Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Minggu
6
Jan '08

14 Bus Rombongan Kabupaten Humbahas Ikuti Natal Umat Kristiani Sumut di Stadion Teladan Medan


Sebanyak 14 bus rombongan mewakili masyarakat dari Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) mengikuti Perayaan Natal Umat Kristiani Sumut 2007 di Stadion Teladan Medan, Jumat (28/12). Rombongan dikordinir Kabag Kesra Pemkab Humbahas Drs SDV Sihombing MM dan Ketua BKAG (Badan Kerjasama Antar Gereja) Humbahas Pdt H Pangaribuan STh.

Sebelum menuju kota Medan, Jumat (28/12) pagi pukul 04.15 WIB rombongan memanjatkan lagu pujian dipimpin Pdt RM Panjaitan dan doa dibawakan Pdt F Simamora bertempat di gereja HKBP Doloksanggul Kota. Pdt F Simamora mendoakan supaya rombongan mewakili masyarakat Humbahas diberkati Tuhan di sepanjang perjalanan dan sehat mengikuti Perayaan Natal Umat Kristiani Sumut 2007 di Medan. Pagi itu, rombongan diberangkatkan Asisten II Pemkab Humbahas Drs Usman Sihotang.

Turut hadir mendampingi rombongan, Ketua BKAG Pdt H Pangaribuan STh, Ketua API (Assosiasi Pendeta Indonesia) Kabupaten Humbahas Pdt Hulman SD Tinambunan, Pdt RM Panjaitan, Kabag Kesra Drs SDV Sihombing MM, Ketua KNPI Humbahas Drs Binsar Purba, Bripka Tumpak Sihombing, Bripka H Hutahaean dan lainnya. Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing MSi, Ketua DPRD Humbahas Bangun Silaban SE, Ketua TP PKK Ny Anni Rosma Br Napitupulu BBA, Kadis Pertanian Ir Batahan Pangaribuan dan Kadis Perindagkop Ir Lasman Simamora juga hadir dalam Natal itu. Empat orang mewakili masyarakat Humbahas mengenakan pakaian adat Batak yaitu Elly Br Marpaung, Mariani Br Sinaga, Joy Sitompul dan Agus K Pandiangan sekaligus memegang petaka dan lambang Pemkab Humbang Hasundutan.

Setelah tiba di Berastagi Tanah Karo, rombongan dikawal aparat Polres Tanah Karo dipimpin AKP J Tarigan sampai ke Medan dan sebaliknya sewaktu pulang menuju Doloksanggul rombongan juga dikawal. Sehingga suasana tampak tenang dan mobil konvoipun berbaris dengan teratur. Saat dikawal Polisi, masyarakat Humbahas mengucapkan terimakasih kepada Kapoldasu atas partisipasinya memerintahkan anggotanya mengikuti rombongan sehingga acara Natal sukses dan lancar. Pemkab Humbahas membekali rombongan untuk makan dan minum di sepanjang perjalanan. Rombongan dari Humbahas menggunakan armada CV Sanggul Mas Transport ditambah mobil pribadi.

Pdt H Pangaribuan STh dan Pdt RM Panjaitan mengatakan, masyarakat dari Humbahas ikut hadir mengikuti Natal Umat Kristiani Sumut 2007 di Medan sebanyak 120 orang mewakili 28 dedominasi gereja yang ada di Kabupaten Humbang Hasundutan, 31 di antaranya para pendeta mewakili 28 dedominasi gereja. “Antusias masyarakat Humbahas sangat tinggi mengikuti Natal Umat Kristiani Sumut 2007 di Medan sesuai dengan pendaftaran yang dikordinir para pendeta di Humbahas. Tapi supaya jangan terjadi kecemburuan sehingga 5 orang setiap gereja diutus mengikuti perayaan Natal tersebut. Namun walaupun demikian para hamba Tuhan yang tidak bisa hadir mendoakan supaya Natal itu sukses,” ujar Panjaitan.

Pdt Hulman SD Tinambunan ketika dimintai komentarnya mengenai Perayaan Natal Umat Kristen Sumut 2007 mengatakan sangat bersyukur dilaksanakan perayaan Natal seperti itu dan menandakan kebersamaan umat Kristen di Sumut. Walaupun terik matahari, tapi tetap ada sukacita didalam Yesus Kristus dan tidak ada masyarakat yang hadir bersungut-sungut khususnya dari Humbahas. “Perayaan Natal ini patut dicontoh dan dilaksanakan tahun-tahun berikutnya dan lebih ditingkatkan lagi supaya ada bukti kasih di antara sesama umat tanpa membedakan suku dan ras. Ini merupakan perayaan Natal Umat Kristiani Sumut yang pernah saya ingat.

Saya juga mengucapkan terimakasih kepada panitia yang telah berbagi kasih kepada panti asuhan sehingga umat Kristiani yang ada di panti asuhan dan ditempat lainnya ikut merasakan indahnya Natal itu. Termasuk donor darah yang dilakukan di RSU Prof Boloni Jalan Monginsidi Medan. Bahkan yang kaya dan yang miskin sama-sama menikmati Natal, karena hak manusia itu sama dihadapan Tuhan,” tambah Pdt Tinambunan.

Sumber : (T10/m) Harian SIB, Doloksanggul


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.