Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Selasa
26
Feb '08

Gondang Batak Masuk Kafe



Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

Mengerti atau tidak, para tamu yang malam itu datang di Restoran The Nine Club di Jalan Wijaya I No 25, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tidak henti-hentinya bertepuk tangan seusai para pemain musik dari Bonani Obung memainkan musik instrumental yang berirama riang. Tamu yang kebanyakan warga negara Prancis itu, begitu antusiasnya mendengarkan entakan dari lima kendang, hesek dan serune.

Alat musik Batak, yang biasa disebut Gondang Batak, Rabu lalu, memang sengaja ditampilkan di Muses Club untuk menemani para tamu yang datang sambil bersantap malam. Kehadiran Gondang Batak di resto tersebut dirasakan sangat bagus oleh empat pemain musiknya yang malam itu tampil dengan memukau.

Keempat pemain Gondang Batak yang terdiri dari Andal Gultom, Tarsan Simamora, Mangasar Naibaho dan Jefar Lumban Gaol untuk pertama kali tampil di sebuah kafe dan ditonton oleh warga asing. Agar tidak mengecewakan yang datang, mereka menyajikan instrumental dengan irama yang mudah dimengerti.
“Mungkin ini permainan kami yang pertama kalinya di kafe seperti ini, karena biasanya kami main di kafe-kafe Batak atau di pesta perkawinan. Oleh karena itu, kami berempat sangat bergembira musik kami dapat dinikmati dengan mudahnya oleh para pengunjung kafe ini,” ujar Andal Gultom yang malam itu selaku jubir dari Bonani Obung.

Pada sesi pertama Bonani Obung menyajikan enam musik instrumental kepada para pengunjung. Entakan dari taganing atau perlengkapan terdiri dari lima kendang yang kuncinya punya peran melodis, dimainkan dengan irama yang riang. Irama dan entakan taganing, semakin indahnya didengar saat ditemani oleh bunyi serune dan hesek.

Kurang Diminati
Meski di kafe tersebut penonton begitu antusias menikmati, musik Gondang Batak ini justru kian tidak populer di kalangan pemuda Batak.
“Musik tradisional ini akan punah karena minat anak-anak muda Batak masa kini kurang. Padahal, kalau saja anak-anak muda masa kini dapat mengemasnya dengan baik tentu akan beda jadinya,” ujar Tarsan yang saat ini mengajar musik tradisional Batak di YMKI, Manggarai, Jakarta Selatan.

Sebelumnya Tarsan yang sangat pandai memainkan hesek, juga pernah mengajar di PSKD IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Masih menurutnya, jangan sampai Gondang Batak ini tidak ada lagi yang meneruskan. Oleh sebab itu, Tarsan dan tiga kawannya sangat senang dapat tampil di The Nine Muses Club, malam itu.
“Lihat saja, para pengunjung restro ini yang semuanya adalah orang asing. Mereka begitu menikmati musik yang kami sajikan. Padahal, mereka kurang mengerti apa arti musik instrumen yang baru saja kami mainkan. Oleh karena itu, kami Bonani Obung Grup akan senang bila ada yang mengajak kami tampil di lain tempat,” ujar Andal Gultom lagi.

Tidak itu saja, kekhawatiran empat bapak ini juga sangat dirasakan dengan tidak bisanya anak-anak muda Batak masa kini dengan bahasa nenek moyang mereka sendiri. Musik Gondang ini sendiri, menurut Tarsan, adalah musik tradisi masyarakat Batak Toba. Ada tiga arti untuk Gondang, pertama satu jenis musik tradisi Batak Toba, kedua komposisi yang ditemukan dalam jenis musik tersebut seperti Gondang mula-mula, Gondang Haroharo dan tiga alat musik kendang.

Selain itu, ada dua ansambel musik Gondang, yaitu Gondang Sabangunan yang biasanya dimainkan di luar rumah. Sementara itu, Gondang Hasapi biasanya dimainkan di dalam rumah. “Jadi, musik Gondang yang kami mainkan ini adalah jenis musik Gondang Hasapi,” ujar Tarsan lagi.

Sumber : (maya handhini) Sinar Harapan, Jakarta


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.






Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions.php on line 590
Artikel sebelumnya :
   » » Deklerasi Forum Bipartit Nasional

Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions.php on line 590
Artikel selanjutnya :
   » » Drh Jhony Allen Marbun MM Ajak Masyarakat Taput Mendukung dan Mendoakan Protap Cepat Terealisasi