Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Comments Posted By Peterson Pangaribuan

Displaying 1 To 2 Of 2 Comments


Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

Pemkab Humbahas akan Cetak Buku “Ahu Sisingamangaraja” Tulisan Prof DR WB Sijabat

Saudara Masrul Purba Dasuha, S.Pd,

Sangat aneh komentar anda dengan kutipan dari sumber anda, saya kira anda kan punya logika, dan bisa menggunakan logika? apakah anda tau dengan jelas berikut buku sumber yang anda kutip itu, bahwa ratusn tahun sebelum ada belandah di Tapanuli bahkan di indonesia, bahwa dinasti Sisinga mangaraja sudah ada, itu bisa dibuktikan dengan tonggo-tonggo dalam agama suku batak dan yang lain-lain? kalu benar isi buku sumber anda isinya seperti yang anda sebut, menurut saya adalah isinya sangat kabur dan aneh dan jelas salah karena tidak sesuai dengan fakta, kenapa?, perang diponegoro terjadi 1825-1830, sementara periode padri di tanah batak 1818-1821, perang batak sisinga mangaraja dengan belanda 1880-1907, dimana logikanya mengatakan sisinga mangaraja sinambela adalah dirajahon/ dibatakkan dari singomirejo yang merupakan salah satu prajurit Pangeran Diponegoro? coba perhatikan tahun-tahun kejadian yang anda sebutkan apakah nyambung??? sangat sulit menjelaskannya kepada anda disini, sebaiknya anda perlu baca data-data / referensi yang lain baru memberikan komentar sejenis bantahan seperti itu. Pernahkah anda tau atau mendengar bahwa saat ini ada keturunan/ cucu dari singa mangaraja XII di jakarta, dimana ayahnya mereka anak dari sisinga mangaraja xii di bawa belanda ke Jakarta setelah singa mangaraja xii tewas ditembak tentara belanda dalam pertempuran di daerah simsim? pernahkah anda dengar bahwa Pendeta Nomensen (misionaris dari Jerman yang membawa kristen ke tapanuli) pernah berhubungan dengan singa-mangaraja x s/d xii? kalau belum silahkan cari datanya, kalau pernah dengar ceritanya, berarti andalah yang mau memanipulasi data dan fakta sejarah, tidak sesuai dengan pernyataan anda yang saya copy dari pendapat anda sbb:
"Menurut penulis Pemkab Humbang Hasundutan tidak salah untuk mencetak ulang sejarah perjuanganan Sisingamangaraja. Namun, tulis dan ungkapkanlah kebenaran sejarah secara otentik dan obyektif, jangan mengada-ada. Lalu siarkanlah itu kepada khalayak agar mereka kembali ke sejarah sebenarnya, dan dapat memaklumi atas terjadi pembelokan sejarah selama ini. Sekian dan Terima Kasih. horas 3x"

Saya sama sekali sangat sedih dengan pernyataan anda diatas itu, seorang batak, tapi sama sekali tidak tau tentang fakta batak, sedang suku atau bangsa-bangsa di luar batak tau bahwa sisinga mangaraja adalah batak bermarga sinambela, lho kok anda batak jenis macam apa dan darimana dan dimana selama ini?

Comment Posted By Peterson Pangaribuan On 29.10.2007 @ 20:37

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

Sajak Si Singamangaraja

Bapak Muhaimin Yth, silahkan bapak baca buku Tuanku Rao, karangan MO Parlindungan (Siregar), yang bulan Juli lalu saya juga baru beli di Gramedia, yang lain juga ada menyebutkan hal itu, kalau tidak salah judulnya alihan Natolu, karangan ...Siahan, saya belinya di Senen (di Proyek Senen). Selain Gayo juga disebutkan Suku Bangsa Alas, Mudah-mudahan setelah membaca buku itu Bapak bisa dapat informasi yang bisa dihubungkan mungkin dengan adanya persamaan-2 atau kebiasaan misal dalam hal adat-istiadat atau sifat-2 khas dlsb. Semoga dengan hal-hal seperti itu kita semua akan mengetahui dan menyadari adanya ikatan tali persaudaraan diantaara semua suku Batak (semua sub). Horas.

Comment Posted By Peterson Pangaribuan On 07.08.2007 @ 19:33

«« Kembali ke halaman statistik