Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Kamis
20
Mar '08

80 Persen Masyarakat Siap Menghantarkan Ir RE Siahaan-H Suherdi Menjadi Pemimpin Sumut


Sedikitnya 80 persen masyarakat Humbang Hasundutan (Humbahas) siap mendukung dan menghantarkan pasangan Ir RE Siahaan-H Suherdi menjadi pemimpin Sumut periode 2008-2013. Demikian diungkapkan tokoh adat Humbahas TN Nainggolan, Minggu (16/3) malam dalam temu ramah Ir RE Siahaan-H Suherdi dengan masyarakat Humbahas di Gedung Katolik Doloksanggul.

TN Nainggolan menegaskan kepada 500-an warga mewakili 10 kecamatan di Humbahas hanya satu yang dituntut yakni menghantarkan pasangan Ir RE Siahaan-H Suherdi menjadi Gubsu dan Wagubsu periode 2008-2013. Dulu, orang Batak “diperdagangkan” secara politik karena tidak ada persatuan sampai tahun 1980-an. Tapi tahun 1990-an ke atas orang Batak sudah banyak yang pejabat seperti bupati dan walikota.
“Sebagai tanda persatuan itu mari kita bangkit dan bersatu untuk mewujudkan harapan RE Siahaan menjadi Gubsu. Dalihan na tolu tetap kita ingat. Sekali berjuang tetaplah berjuang. Orang Batak sekarang ini sudah terkenal. Kita berjuang bukan hanya di Humbahas, bukan hanya di Bona Pasogit Tapanuli tapi berjuang di Sumut,” ujar TN Nainggolan yang juga Ketua LADN Humbahas itu.

Erikson Simbolon mewakili tokoh pemuda mengatakan keberadaan Ir RE Siahaan tidak asing lagi bagi masyarakat Humbahas karena dulu sudah pernah menjadi Kepala Dinas di Pemkab Taput termasuk Humbahas sebelum dimekarkan. “On do na di hita, on ma calonta dan inilah yang kita punya,” ujar Simbolon dengan bahasa Batak disambut tepuk tangan.

Praeses HKBP Distrik III Humbang Pdt RT Munthe MTh mewakili utusan jemaat HKBP di wilayah Humbahas sangat bersyukur kepada Tuhan karena orang yang beriman dan taat beragama dipilih menjadi calon Gubsu dan berpasangan dengan H Suherdi. Pasangan Batak sangat ideal dengan suku Jawa. Sementara Ketua BKAG (Badan Kerjasama Antar Gereja) Kabupaten Humbahas Pdt H Pangaribuan STh sangat-sangat mendukung RE Siahaan menjadi Gubsu. “Itulah doa kami, semoga diberikan kesehatan dan kekuatan supaya apa yang dicita-citakan dapat terwujud. Dang tu mangon tu halak adong do na di hita” cetus Pdt H Pangaribuan.

Ir Rikhard Manalu selaku ketua pelaksana temu ramah menjelaskan pertemuan itu dihadiri fungsionaris 8 parpol pendukung RE Siahaan-H Suherdi yaitu Partai Pelopor, PDS, PBSD, Partai PIB, PPD, PKB, PNI Marhaen dan PNBK. Selain dihadiri tokoh masyarakat, tokoh agama dan berbagai elemen masyarakat mewakili 10 kecamatan yang ada di Humbahas. Untuk menghantarkan RE Siahaan-Suherdi, koalisi pemenangan telah dibentuk dengan nama Tim Koalisi PASS (Pasangan Siahaan Suherdi) diketuai Bangun Hutasoit (Ketua PDS Humbahas), Sekretaris Azis Petrus Silaban dan Bendahara Ratman Simamora. Selain didukung ke-8 Parpol dan masyarakat juga terbentuk di Kabupaten Humbahas Family Center, RE-DI Center, Siantar Man Center dan Relawan. Perlu diketahui, Ir RE Siahaan sewaktu menjabat Kadis Perkebunan di Pemkab Taput telah mengembangkan kopi yang lebih dikenal kopi ateng atau kopi “sigarar utang”.

RE Siahaan didampingi istri menyampaikan rasa ucapan terimakasih kepada masyarakat Humbahas atas dukungan dan doanya. Di akhir acara, masyarakat Humbahas dipandu RW Manalu (Sisoding) didampingi TN Nainggolan, Pdt H Pangaribuan, Pdt RT Munthe dan lainnya memberikan cendramata berupa ulos sebagai tanda doa supaya RE Siahaan diberkati Tuhan dan terpilih menjadi Gubsu. Pada kesempatan itu Punguan Somba Debata Doloksanggul turut memberikan ulos kepada RE Siahaan dan istri. Temu ramah itu juga dihadiri Ketua PDS Humbahas yang juga Wakil Ketua DPRD Humbahas Bangun Hutasoit, anggota DPRD Humbahas Orden Hutabarat (PKB), Ketua Partai Pelopor Humbahas BD Simamora, Ketua API (Asosiasi Pendeta Indonesia) Humbahas Pdt SD Tinambunan dan lainnya. Pertemuan semakin semarak dan bergelora dengan tampilnya pelawak Batak yaitu Si Jurtul dan Si Timba Laut.
Sumber (T10/f) Harian SIB, Doloksanggul


Baru ada 1 tanggapan untuk artikel “80 Persen Masyarakat Siap Menghantarkan Ir RE Siahaan-H Suherdi Menjadi Pemimpin Sumut”

  1. Tanggapan bedman Siahaan:

    saya sangan mendungung pasangan Ir RE Siahaan-H Suherdi jadi gupsup tapi saran berkaca dan berbenah dirilah dulu

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.