Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Comments Posted By Boike Sitorus

Displaying 1 To 1 Of 1 Comments


Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

Ugamo Malim di Negara Demokratis

Saya mengucapkan terimakasih banyak kepada para pemerhati keberadaan Parmalim di negara kita ini.Saya seorang penganut Ugamo Malim yang berpusat di Hutatinggi Laguboti yang juga kebetulan menjabat Sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Tunas Naimbaru Naposo Bulung Parmalim. Sebagai seorang penganut Ugamo Malim saya merasa belum merdeka di negara RI ini dimana kami sebagai penanganut belum mendapatkan sepenuhnya Hak - hak kami sebagai warga.
pada tahun lalu kami kesulitan untuk membangun tempat peribadatan kami di Jln. Air bersih Ujung _ Medan karena adanya beberapa warga sekitar yang keberatan dengan alasan kami itu adalah aliran sesat dan tidak punya adat istiadat.sehingga sampai pada detik ini kami belum bisa mendirikan bangunan tersebut. karena keberatan sebagian warga itupula SIMB tidak bisa keluar.
Belum lagi luka itu kering luka baru datang lagi.pada tanggal 18 January ada pemberitaan di Harian Medan Pos yang berjudul "PROVINSI TAPANULI HANYA DISETUJUI OLEH KETURUNAN PARMALIM" pemberitaan ini didasari dari pernyataan Dr.SHW.Sianipar dimana dalam berita tersebut Parmalim dikatakan sebagai Kanibal pemakan manusia, parbegu ganjang, setan tunggal panaluan, sibiangsa dll dikatakan juga kalau Parmalim Sebagai penghancur budaya batak. walapun berita tersebut telah di sanggah oleh Ir.M. Naipospos selaku Sekretaris Pengurus Pusat Parmalim namun pada tanggal 26 dan 27 February 2007 diteruskan juga pemberitaan di Harian Medan Pos yang Berjudul "ADA APA DI BALIK PROVINSI TAPANULI ?" mengatakan kalau Parmalim Singalapar.pernyataan ini juga disampaikan oleh Dr.SHW.Sianipar. karena berita tersebut adalah merupakan penghinaan dan fitnah bagi kami, saya telah mencoba memberikan sanggahan sebagai berikut:

Medan, 02 Maret 2007

No : 007/ DPP.TN/III/2006
Lamp : -
Hal : Sanggahan Berita tentang Parmalim

Dengan Hormat !

Sehubungan dengan adanya pemberitaan Harian Medan Pos pada tanggal 26 – 27 February 2007 yang didasari pernyataan Dr. SHW. HOPU UGANI SIANIPAR DL yang berjudul : ADA APA DI BALIK PROVINSI TAPANULI ? yang merupakan fitnah bagi kami generasi muda – mudi Parmalim Hutatinggi Laguboti Maka kami dari Tunas Naimbaru Naposo Bulung Parmalim Hutatinggi Laguboti (Organisasi generasi muda – mudi Parmalim) yang berpusat di Jln. Seksama Gg. Rela No. 17 Simpang limun _ Medan, perlu memberikan bantahan atas pemberitaan tersebut.

Dari tulisan tersebut kami dapat mengambil kesimpulan bahwa Dr. SHW. HOPU UGANI SIANIPAR DL merupakan orang yang sangat kontra terhadap pembentukan Provinsi Tapanuli, tapi kami sebagai generasi muda – mudi Parmalim Hutatinggi Laguboti akan lebih kontra lagi apabila nama Parmalim dibawa – bawakan dalam setiap pernyataan untuk mendukung upaya penggagalan pembentukan Provinsi Tapanuli. Apalagi didasari dari pernyataan – pernyataan yang tidak realistis dan tidak ada relevansinya dengan kenyataan yang sebenarnya / fakta masa kini serta terkesan mengada – ada tanpa konseptual yang jelas.
Pemberitaan tersebut telah banyak merugikan warga Parmalim Hutatinggi Laguboti khususnya kami generasi muda – mudi (Tunas Naimbaru Naposo Bulung Parmalim Hutatinggi Laguboti). Ada beberapa hal penting yang perlu kami sanggah dalam pemberitaan tersebut antara lain:

Dalam setiap tulisannya Dr. SHW. HOPU UGANI SIANIPAR DL selalu mengidentikkan Parmalim dengan begu ganjang, singa lapar, kanibal, setan tunggal panaluan, setan pangulu balang, setan uti-utian, dan sibiangsa, sementara pada kenyataannya kami warga Parmalim Hutatinggi Laguboti khususnya generasi muda-mudi Parmalim tidak pernah melihat dan mengenalnya, kami hanya menyembah dan memuja Mulajadi Nabolon sebagai pencipta alam semesta.

“Gerakan Merdeka Singa Lapar” seperti dalam tulisan Dr. SHW. HOPU UGANI SIANIPAR DL, pernyataan ini merupakan satu pernyataan yang sangat menusuk dan menyakitkan serta fitnah bagi kami. Memang pada kenyataannya kami warga Parmalim Hutatinggi Laguboti khususnya pada generasi Muda-mudi belum “MERDEKA” dalam Negara ini khususnya dalam persamaan hak, dimana kami belum memperoleh hak-hak kami seutuhnya sebagai warga Negara Indonesia, tetapi bukan berarti kami melakukan gerakan konprontasi-konprontasi untuk memerdekakan diri seperti yang dimaksud dalam pernyataan diatas.

Dalam tulisan tersebut Dr. SHW. HOPU UGANI SIANIPAR DL, banyak mengaitkan nama Parmalim dalam pembentukan PROPINSI TAPANULI, sedangkan pada kenyataanya warga Parmalim Hutatinggi Laguboti tidak pernah memberikan dukungan langsung maupun tidak langsung kepada para penggagas pembentukan PROPINSI TAPANULI, upaya Dr. SHW. HOPU UGANI SIANIPAR DL dalam penggagalan pembentukan PROPINSI TAPANULI dengan membenturkan nama Parmalim dengan para penggagas dan masyarakat batak yang menghendaki PROPINSI TAPANULI jelas tidak efektif karena bernuansa Fitnah kepada warga Parmalim Hutatinggi khusunya kepada generasi muda-mudi Parmalim.

Dari beberapa poin diatas jelas terlihat bahwa tulisan tidak didasari kenyataan, Dr. SHW. HOPU UGANI SIANIPAR DL menulis pernyataan yang sangat merugikan warga Parmalim Hutatinggi Laguboti dan karena bernuansa Fitnah kepada kami yang tentu saja bisa menimbulkan emosional, karena fitnah lebih kejam dari Pembunuhan. Oleh karena itu dengan sangat hormat kami minta kepada Bapak Dr. SHW. HOPU UGANI SIANIPAR DL agar sesegera mungkin mengklarifikasi ulang dan meluruskan pemberitaan tersebut yang telah mencoreng nama Parmalim khususnya Parmalim Hutatinggi Laguboti.

Kepada Pimpinan umum Redaksi Medan Pos kami mohon sanggahan ini diterbitkan dan dibuat halaman pertama sebagai perimbangan informasi, atas kesediaannya kami ucapkan terimakasih.

Akhir kata saya pribadi mengucapkan terimakasih kepada penulis artikel diatas dan juga kepada seluruh pemerhati komunitas Parmalim di negri yang kita cintai ini.

Horas, Horas, Horas .....Mauliate!!!

Comment Posted By Boike Sitorus On 02.03.2007 @ 11:15

«« Kembali ke halaman statistik