Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Selasa
3
Jun '08

Pdt MH Sihite STh: Jangan Andalkan Kekuatan Manusia



Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

Pesta Zending dan Pentakosta Raya HKBP Distrik XXIII Langkat dalam rangka Tahun Marturia, Minggu (1/6) di HKBP Jalan Cut Nyak Din Binjai, berlangsung meriah dan khitmad. Kepala Departemen Marturia HKBP Pdt MH Sihite STh menegaskan, umat Kristen di manapun harus membawa dan menyebarkan damai serta menjadi berkat bagi orang lain.

Dalam khotbahnya di hadapan hampir seribuan warga HKBP termasuk Ny Roslinda br Marpaung yang datang mewakili keluarga DR GM Panggabean, Pdt Ginting dan Pdt Pinem dari GBKP, mewakili Gereja Methodis St Petrus, Ketua Partai PDS Sumut DR Toga Sianturi, mewakili Gubernur terpilih Sumut Ir Ronald Naibaho yang juga Ketua GAMKI Sumut dan undangan lainnya, Pdt Sihite mengatakan, gereja sekarang ini harus berani transparan. Semua harus jelas namun dalam setiap permasalahan harus diselesaikan dengan dialog. Dalam melaksanakan tugas membawa damai atau kabar baik itu tidak selamanya mulus. Tantangan demi tantangan akan muncul tetapi Tuhan yang berkehendak. Jangan ada seorang pun yang mengandalkan kekuatannya, Tuhanlah pemilik langit dan bumi.

Umat Kristen semakin dihambat akan semakin merambat dan dalam setiap permasalahan gereja maupun anggota gereja harus tetap mengandalkan Tuhan bukan kekuatan manusia, tegasnya.
Pesta zending yang bertema: “Dipilih untuk berbuah” (Yohannes 15:16) itu diselang-selingi dengan koor dan liturgi dipimpin para pendeta secara bergantian.

Sementara itu Ny Ir GM Chandra Panggabean br Marpaung dalam kesempatan itu meminta umat Kristen untuk tetap memperhatikan umat yang belum beragama di daerah terpencil. “Biarlah pesta zending ini berjalan sukses untuk menopang kegiatan gereja maju ke depan menabur firman Tuhan kepada setiap orang,” ungkapnya sambil menyampaikan salam dari DR GM Panggabean yang saat ini berada di luar negeri dan Ir GM Chandra Panggabean yang saat ini berada di Jakarta sehingga tidak dapat menghadiri acara tersebut.

Ketua Umum PDS Sumut DR Drs Toga Sianturi berharap agar umat Kristen di manapun berada harus berani bersaksi memberitakan Injil. Juga mengakui sangat terharu dengan khotbah yang meminta umat Kristen dalam setiap tindakannya harus mengandalkan Tuhan. “Di Binjai pun kita harus mengandalkan Tuhan,” ungkapnya berkaitan dengan masalah hambatan pembangunan gereja HKBP Binjai Baru. Ada gereja di Belawan yang saat itu mau dirobohkan langsung oleh camat di sana dengan bulldozer. Tetapi berkat doa, sekarang gereja itu dibangun terus semakin megah dan ternyata camat itu masuk penjara karena kasus lain.

Perayaan Zending ini menurut ketua panitia bertujuan untuk mengembalikan semangat dan dukungan terhadap penginjilan, memaknai perayaan pentakosta dan memupuk kebersamaan. Sementara sasarannya memantapkan pemahaman terhadap arti marturia dan meningkatkan semangat dan meningkatkan dukungan terhadap pekabaran Injil. Dan gerakan itu dilakukan dalam pesta Zending ini agar semua warga jemaat ikut dalam kegiatan mendukung penginjilan.

Dalam kesempatan itu, selain memberikan bantuan juga ikut melelang pin HKBP Rp 2 juta yang langsung dilelang Praeses HKBP Distrik XXIII Langkat Pdt M Silaban STh. Termasuk menerima sumbangan dari gubernur terpilih Syamsul Arifin SE yang diwakili Ir Ronald Naibaho MSi Ketua GAMKI Sumut sebesar Rp 3 juta dan ikut melelang dalam acara tersebut. Begitu juga dengan St Petrus dan beberapa undangan dan tokoh serta warga dari gereja-gereja HKBP yang ada.

Usai acara kebaktian dan sambutan dilanjutkan dengan acara lelang dan makan bersama. Menurut catatan wartawan, Ny Ir GM Chandra Panggabean Br Marpaung melelang pin HKBP Rp 2,5 juta, lelang makanan Rp 2,5 juta dan bantuan lainnya pada saat acara Tortor Rp 3 juta. Dari data sementara dalam acara lelang tersebut panitia diperhitungkan mengumpulkan dana puluhan juta rupiah.

Warga HKBP yang hadir dalam acara tersebut adalah semua pendeta dan pelayan gereja HKBP yang ada di distrik tersebut ditambah warga gereja HKBP dari semua resort di distrik itu, mereka datang dengan rombongan bus dan mobil pribadi.

Dalam acara yang cukup meriah itu, berkali-kali pembicara menyatakan kirim salah kepada DR GM Panggabean, tokoh masyarakat Sumut yang dikenal sangat dekat dengan warga Kristen di Binjai dan Langkat. Bahkan Praeses HKBP Distrik XXIII dan Ketua Umum PDS Sumut mendoakan DR GM Panggabean tetap sehat dan panjang umur

Sumber : (M25/d) Harian SIB, Binjai


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.






Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions.php on line 590
Artikel sebelumnya :
   » » Perlombaan Vokal Solo Tingkat Pelajar Meriah HUT Korem ke-46

Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions.php on line 590
Artikel selanjutnya :
   » » Wakil Ketua Panitia Anggaran DPR RI Drh Jhonny Allen Marbun MM Ceramah Ilmiah di UNITA