Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Comments Posted By Jani Marpaung

Displaying 1 To 1 Of 1 Comments


Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

Pemkab Humbahas akan Cetak Buku “Ahu Sisingamangaraja” Tulisan Prof DR WB Sijabat

Penggalian ilmiah sejarah untuk daerah Batak atau Tapanuli khususnya sangat diharapkan sekali, mengingat banyaknya cerita-cerita yang tidak jelas sumbernya. Memang beberapa informasi dari turi-turian itu ada benarnya, tapi khan perlu diteliti karena ada kemungkinan penambahan "bumbu-bumbu" yang mengikuti si pembawa cerita. Tulisan-tulisan yang ada di perustakaan Belanda kemungkinan sangat Banyak.

Terima kasih atas rencana pencetakan ulang buku tersebut, tapi kalau bisa jangan hanya Sisingamangaraja. Saya setuju Sisingamangaraja XII salah satu pejuang Batak dan pahlawan Nasional. Tapi tentu ada yang lain yang kriterianya bukan hanya karena "musuh Belanda". Jika dipakai kriteria lain, misalnya siapa-siapa tokoh tokoh awal yang membangkitkan semangat orang-orang Batak untuk sekolah tinggi. Misal: Raja Pontas Lumban Tobing atau Nommessen, Walaupun tokoh tersebut pernah bersebarangan dengan Sisingamangaraja XII (porang sihudamdam), tapi khan Dia juga punya andil bagi kemajuan Bangsa. Kita "pahlawan"kan mereka walaupun bersebrangan, gak pa pa khan??

Seorang pahlawan akan menginspirasi orang yang mengangkatnya jadi pahlawan. Jadi jangan terlalu berlebihan juga "anti Belanda"nya, nanti kita lupa juga akan beberapa hal-hal positifnya, takutnya jadi alergi bergaul dengan orang asing.

Bagaimana ada gak pejuang-pejuang yang bersifat universal seperti tokoh-tokoh pendidikan, hak asasi manusia, lingkungan, perobatan, dll?

Ya ini hanya secuil ide, siapa yang mau menggali lagi sejarah tokoh-tokoh Batak. Apalagi ada beberapa cerita bahwa Orang Batak Kuno sebenarnya sudah ahli dalam bidang medis, hukum, tentara dan perdagangan. (Misalnya mengapa orang-orang Tapanuli atau Batak banyak yang menjadi ahli Hukum dan diketentaraan?)

Terima kasih

Comment Posted By Jani Marpaung On 17.03.2008 @ 20:31

«« Kembali ke halaman statistik