Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Jumat
1
Feb '08

Panglima TNI Serahterimakan 1.441 Rumah untuk Korban Bencana di Kabupaten Langkat dan Madina


Mensos RI, H.Bachtiar Chamsyah SE dan Panglima TNI, diwakili Kepala Staf Umum (Kasum), Letjen TNI Erwin Sujono, serah terimakan 1441 unit rumah untuk korban bencana banjir bandang di Kabupaten Langkat dan bencana longsor di Kabupaten Madina. Hasil bakti TNI pembangunan rumah tumbuh di Kab. Langkat 967 unit dan di Kabupaten Mandailing Natal 474 unit, diserahkan kepada Mensos Bachtiar Chamsyah SE, Kamis (31/1) di kompleks PKS PT Anugerah Langkat Makmur, Kec. Besitang, Langkat.

Panglima TNI dalam pidatonya dibacakan Kasum Letjen, Erwin Sujono, menjelaskan pembangunan rumah tumbuh ini merupakan kerjasama antara Depsos, Pemkab Langkat, Pemkab Madina dengan Mabes TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan perumahan bagi masyarakat korban bencana alam.

Atas kerjasama yang baik ini, Panglima mengucapkan terimakasih kepada Mensos RI yang telah memberikan kepercayaan kepada TNI untuk membantu penyediaan pembangunan perumahan bagi warga korban bencana alam di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Timur, dan Sumut.

Acara serahterima dihadiri Pangdam I/BB Mayjen TNI Markus Kusnowo, Kasdam I/BB Brigjen TNI Aryono Murtamadinata, Asisten Teritorial Kolonel Inf Jony L. Tobing, Danrem 022/PT Kolonel Inf Ilyas, Danrem 023/KS, Kolonel CZI Adityawarman, Kapendam Kolonel Inf Togar Panjaitan, Dandim 0203 Langkat, Letkol Inf A.Dimiati, dan Kapolres Langkat, AKBP Dody Marsidi.

Sedangkan dari birokasi, yakni Gubsu diwakili Kadis Sosial Sumut Nabari Ginting, Bupati Langkat H.Syamsul Arifin SE, Wakil Bupati Langkat, Drs H.A.Yunus Saragih MM, Wakil Bupati Madina, Ketua DPRD Langkat, dan sejumlah Kadis di jajaran Pemkab Langkat, juga dihadiri tokoh masyarakat yang juga pengusaha sukses H. Anif Syah dan sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat mewakili beberapa etnis termasuk Ketua HIKBA, M.Silaban dan Sekretaris Drs Basri Sitorus SPd.

Kegiatan bakti TNI pembangunan rumah tumbuh nonprogram ini merupakan salah satu penjabaran UU TNI No.34 Tahun 2004 khususnya tugas-tugas TNI dalam operasi militer selain perang yaitu membantu tugas pemerintah di daerah dalam penanggulangan akibat bencana, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Pembangunan rumah tumbuh khusus di daerah Sumut, sebanyak 1441 unit rumah dengan type 30 (6 x 5) M2 semi permanen, rumah panggung papan type 60 (10 x 6) M2 untuk warga korban banjir di Langkat 967 unit dan daerah Madina 474 unit. Pelaksanaan pembangunan rumah tersebut, dimulai dari bulan Juli dan selesai dibangun tepat waktu Desember 2007.

Pada kesempatan itu Panglima TNI mengatakan, musibah yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia antara lain disebabkan sikap dan perilaku masyarakat yang tidak dapat mengelola sumber kekayaan bumi secara tepat dan bijaksana. Ia berharap, seluruh masyarakat agar memelihara lingkungan dengan baik sehingga tidak terulang musibah serupa.
Kepada prajurit TNI ditekankan agar terus memelihara dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat yang selama ini telah terjalin dengan baik dan tetap berpedoman kepada jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional.

Sementara itu, Mensos dalam pidatonya menyatakan, sesungguhnya musibah itu terjadi disebabkan oleh manusia sendiri, tanah tidak mampu menyerap air hujan yang turun yang seharusnya menjadi karunia dari Ilahi. Karenanya, kata Mensos, sudah saatnya pemerintah daerah dapat menjaga kawasan hutan dengan benar. “Kawasan hutan harus benar-benar kita jaga jangan hutan yang menjadi rahmat akhirnya menimbulkan bencana,” terang Bachtiar.

Tidak mungkin banjir dan tanah longsor melanda satu daerah jika kita mampu menjaga kelestarian alam. Kalau banjiir yang melanda Kab.Langkat pasti hutan di hulu, di gunung-gunug di mana sumber mata air ada telah terjadi kerusakan yang demikian parah akibat ulah manusia itu sendiri,” ujarnya menghimbau seluruh masyarakat agar memulai menanam pohon.

Usai acara serahterima, Kasum dan Mensos menyerahkan bibit kepada masyarakat di antaranya bibit durian, mangga, dan duku. Setelah itu, para rombongan menteri, pejabat TNI, Bupati Langkat, melakukan peninjauan langsung ke rumah warga korban banjir di Lingk IX, Kel Bukit Kubu, Kec. Besitang.

Sumber : (M.40/M.38/h) Harian SIB, Besitang


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.