Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Kamis
3
Apr '08

Cagubsu Masih Berkutat pada Visi Misi


Kampanye yang dilakukan lima Cagubsu secara terpisah kemarin, masih berkutat pada visi dan misi mereka.

Janji memperbaiki infrastruktur dan siap mundur kembali ditegaskan. Cawagubsu usungan Partai Damai Sejahtera (PDS) dan tujuh partai guram lainnya, Suherdi mengatakan, Sumut masih sangat membutuhkan pembangunan infrastruktur pertanian. Sebagai pengusaha, dia melihat kebutuhan itu sangat mendesak agar segera ditangani oleh pemerintah provinsi.

“Sebagian besar infrastruktur pertanian kita sudah mengalami kerusakan dan perlu segera diperbaiki,” ujarnya seusai melakukan kampanye konvoi secara mendadak di kota kelahirannya Kisaran kemarin. Putra asli kabupaten Asahan ini menilai, basis perekonomian masyarakat Sumut mayoritas masih bertumpu kepada dunia pertanian. Karena itu, kata dia, untuk membangun peningkatan kesejahteraan masyarakat Sumut.

Dia juga memprioritaskan pembangunan dunia pertanian sebagai upaya meningkatkan kesejah teraan masyarakat. Menurut Suherdi,fenomena tingkat kemiskinan di Sumut masih cukup tinggi, perekonomian masyarakat belum terjamin oleh pemerintah. Dia melihat kekurangberhasilan dalam mengangkat perekonomian dan kemiskinan ini karena pembangunan di Sumut tidak memprioritaskan potensi Sumut, yaitu pertanian dan perkebunan.

Sementara Cagubsu pasangan Suherdi-RE Siahaan tiba di Kisaran pukul 17.15 WIB seusai melakukan kampanye secara terbuka di Kec Lima Puluh,Kab Batubara.Di kabupaten itu,baik RE Siahaan maupun Suherdi tidak menggelar orasi kampanye di depan pendukungnya. Mereka hanya berkonvoi keliling Kisaran mengendarai becak bermotor diiringi puluhan sepeda motor dan mobil.

Bagi Suherdi, konvoi ini bukan hanya sekadar kampanye, tapi sekaligus acara pulang kampung. Sebab, Kota Kisaran merupakan kota kelahiran dan tempat Cawagubsu ini menjalani masa kecilnya.“Saya anak Kisaran, putra Asahan, tentu saya berharap mendapat dukungan penuh dari warga kabupaten ini,”ujarnya.

Namun, kampanye dan konvoi yang dilakukan RE Siahaan-Suherdi di Batubara dan Kisaran dinilai panwaslih sebagai pelanggaran. “Mereka tidak ada menyampaikan pemberitahuan kepada kami. Sebelum kampanye dilaksanakan,seharusnya membuat pemberitahuan dan berkoordinasi dengan KPU, kepolisian, dan panwaslih.

Tapi sejak kemarin maupun hari ini (Rabu 2/4), kami tidak menerima pemberitahuan dari mereka,” kata Ketua Panwaslih Kabupaten Asahan–Batubara Muhammad Rito. Menunut dia, walaupun mereka telah ditetapkan KPU Sumut kampanye di zona IV, tapi mereka wajib berkoordinasi dengan KPU, Panwaslih dan kepolisan tempat dilaksanakannya kampanye.

Pernyataan ini dibenarkan anggota KPU Asahan Edi Prayitno. Dia mengaku tidak mengetahui adanya kampanye pasangan RE Siahaan- Suherdi di Batubara serta kampanye konvoi di Kisaran. “Kami tidak ada menerima pemberitahuan dari Tim Kampanyenya,”ujarnya. Dari Lapangan Reformasi Desa Bandarklippa, Kec Percut Sei Tuan,Deliserdang,Cagubsu PDIP Tritamtomo kembali menyatakan akan mundur bila dalam 3 tahun memimpin gagal memajukan Sumut.

“Mohon Saudara-Saudaraku, pilihlah pemimpin yang memiliki ilmu, akhlak, dan bertakwa kepada Tuhan,” ujarnya yang tampil sendiri karena pasangannya tengah kampanye di Simalungun. Dalam kesempatan itu, massa dihibur oleh sejumlah artis ibu kota dari Jakarta, di antaranya Viktor Hutabarat, Nita Thalia, dan artis lokal. “Pasangan Triben sangat tepat untuk memajukan dan menyejahterakan kehidupan masyarakat, khususnya di Deliserdang,” kata juru kampanye, Firman Jaya Yaeli.

Juru kampanye lainnya, anggota DPR Irmadi lubis dan Yasona H Laoly,meminta masyarakat tidak salah pilih karena akan menjadi penentu untuk 5 tahun ke depan. Di akhir kampanye,dilakukan simulasi pencoblosan gambar pasangan ini oleh Cagubsu Tritamtomo. Selagi Tritamtomo di Deliserdang, Cawagubsunya, Benny Pasaribu, menggelar kampanye dengan pawai simpatik mengitari sejumlah kecamatan di Kabupaten Simalungun.

