Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Senin
18
Feb '08

KSBSI Bukan Provokator di Perusahaan


Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) bukan provokator terhadap perusahaan.
Akan tetapi lembaga tersebut adalah tempat bernaungnya kaum buruh serta sebagai penjembatan antara buruh/karyawan dengan pihak perusahaan bila terjadi permasalahan.

Jadi, KSBSI merupakan mitra perusahaan dan pemerintah. “Karenanya kami harapkan bagi perusahaan manapun tidak perlu takut dengan keberadaan KSBSI di lingkungan perusahaannya,” harap Presiden Dewan Eksekutif Nasional (DEN) KSBSI Pusat Rekson Silaban pada pelantikan pengurus ranting KSBSI Rantau Peureulak, Aceh Timur di Aula Pendopo Bupati Peureulak beberapa waktu lalu.

Menurutnya, perusahaan tidak perlu takut dengan KSBSI. Karena tugas KSBSI adalah menjalankan apa yang telah ditentukan Undang-Undang (UU) Perburuhan. KSBSI juga akan menindak tegas anggotanya yang melanggar peraturan atau mencemarkan nama baik serikat.

Dalam kesempatan itu, ia meminta pengurus Federasi KSBSI Rantau Peureulak yang dilantik memperjuangkan aspirasi buruh dan berani bersikap tegas, arif dan bijaksana serta mengedepankan negosiasi apabila terjadi permasalahan dengan pihak perusahaan.

Pada kesempatan yang sama, Sekda Aceh Timur Saifuddin Puteh mengatakan, Pemkab Aceh Timur sangat mendukung kehadiran KSBSI di wilayahnya. Karena secara tidak langsung, serikat itu akan mampu mengkoordinir semua permasalahan terkait perburuhan di daerah.

Oleh karenanya, KSBSI harus dapat dan mampu memperjuangkan nasib para buruh seiring dengan hadirnya beberapa perusahaan yang akan menanamkan modalnya di Kabupaten Aceh Timur seperti Medco dan Pasific Oil.

Ia menambahkan, pihaknya akan meminta kepada perusahaan baru itu untuk memprioritaskan tenaga kerja lokal pada perusahaannya.
Sekda juga meminta kepada pengurus KSBSI dapat bekerjasama dengan perusahaan dan pemerintah dalam membangun daerah. Serta dapat melaporkan bila ada permasalahan perburuhan di Aceh Timur kepada Disnaker.

Pengurus FPE KSBSI PT Facivic Oil dan Gas Rantau Peurlak yang dilantik Ketua Said Rusli, Wakil Ketua Sofyan, Sekretaris Junaidi HS, Wakil Sekretaris Ishak, Bendahara Ismail dengan masa tugas selama dua tahun. Mereka dilantik oleh DEN KS

Sumber : (m syafrizal) MedanBisnis, Kota Langsa


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » KSBSI Bukan Momok Bagi Perusahaan
Artikel selanjutnya :
   » » Lakalantas di Pangururan, 2 Tewas 1 Kritis