Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Sabtu
7
Jun '08

Seluruh Kades se Tobasa Hadiri Sosialisasi Dana BLT



Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

Seluruh kepala desa se-Kabupaten Toba Samosir menghadiri sosialisasi Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diselenggarakan di Balai Data kantor Pemkab Tobasa, Kamis (5/6).

Dalam sosialisasi itu dipaparkan 14 kriteria rumah miskin (variabel kemiskinan) yang layak menerima dana BLT yakni : Luas lantai bangunan rumah kurang dari 8 meter persegi, lantai rumah terbuat tanah/bambu/kayu berkwalitas tanah, dinding rumah terbuat dari bambu/rumbia/kayu berkwalitas rendah, fasilitas WC tidak ada, sumber air minum dari sumur/sungai/danau/air hujan, sumber penerangan bukan listrik, bahan untuk memasak dari kayu bakar/arang/minyak tanah, dalam seminggu tidak pernah mengkonsumsi daging, dalam setahun hanya mampu beli pakaian satu stel, dalam satu rumah tangga hanya makan dua kali sehari, tidak mampu berobat ke puskesmas/poliklinik, pekerjaan kepala rumah tangga adalah petani luas lahan 0,5 Ha dan buruh tani/kuli bangunan/tukang becak/pemulung atau pekerja optimal lainnya dengan maksimal pendapat Rp 600 ribu perbulan, pendidikan tertinggi yang ditamatkan kepala rumah tangga tidak lebih dari SD, tidak memiliki harta senilai Rp 500 ribu seperti tabungan, perhiasan emas, TV warna, ternak, sepeda motor (kredit/non kredit), kapal motor, tanah atau barang modal lainnya.

Rumah tangga yang memenuhi skor variabel 9-14 termasuk rumah tangga miskin, skor variabel 1-8 termasuk rumah tangga tidak layak miskin. Jika.ada kepala/anggota rumah tangga yang PNS, anggota TNI, Polri, pegawai BUMN/BUMD, pensiunan PNS dan TNI serta Polri adalah bukan penerima BLT.

Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Tobasa, Darwis Sitorus MSi, bersama Kabag Perekonomian Pemkab Tobasa James Silaban kepada SIB menjelaskan, PT Pos dan para Kades akan melakukan verifikasi bagi masyarakat yang layak memenuhi 14 variabel kemiskinan. Dihimbau para kades agar mendata masyarakat miskin secara akurat agar dana BLT sampai ke tangan yang berhak dan memenuhi kriteria. “Bagi masyarakat yang memenuhi 14 variabel, mutlak mendapatkan BLT,” ujar Darwis.

Dikatakannya, saat ini para kades telah bekerja mendata ulang masyarakat miskin dan selanjutnya pihak BPS Tobasa kembali mendata ulang masyarakat miskin pada September hingga Oktober 2008. “Dalam sosialisasi yang dihadiri Uspida Tobasa telah disepakati untuk mematuhi aturan dan menindak tegas pelaku penyimpangan dana BLT,” katanya.

Sementara itu Ketua DPC Partai Demokrat Tobasa, Timbul Hutajulu SH, kepada SIB menegaskan dirinya telah menghimbau seluruh kader PD Tobasa melakukan pengawalan penyaluran dana BLT. “Dalam rakor hari ini dengan seluruh pengurus anak cabang, kita telah perintahkan agar mengawal penyaluran dana BLT sehingga benar-benar sampai ke tangan masyarakat miskin. Hal ini sesuai dengan petunjuk Bapak Presiden SBY selaku Ketua Dewan Pembina,” ujarnya.

Sumber : (T19/g) Harian SIB, Tobasa


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.






Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions.php on line 590
Artikel sebelumnya :
   » » Deviden Indosat 2007 Rp187,9 Per Saham

Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions.php on line 590
Artikel selanjutnya :
   » » Bupati Taput Dan Ephorus HKBP Panen Raya Padi di Siborongborong