Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Rabu
13
Feb '08

Dishub Taput Tertibkan Sirene Liar


Dinas Perhubungan (Dishub) Tapanuli Utara (Taput) melarang penggunaan sirene di luar ketentuan resmi. Langkah ini diambil karena maraknya bunyi sirene liar yang berasal dari kendaraan umum di daerah tersebut.

“Saya kira kalau itu digunakan oleh kalangan umum tidak ada manfaatnya. Khusus bus angkutan umum sah-sah saja menggunakan variasi bunyi klakson, tapi kalau ada kemiripan (sirene) mau ngapain,“ kata Kepala Dishub Taput Surung Pardede di Tarutung,kemarin.

Dia menegaskan, bunyi sirene liar itu tidak ada gunanya, tapi justru bisa membingungkan pengemudi yang lain.Pasalnya,bisa saja sirene yang dibunyikan tiba-tiba di belakang kendaraan lainnya akan mengejutkan yang lain. Menurut Surung, penggunaan sirene yang resmi hanya diperbolehkan bagi Dishub, ambulans, pemadam kebakaran, polisi,serta Satpol PP.

“Dalam melaksanakan tugas, bunyi sirene tersebut bisa digunakan dalam keadaan darurat,“ ujarnya. Dia menambahkan, Dishub telah mengimbau pemilik kendaraan dan organisasi kendaraan bermotor yang ada di Taput agar tidak membunyikan sembarangan terutama bus angkutan kota (angkot).Menurut dia,berkat larangan yang dikeluarkan penggunaan sirene palsu berangsur angsur berkurang.

“Meski demikian, kalau masih ada yang menggunakan hanya untuk menarik perhatian calon penumpang, tolong kita diberi tahu,“ ujarnya. Sementara itu, sejumlah warga Tarutung juga mengeluhkan penggunaan sirene liar ini.

Menurut mereka, bunyi sirene itu terkadang mengagetkan karena dikira ada pejabat yang melintas. “Kami mengira bupati ataupun tamu penting yang sedang melintas,ternyata bus angkot,“ ujar J Silaban, 35, salah seorang warga Tarutung.

Sumber : (hermanto turnip) Koran Sindo, Tarutung


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Saya Harus Menahan Sakit
Artikel selanjutnya :
   » » TKW Subang Meninggal di Jordania ?