Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Sabtu
26
Jan '08

Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad-Bupati Tobasa Drs Monang Sitorus Teken MoU Ekspor Jagung ke Malaysia



Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

Gubernur Gorontalo Dr Ir Fadel Muhammad dan Bupati Tobasa Samosir Drs Monang Sitorus SH MBA menandatangani kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) bidang agribisnis jagung di Sumatera Room Novotel Medan, Jumat (25/1). Dengan kerjasama itu, Pemkab Tobasa diharapkan bisa memenuhi sisa quota ekspor jagung yang dimiliki Gorontalo ke Malaysia sebanyak 2,3 juta ton dari total 3 juta ton.

Penandatanganan MoU itu dilakukan pada acara Diskusi Agribisnis Jagung Bersama Dewan Jagung Nasional diikuti eksportir, petani jagung dan PTPN. Bupati Tobasa didampingi Kadis Pertanian Ir H L Silitonga MM, Kabag Perekonomian James Silaban SE, Dompak Simanjuntak SP (Dewan Ketahanan Pangan) dan Amser Nababan. Kelompok tani dari Tobasa yang ikut antara lain, Ramli Damanik, Pdt Herlan Hutahaean STh, Basri Siagian, Pemimpin Hutagaol, Rudi Silalahi dan Sarman Marbun SSos.

Fadel yang juga Ketua Dewan Jagung Nasional itu mengatakan, tahun 2008 Pemprop Gorontalo mendapat quota ekspor sebanyak 3 juta ton jagung ke Malaysia. Namun dari permintaan Malaysia itu yang bisa dipenuhi Gorontalo hanya sekitar 700 ribu ton hingga akhir tahun 2008, sehingga ada sisa 2,3 juta ton yang bisa dimanfaatkan oleh petani jagung di Tobasa untuk diekspor ke Malaysia.

Dengan adanya penandatangan kerjasama ini Fadel Muhammad berharap, Pemkab Tobasa salah satu sentra jagung di Sumatera Utara bisa secepatnya memacu petaninya untuk meningkatkan produksi guna memanfaatkan peluang itu. Inti MoU itu antara lain mendatangkan tenaga ahli pertanian ke Tobasa sekaligus menambah jejaring informasi pupuk dan bibit unggul hingga pemasaran jagung terutama di Malaysia. Selain itu untuk saling tukar tenaga ahli dan petani. Semua ini untuk mendorong peningkatan pendapatan petani jagung yang pada akhirnya bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi Tobasa.

Bupati Tobasa Drs Monang Sitorus mengatakan, dengan adanya kerjasama ini merupakan kabar gembira bagi petani jagung di Tobasa. Bahkan ini bisa meningkatkan animo petani apabil ingin melakukan konversi pertaniannya dari komoditi lainnya ke tanaman jagung. Soalnya komoditi jagung petani Tobasa sudah ditunggu di pasaran Malaysia.

Menurut Bupati Tobasa, Pemkab Tobasa sejak tahun 2006 lalu sudah mencanangkan peningkatkan produksi jagung. Untuk itu tersedia lahan kosong dan lahan milik petani yang keseluruhannya mencapai 40 ribu hektar yang bisa dimanfaatkan oleh petani maupun investor yang ingin membuka pertanian jagung secara besar-besaran.

Sedangkan luas areal pertanian jagung di Tobasa hingga akhir tahun 2007 masih mencapai 7.066 hektar yang sudah ditanami tersebar di 14 Kecamatan. Dari luas itu, 3710 hektar sudah panen dengan produksi 14.840 ton dan 3.356 hektar lagi masih menunggu panen (masa tanam akhir tahun 2007).
Nilai penerimaan petani jagung dari luas lahan 3710 hektar itu saja mencapai Rp 17,8 miliar jika 14.840 ton dikalikan dengan harga jagung tingkat petani Rp 1200 per kilogram. Sedangkan harga jagung di pasaran domestik lanjut Bupati rata-rata Rp 2000 per kilogram dan harga jual ekspor ke Malaysia bisa mencapai Rp 3500 per kilogram. “Bisa dibayangkan, kalau nanti produksi jagung petani Tobasa dijual ke Malaysia tentu rakyat Tobasa akan sejahtera. Apalagi luas lahan jagung itu ditambah lagi oleh para petani lainnya, karena petani tidak perlu takut lagi karena pasarnya sudah menantikan di Malaysia.

Makanya, seluruh jajaran Pemkab Tobasa terutama Kadis Pertanian dan Camat-Camat akan menggerakkan seluruh kelompok tani di Tobasa meningkatkan produksi jagung guna mengejar peluang ekspor. Pemkab juga akan menerima tawaran dari Gubernur Gorontalo untuk mengirimkan ahli pertaniannya dan kelompok tani untuk studi banding ke Gorontalo.

SUmber : (M-17/M-35/d) Harian SIB, Medan


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.






Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions.php on line 590
Artikel sebelumnya :
   » » Number of World Unemployed Up by Five Million
Artikel selanjutnya :
   » » Tindak Lanjut Kunjungan DR Sutan DL Sitorus, DPW PPRN Sumut Serahkan Bantuan ke Rutan Balige