Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Comments Posted By Rayendra L. Toruan

Displaying 1 To 3 Of 3 Comments


Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

Wisata Rohani di Tarutung

Jangan latah!

Taman Wisata Iman di Dairi dan Salib Kasih di Tarutung cukup baik dikembangkan sebagai obyek yang bisa dijadikan untuk mempertebal iman kepada Tuhan Yesus Kristus, dan rasa cinta tanah air khususnya ke tano Batak.

Kembangkan dan rawatlah yang sudah dibangun itu, akan tetapi daerah-daerah lain khususnya di kabupaten lain yang populasinya mayoritas Batak (Toba, Simalungun, Karo, Mandailing (?), Pakpak, Nias (?)) nggak usah latah membangun obyek sejenis. Buat/ciptakanlah sesuatu yang berhubungan dengan daerah itu.

Saya ada ide untuk Pulau Samosir/Toba...apakah ada di antara Anda bisa diajak kerjasama khusunya mereka yang mempunyai dana untuk diinvestasikan di Pulau Samosir? Kita bertukar gagasan dulu. Jika ingin kontak silakan hubungi saya.

Horas,

Rayendra L. Toruan
Editor buku manajemen, pasar modal, keuangan keluarga
pada PT Elex Media Komputindo (Kelompok KOMPAS GRAMEDIA Jakarta)
Email: rltoruan@elexmedia.co.id

Comment Posted By Rayendra L. Toruan On 23.03.2007 @ 18:49

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

AWK Samosir - Totalitas Buat Gondang dan Opera Batak

Horas,

beberapa kesenian dari Batak Tapanuli yang nyaris punah seperti opera Tilhang, drama Guru Saman, Martumba dan sebagainya. Pada kesempata ini saya mengusulkan kepada tokoh-tokoph Batak atau silaban.net bersedia menjadi sponsor untuk:

1. Menggali data kesenian tradisional Batak yang pernah popular pada pertengahan abad 20 hingga 70-an? Seperti kisah opera si Tilhang, Guru Saman, Martumba, dan sebagainya. Bahan-bahan dikumpulkan dalam bentuk data/tulisan/visual atau mewawancarai orang-orang yang pernah mendukung Opera keliling si Tilhang termasuk melakonkan Guru Saman dan lagu-lagu rakyat Batak.

2. Menyusun tulisan/buku berisikan cara membuat taganing, ogung, sarune, garantung, hasapi, dan instrumen musik tradisional Batak serta penjelasan nada-nada dan cara memainkannya.

3. Menyusun tulisan/buku tentang proses pembuatan ulos (tenun) Batak yang kemudian dikaitkan dengan makana ulos pada adat Batak serta relevansinya pada ekonomi rakyat Tapanuli. Kenapa pemberian ulos Batak pada adat perkawinan Batak tidak tampak agung/khidmat lagi? Ulos seolah berubah filosofi/fungsi, kini sekedar kado saja kepada pengantin.

Untuk menyusun buku/naskah tersebut tadi, saya bersedia sebagai editor naskah hingga ke proses penerbitan buku. Saya optimis dari kalangan tokoh-tokoh Batak (pengusaha, pejabat dan lain-lain) ada yang bersedia sebagai sponsor untuk membiayai perbitan buku-buku.

Saya tunggu respons sidang pemhaca. Bagaimana tanggapan silaban.net?

Mauliate godang.
Tondinta masigomgoman!

Rayendra L. Toruan
Email: rlttoruan@elexmedia.co.id

Comment Posted By Rayendra L. Toruan On 28.03.2007 @ 13:03

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

Pengusaha Cina Lirik Timah Hitam Sinar Pagi Dairi

Sidang pembaca,

saya-editor buku manajemen untuk PT Elex Media Komputindo alah satu unit usaha Kelompok KOMPAS GRAMEDIA- dan Benget B. Simbolon Tbn--mantan wartawan The Jakarta Post--mengunjungi Kabupaten Dairi dan Kabupaten Pak-pak Bharat beum lama ini. Untuk mengetahui potensi ekonomi-bisnis-budaya dan keramahtamahan penduduk di kedua kabupaten itu, rasanya tidak cukup seminggu. Kami berdialog dengan pelbagai pihakm termasuk nara sumber utama seperti Bupati Dairi dan Bupati Pakpak Bharat serta masyarakat, pejabat, senat derah dan pengusaha.

Hasil dialog akan dituangkn dalam satu buku yang akan diterbitkan oleh PT Elex Media Komputindo. Rencna terbit: Oktober 2007.

Bagi pihak yang ingin memesan buku, silakan daftar mulai sekarang. Harga buku (tentatif) Rp50.000 per satu buku.

Isi buku sangat berguna bagi Anda semua.

Njuah-juah, horas, menjua-juah, salam hangat.
Jika pergi ke Dairi, jangan mampirlah di Taman Wisata Iman, yang dibangun oleh DR. Master Parulian Tumanggor dan rakyat Dairi, yang diilhami Lourdes di Prancis. Nikati juga bandrek dan jus terung Belanda (orang Toba menyebut: Tiung).

Sampai ketemu,

Rayendra L. Toruan
rltoruan@elexmedia.co.id

Comment Posted By Rayendra L. Toruan On 22.03.2007 @ 15:04

«« Kembali ke halaman statistik