Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Selasa
1
Apr '08

Pesta Pembangunan HKBP Ressort Stabat Sukses


Sekjen HKBP Pdt WTP Simarmata MA mengatakan, walau banyak tantangan dan hambatan dari berbagai kalangan, berita Injil akan terus bertumbuh-kembang. Tantangan juga datang dari orang-orang yang belum percaya kepada Tuhan Yesus Kristus Juru Selamat dunia.

Pdt WTP Simarmata MA yang juga Ketua Umum PGI Wilayah Sumut ini menjelaskan, berita Injil adalah Firman Tuhan, sehingga tidak ada kuasa apapun yang bisa menghambatnya. Oleh karena itu, kendati banyak tantangan, berita Injil akan terus ditabur, tumbuh dan berkembang hingga ke pelosok seluruh penjuru.
Lebih lanjut, Pdt WTP Simarmata kepada SIB mengatakan, tugas pemerintah adalah untuk melindungi serta menjamin rasa aman untuk kebebasan beribadah terhadap warganya. “Aparat harus membedakan kebebasan beribadah dan soal izin mendirikan rumah ibadah, dan semua pemeluk agama yang diakui di negeri ini harus diperlakukan secara adil,” ujarnya sembari mengucapkan terimakasih terhadap petugas keamanan dan pemerintah di Langkat, kebaktian dan pesta pembangunan HKBP Persiapan Resort Stabat, Minggu (30/3) berjalan tertib dan aman.

Disinggung tentang kebebasan beribadah dan pembangunan rumah ibadah, Pdt Simarmata mengatakan, di Tapanuli Utara, semua golongan umat beragama bebas mendirikan rumah ibadah dan beribadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing. “Jika Tapanuli nantinya disahkan menjadi provinsi, kebebasan beribadah untuk semua agama yang diakui akan tetap berjalan dengan baik seperti yang selama ini sudah terjalin,” ujarnya sembari menjelaskan kebebasan beribadah adalah merupakan pemberian Tuhan yang harus dihargai, kebebasan bukan pemberian penguasa atau dunia.

Khotbah dengan mengutip nats Mazmur 26:8a “Tuhan aku cinta rumah kediamanMu (Ale Jahowa, huhaholongi do Hajongjongan ni bagasMu). “Kehadiran gereja di dunia harus menjadi saluran berkat terhadap umat lainnya. Gereja dan ke-Kristenan tidak akan bermakna apabila tidak menjadi berkat. Saat ini, kata Sekjen, banyak warga menderita kelaparan dan haus, maka dengan itu, gereja berkewajiban serta turut serta mengentaskan kemiskinan serta mencerdaskan anak bangsa ini ke depan.

Sementara itu, menurut panitia, J Sirait SPd, Gereja HKBP Persiapan Resort Stabat didirikan akhir Desember 2006 dengan 120 KK anggota jemaat. Sebelum dimekarkan mereka bergabung di Gereja HKBP Moria Stabat. Namun mengingat perkembangan jemaat yang terus bertambah sehingga perlu dimekarkan dengan mendirikan Gereja HKBP Resort persiapan tersebut.

Usai kebaktian, dilanjutkan dengan makan bersama dan pengumpulan dana melalui lelang dan koor. Menurut panitia, St Simamora, pada pesta tersebut terkumpul dana Rp 70 juta untuk melanjutkan pembangunan yang sudah mencapai 50 persen. Sedangkan dana yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembangunan gereja tersebut diperkirakan mencapai Rp 740 juta. Biaya pembangunan termasuk pembelian lahan (pertapakan) yang sudah mencapai 50 persen telah menghabiskan biaya sebesar Rp 300 juta hasil swadaya anggota jemaat.

Turut hadir dalam pesta pembangunan itu, Praeses HKBP Distrik XXIII Langkat Pdt Monang Silaban STh, Ketua GAMKI Langkat Drs Basri Sitorus SPd, rombongan koor Ama HKBP Sudirman, mantan NHKBP Sei Putih Medan, dan 500-an undangan dari berbagai anggota gereja di Langkat dan Binjai. Gereja HKBP Persiapan Resort Stabat dipimpin Pdt Kespan D Simbolon STh sedangkan Ketua panitia pembangunan S Siagian SE, Sekretaris B Pasaribu, Bendahara R Tindaon dan Wakil Sekretaris J Sirait SPd, dibantu seksi-seksi lainnya.

Sumber : (M.40/v) harian SIB, Langkat


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » RPP Pesangon Dibahas Kembali
Artikel selanjutnya :
   » » Rapper Batak Ucok Munthe itu ?