Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Silaban Brotherhood

Silaban Brotherhood bermula dari sebuah keinginan dan kerinduan namardongan tubu, boru dan bere untuk berkumpul dan berkomunikasi dalam satu wadah yang tak terikat oleh jarak.

Silaban Brotherhood pertama kali dicanangkan oleh Charly Silaban [DB-16/Jkt] dalam bentuk Milis Silaban pada tanggal 10 februari 2005. Berbekal pengetahuan yang minim, perburuan alamat-alamat email para silaban di belantara internet dilakukan dan mereka pun dikirimi undangan agar bergabung. Hingga kini, milis ini terus eksis dan berkembang serta telah mempunyai sedikitnya 70 anggota dari berbagai tempat, dari Dolok Sanggul hingga Bremen, dari Papua hingga California..

Seiring waktu berjalan, dan dengan bantuan donasi dari Andry Silaban [DB-16/DLS] akhirnya sebuah ruang di dunia cyber juga turut disiapkan. Silaban.Net resmi didaftarkan pada tanggal 22 Februari 2005 bersama dengan domain komplemennya, Silaban.Org dan Silaban.Com.

Sebuah kebahagiaan, bahwa pada akhirnya domain Silaban.com yang sebelumnya telah dimiliki oleh sebuah perusahaan multimedia yang berbasis di Santiago de Chile dan Miami - Florida akhirnya dapat kita ambil kembali. Sebelumnya, Silaban mereka jadikan sebagai nama produk e-learning multimedia buatan mereka pada bulan September 2002 lalu. Dari mereka pulalah Logo Silaban Brotherhood diinspirasikan menjadi sebuah logo yang bagus dan mantap seperti sekarang ini.

Setelah lama berupa domain parking dan hanya diisi oleh link ke berita-berita mengenai aktivitas Silaban di berbagai media, dan setelah beberapa kali penundaan, Silaban.Net pada akhirnya menunjukkan wajah pertamanya seperti sekarang ini sejak tanggal 1 April 2006 yang mana situs ini dibangun dan diperkaya oleh spesialis internet, [[ jeefuu.net ]] dengan menggunakan engine Wordpress. Hal yang membanggakan ini terwujud tidak terlepas dari dukungan dari berbagai pihak khususnya warga Milis Silaban baik berupa dorongan moril pun bantuan materi (ROWS) juga atas kerja keras para kontributor (Saut Silaban [DB-15/Clg], Gunawan [DB-16/Mdn], Andareas Silaban [DM 12/Jkt] dan Irwindi Silaban (DB-16/Mdn]) hingga pada grand opening-nya, Silaban.Net telah mampu menyediakan 400-an artikel aktivitas Silaban di berbagai penjuru sebagai pre-content.

Hal lain yang juga perlu dicatat dalam sejarah Silaban Brotherhood adalah adanya pengumpulan dana sosialyang ditujukan untuk membantu keluarga yang membutuhkan khususnya untuk dana pendidikan. Hal ini diprakarsai oleh warga Milis dan diberi nama “Silaban Brotherhood Funds” oleh Togar Silaban [DM-12/Sby]. Namun hingga kini, implementasi SBF ini belumlah berjalan dengan baik sehubungan dengan kurangnya sukarelawan yang mau membagi waktunya untuk mengurusi SBF ini.

Selain itu, dalam rangka mensosialisasikan situs Silaban ke masyarakat umum, warga Milis pun bahu membahu mendanai suatu program pembuatan Iklan Ucapan Paskah yang pada akhirnya diterbitkan pada tanggal 16 April 2006 pada Harian SIB. Mudah-mudahaan kedepannya akan semakin banyak aktivitas lain yang dapat dilakukan untuk semakin mempererat rasa persaudaraan.
Akhir kata, diharapkan perkembangan Silaban Brotherhood tidak hanya sampai disini.
Namun kedepannya dapat menjadi sumber informasi dan wadah komunikasi bukan hanya untuk generasi Silaban saja namun juga turut memberikan sumbangsih buat warga Batak khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya terutama untuk tujuan pengembangan kebudayaan warisan leluhur dan terwujudnya rasa persaudaraan diantara kita.

Mauliate..
Horas.. Horas.. Horas..
Charly Silaban [DB-16/Jkt]