalim. Raja Tonggotua Sinambela, apapun agama dan kepercayaan-nya, tetaplah turunan Sisingamaraja XII _ yg dipercaya sebagai manifestasi kekuasaan (spiritual) Debata Mulajadi Na Bolon, sedangkan Debata MNB _ kalau kita tidak terlalu repot memilah-milah Yang Ilahi _ adalah Tuhan Yang Maha Esa, Allah, Yahweh dsbnya. Masakan Tuhan di Timur Tengah beda dengan Tuhan di Tano Batak? Jadi kalau ritual Sipaha Lima dasar dan tujuannya baik dan suci seharusnya Raja Tongggotua Sinambela diperkenankan mengambil bagian di dalamnya _ bukan hanya sekedar datang ber-wisata rohani ke Laguboti.

Sudah waktunya yang HKBP (dan gereja2 derivatif-nya) berhenti meng-kafir-kan Ugamo Parmalim dan sebaliknya juga Ugamo Parmalim untuk bisa menerima ke-kristen-an, atau Islam dllnya, sebagai kepercayaan2 yang juga berasal dari dan memuliakan Debata Mula Jadi Na Bolon. Kalau itu terjadi pastilah roh Sisingamangaraja XII di surga abadi _ atau Banua Ginjang _ berbahagia ... Turunannya yang beragama Kristen ambil bagian dalam dalam upacara suci Ugamo Parmalim yang dulu turut beliau arahkan perintisannya.

Comment Posted By baktinendra prawiro On 08.12.2007 @ 18:14

«« Kembali ke halaman statistik