Dengan mengendarai puluhan mobil dan becak bermotor,Benny yang didampingi istrinya serta sejumlah pengurus dan kader serta simpatisan partai PDIP mengunjungi kecamatan, Tapian Dolok,Dolok Batu Nanggar, Tanah Jawa, Raya, dan Girsang Sipanganbolon (Parapat). Di sejumlah kecamatan yang dikunjungi Benny Pasaribu, dia juga menerima keluhan masyarakat menyangkut sarana dan prasarana yang dibutuhkan masyarakat, seperti pembangunan jalan dan mahalnya harga pupuk.

“Saya bukan menebar janji, namun dengan pengalaman saya di DPR dan di pemerintahan, saya akan berupaya memenuhi kebutuhan pembangunan sesuai keinginan rakyat. Begitu juga para petani akan menjadi salah satu prioritas perhatian saya dan Pak Tritamtomo. Sebab, pertanian bisa menjadi lokomotif pembangunan Sumatera Utara,”tandasnya Di tempat lain, Cagubsu Partai Golkar Ali Umri memanfaatkan kampanyenya di hadapan ribuan pendukungnya di Langkat dengan kembali berjanji akan memprioritaskan perbaikan infrastruktur terlebih dahulu.

Umri menilai, infrastruktur di Kabupaten Langkat masih buruk, seperti jalan dan jembatan di sejumlah kabupaten dan kota di Sumut. Kebijakan Umri itu seperti menyindir kebijakan Pemkab Langkat yang sepertinya membiarkan begitu saja banyaknya jalan yang rusak di kabupaten tersebut. “Kalau diizinkan memimpin Sumut, Insya Allah, saya akan memperbaiki infrastruktur- infrastruktur yang rusak tersebut. Lihat, masih banyak jalan rusak di Langkat ini.

Kita tidak ingin jalan-jalan di Langkat ini rusak, kita ingin masyarakat itu sejahtera,” tandasnya pada kampanye di Lapangan Sepak Bola Selesai Kabupaten Langkat kemarin. Kampanye akbar pasangan Ali Umri-Maratua dihadiri juru kampanye pusat, HN Serta Ginting dan sejumlah juru kampanye lokal lainnya.

Kampanye pertama di zona III bagi pasangan UMMA juga dihibur musik dan nyanyian dari para artis Ibu Kota, seperti Iyeth Bustami, Kiki Andre,Endang S Taurina,dan Nicky Ukur. Juru kampanye pasangan UMMA,N Serta Ginting, saat itu meminta masyarakat untuk tidak memikirkan Cagubsu lain, selain Ali Umri. Menurut anggota DPR tersebut, Umri sudah mapan bila memimpin Sumut.

Hal itu dibuktikan dengan kepemimpinannya menjabat Wali Kota Binjai selama dua periode. Selain itu di jabatan politik, Umri menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Sumut. ”Apalagi beliau didampingi seorang ustad, sekaligus akademisi yang baru lulus S-3 dari Malaysia,” ujarnya. Di Lapangan Serbaguna Tarutung, Tapanuli Utara, Cagubsu Syamsul Arifin menegaskan penanganan infrastruktur menjadi salah satu prioritas program pembangunan yang akan dilakukan untuk menyejahterakan masyarakat.

Kampanye pasangan Cagubsu Syamsul Arifin dan Cawagubsu Gatot Pudjo Nugroho dengan nomor urut 5 itu dihadiri ribuan massa kader dan simpatisan partai pendukung pasangan tersebut yang datang dari sejumlah kecamatan. ”Masyarakat khususnya yang tinggal di pedesaan harus menikmati juga hasilhasil pembangunan, khususnya di bidang infrastruktur sehingga tidak ada lagi desa yang tidak dapat dijangkau karena jalan belum dibangun,” kata Syamsul yang disambut yel-yel hidup nomor 5 oleh massa yang memadati Lapangan Serbaguna.

Dia juga mengatakan sengaja melakukan kampanye perdana di Tanah Batak, tepatnya di Tarutung. Sebab, dia bagian dari ”Halak Batak”, yaitu marga Silaban.Karena itu, dia memohon agar masya rakat di ”Bona Pasogit” tidak melupakannya dengan mencoblos nomor 5.

Meski tidak lebih dari 20 menit menyampaikan orasi politiknya, antusias masyarakat yang mengha diri kampanye tersebut sangat tinggi, bahkan banyak masyarakat yang berupaya menghampiri Syamsul hanya untuk sekadar berjabat tangan. Untuk memenuhi keinginan masyarakat berjabat tangan, Syamsul mengitari Lapangan Serbaguna dan menyalami massa yang hadir sembari mengingatkan masyarakat untuk menusuk nomor 5 pada Rabu (16/4).

Kampanye pasangan Cagubsu Syamsul-Gatot juga menampilkan juru kampanye dari Sumut, Darwin Nasution. Selain itu, dari Tapanuli Utara, di antaranya Ketua Tim Pemenangan Syampurno di Taput,Asma Sihombing; tokoh masyarakat Osmar Silaban.

Sumber : (edy gunawan hasby/ erdian wirajaya/ eko agustyo fb/ ricky f hutapea) Koran SINDO, Kisaran


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Pemkab Tapteng Bantah Serobot Lahan
Artikel selanjutnya :
   » » ST Oloan Sihombing SH MHum Minta Doa Restu Maju Pada Pilkada Taput