Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Comments Posted By Fery Siagian

Displaying 1 To 2 Of 2 Comments


Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

Membaca Patung Primitif Batak Sebagai Teks Filsafat Tersembunyi

Horas...
Diperlukan kearifan dalam memahami patung sebagai karya cipta kebudayaan sehingga kita terhindar dari pemikiran sempit yang menganggap patung sebagai berhala. Kata berhala mungkin sensitif bagi perbagai penganut kepercayaan/agama yang beranekaragam.
Coba kita perhatikan sejenak, kenapa bangsa barat begitu gencar mempelajari kebudayaan bangsa asia, dan salah satunya adalah kebudayaan BATAK yang diwariskan oleh nenek moyang suku/orang BATAK.
Sebagai suku/orang BATAK kita harusnya lebih mencintai kebudayaan kita dibandingkan mereka (bangsa barat).

Bangsa yang besar adalah bangsa yang berbudaya dan tahu menghargai kebudayaannya tersebut.

Mauliate...

Comment Posted By Fery Siagian On 17.09.2007 @ 23:53

Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

Parmalim: “Kami Bukan Penganut Ajaran Sesat”

Horas...!
Kepercayaan/agama PARMALIM adalah salah satu bukti bahwa suku batak sejak dahulu adalah suku yang memiliki nilai kebudayaan yang tinggi dan luhur. TAROMBO/SILSILAH yang cukup akurat, sistem dan aturan tatanan kehidupan masyarakat (DALIHAN NATOLU) suku/orang BATAK yang begitu indah menggambarkan kepercayaan suku BATAK yang luhur.
Saya sangat kurang setuju jika Kepercayaan/agama BATAK dihubung-hubungkan dengan salah satu kepercayaan orang-orang ARAB yang notabene silsilah nabinya pun masih diragukan kebenarannya!
Tidak ada ajaran nenek moyang suku/orang BATAK untuk memaksakan kepercayaan/agama nya pada suku lain. Kepercayaan/agama suku/orang BATAK hanyalah untuk orang BATAK! (Justru ini lebih mirip dengan kebudayaan salah satu suku/bangsa di Timur Tengah yang sangat dibenci oleh agama yang berasala dari ARAB)
Bahkan sejarah menunjukkan suku/orang BATAK dulu diperangi oleh orang-orang yang memeluk agama ARAB tersebut agar mau masuk agama tersebut.

Maaf kalo ada lae atau apara yang merasa tersinggung jika saya mengatakan hal ini. Orang BATAK adalah suku bangsa yang punya kebudayaan sendiri, dan tak perlu dihubung-hubungkan dengan kebudayaan asing yang justru bertentangan dengan budaya suku/orang BATAK asli.

Mauliate...

Comment Posted By Fery Siagian On 17.09.2007 @ 22:23

«« Kembali ke halaman statistik