Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Minggu
8
Jun '08

Bupati Taput Dan Ephorus HKBP Panen Raya Padi di Siborongborong



Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

Torang Lumbantobing bersama Ephorus HKBP DR Bonar Napitupulu menghadiri syukuran dan panen raya padi kelompok tani Gotongroyong dan Ceria di Dusun Pananggele Desa Sitampurung Kecamatan Siborongborong, Rabu (4/6). Kelompok tani yang melaksanakan panen raya antara lain kelompok tani Gotongroyong, Ceria, Parsaoran, Sepakat, Mual Batu, Damai

Sejahtera, Masiurupan, Satahi, Marsibolusan, Bintang, Natur Sahat Maju dan tiga 3 kelompok pandai besi binaan Pemkab Taput bekerjasama dengan gereja HKBP dengan sistim bantuan permodalan dari Pemkab, pembinaan dari HKBP. Bupati Torang Lumbantobing mengatakan, panen raya padi adalah hasil kerja keras dan kerjasama sesama kelompok. “Keberhasilan ini harus kita syukuri supaya Tuhan memberkatinya. Inilah tujuan kita melakukan pesta syukuran panen raya padi ini. Karena setiap keberhasilan yang kita capai adalah berkat dari Tuhan,” sebutnya.

Dihimbau, setelah berhasil dalam tanaman padi, selanjutnya harus lebih bergiat melakukan penanaman komoditas lainnya seperti tanaman palawija.. “Kelompok adalah salah satu kekuatan untuk melakukan gotongroyong dan berdiskusi demi kemajuan pertanian di setiap desa atau dusun,” tegasnya.
Sementara itu Ephorus HKBP Pdt DR Bonar Napitupulu dalam arahannya menekankan “Pesta gotilon” (syukuran) termasuk pekerjaan yang baik dan sakral, karena untuk mengucapkan syukur kepada Tuhan. “Sebagai orang Kristen yang baik harus mau mengakui setiap keberhasilan yang dicapainya adalah berkat dari Tuhan dan mau memanfaatkan semua yang diberikanNya kepada kita di dunia ini,” ujarnya.

Sebelum menghadiri pelaksanaan panen raya padi itu, Bupati bersama Ephorus HKBP lebih dulu meninjau pandai besi yang memakai mesin Spring Hammer di Desa Sitampurung. Mesin Spring Hammer tersebut adalah hasil bantuan kerjasama antara Pemkab Taput dengan HKBP. Jumlah bantuan mesin spring hammer yang diberikan sebanyak 3 unit untuk 3 kelompok di desa Sitampurung yaitu, kelompok Rupma, Rapma dan kelompok Rapi.

Pemkab Taput memberikan bantuan mesin spring hammer agar ekonomi pengrajin pandai besi meningkat. R Lumbantoruan ketua kelompok pandai besi Rapi kepada bupati mengatakan setelah menggunakan sistim spring hammer ini, produksi yang mereka hasilkan menjadi dua kali lipat yaitu dari 40 unit/hari menjadi 80 unit. Selain itu, biaya produksi jauh lebih sedikit dibanding sistim manual. “Jadi bukan hanya produksi yang meningkat juga biaya produksi jauh lebih rendah” sebutnya.

Usai acara pesta syukuran masyarakat dusun Pananggele Desa Sitampurung menyerahkan cendramata berupa ulos kepada Bupati Taput Torang Lumbantobing/istri, Ephorus HKBP DR Bonar Napitupulu/istri, pimpinan DPRD Drs. BP Nababan dan anggota DPRD Bangkit P. Silaban,SE/istri. Hadir dalam acara tersebut anggota DPRD Ir Tigor Lumbantoruan dan Reguel Simanjuntak, pendeta HKBP resort Sabungan Siborongborong Pdt Darwin Sihombing, pendeta resort Sitampurung, pendeta resort Bahal Batu, kepala imformasi kantor pusat HKBP, Kadis Pertanian Ir Darmi Siahaan, Kadis PPLKP Ir. Bloner Nainggolan Kadis Peternakan Ir. Longgam Panggabean, Kadis Koperasi Drs. Bartho Manalu, Camat Siborongborong Drs Janter Sormin dan Muspika Siborongborong.

Sumber : (PR3/c) Harian SIB, Siborongborong


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.






Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions.php on line 590
Artikel sebelumnya :
   » » Seluruh Kades se Tobasa Hadiri Sosialisasi Dana BLT

Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions.php on line 590
Artikel selanjutnya :
   » » Purek III UNITA Drs TB Pakpahan MPd Buka Turnamen Bola Voli UNITA Cup II