Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Rabu
23
Jan '08

Parpol Masih Tarik Ulur


Pendaftaran calon gubsu/cawagubsu oleh partai-partai politik tinggal besok. Belum adanya partai yang resmi mendaftarkan calonnya mengesankan pihak parpol masih “tarik-ulur” memilih cagub dan cawagub yang akan diusung.

“Masih dibahas. Belum ada ditetapkan. Kami juga masih menunggu DPP,” ucap Wakil Ketua Bidang Infokom DPD PDIP Sumut Efendi Naibaho kepada Global, Selasa (22/1) malam.

Menurut Efendi, keputusan menetapkan cagubsu dan pasangannya harus dengan pertimbangan matang. Tidak boleh sembarangan. Pasalnya, PDIP tidak ingin kalah dalam kancah pertarungan politik merebut kursi Sumut-1 dan Sumut-2. “Bukan bingung, tapi memikirkan bagaimana efek politik dari hasil pencalonan. Tentu sangat diharapkan PDIP bisa unggul dan kembali menduduki posisi gubernur,” jelasnya.

Efendi optimis DPP PDIP akan mampu menetapkan calon yang layak jual untuk diusung dalam pilkada Sumut. “Sebelum Kamis malam, siapa cagub dan wagub yang akan ditetapkan sudah diketahui. Calon-calon akan didaftarkan sebelum pendaftaran berakhir,” tuturnya.

Calon Gubsu yang mendaftar ke PDIP antara lain Tri Tamtomo, Chairuman, Syamsul Arifin, Basuki Tjahaja Purnama, Rudolf Pardede, Cornel Simbolon, Benny Pasaribu dan Ir Darori. Sedangkan calon wagub kader PDIP disebut-sebut nama Yasona Laoly, Efendi Naibaho dan Trimedya Panjaitan.

Sumber di DPP PDIP menyebutkan, pengurus DPP masih “bingung” menetapkan kandidat yang akan diusung. Soalnya, sejumlah nama yang masuk pembahasan masing-masing punya kelemahan dan kelebihan. Ada dua kandidat cagub berasal dari militer. Mereka adalah Letjen Cornel Simbolon dan Mayjen Tri Tamtomo. “PDIP menginginkan cagub dari kalangan militer, namun belum diputuskan siapa dari kedua jenderal itu. Meski begitu, PDIP tetap mengutamakan kader partai seperti Rudolf, Benny, Yasona, Trimedya, Efendi Naibaho dan lainnya. Yang jelas, nama Chairuman juga santer dalam pembahasan,” kata sumber yang tak ingin disebut namanya.

Belum ditetapkannya cagubsu/cawagubsu juga dialami Partai Demokrat. Sampai Selasa (22/1) malam, partai ini belum memutuskan siapa calon yang akan digadang nanti. Cagubsu yang mendaftar ke Demokrat antara lain Chairuman Harahap, Syamsul Arifin, Tritamtomo, RE Siahaan, Djohar Arifin, HT Milwan, Sofyan Tan, Herry W Marzuki dan Maruahal Silalahi. Sedangkan cawagub di antaranya Bangun Silaban, Suherdi, Dra Dartatik, Maruahal Silalahi dan Drg Idamawati Nababan.

“Untuk cagubsu sudah ada beberapa nama yang dibahas DPP secara intensif. Dari sembilan cagub, sudah mengerucut menjadi dua nama. Sedangkan untuk wakil masih belum ada keputusan. Mungkin besok (Rabu-red) sudah ada keputusan,” sebut salah seorang pengurus DPD Partai Demokrat Sumut.

Sementara itu, DPP PPP sudah menetapkan Syamsul Arifin sebagai cagubsu. Namun, untuk wakilnya, PPP masih melakukan pembahasan intensif. Pembahasan menyangkut calon wakil gubernur dari partai lain yang berkoalisi. PPP sendiri menginginkan Hasrul Azwar menjadi cawagubsu. “Cagub Syamsul, wagub belum diputuskan. Masih dibahas. Rabu malam baru diketahui,” ujar Wakil Ketua DPW PPP Sumut Drs H Rijal Sirait.

Di lain pihak, PBB juga telah menetapkan Syamsul Arifin menjadi cagubsu. Namun, PBB mengusulkan nama Bahdin Nur Tanjung sebagai cawagub. “Walau begitu, posisi wagub diserahkan kepada Syamsul, siapa yang akan dia pilih,” sebut pengurus PBB Sumut, Fahrijal Dalimunthe.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga belum memutuskan calon yang diusung. Untuk cagubsu, PKS Sumut membahas dua nama, Wahab Dalimunthe dan Syamsul Arifin. Sedangkan cawagub berasal dari kader PKS, antara lain Gatot Pujonogroho, Sigit Purnama Asri, Heriansyah dan Surianda. “Saya belum bisa beri keterangan. Masih dibahas,” sebut Ketua PKS Sumut Gatot Pujonugroho.

PKS dikabarkan masih membangun jembatan politik dengan Partai Bintang Reformasi (PBR). Soalnya, PKS dan PBR sama-sama memasukkan nama Wahab Dalimunthe sebagai cagubsu. Kedua partai ini dilaporkan masih membahas intensif untuk posisi cawagubsu. Pasalnya, PBR menginginkan Raden Muhammad Syafii menjadi cawagubsu pendamping Wahab Dalimunthe.

Sumber : (Zainul-Isya) Harian Global, Medan


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Serikat Pekerja dan Pengusaha Bahas RUU Jamsospek
Artikel selanjutnya :
   » » Number of World Unemployed Up by Five Million