Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Jumat
4
Jan '08

Viky Sianipar, Batak’s Music Still Alive!


viky-td3.jpgSetelah meluncurkan Indonesia Beauty di tahun 2006, akhirnya Viky Sianipar berhasil merampungkan trilogy Toba Dream 3, pada tanggal 3 desember, tepat jam 3 pagi. Dalam acara launching album tersebut yang berlangsung di Tabo Resto mangarai Kamis (06/11) kemaren.,Suasana batak begitu menyelimuti event ini.

Di mana-mana terlihat para petinggi batak seperti Togar Sianipar, Tongam Sirait (seorang musisi senior yang masih eksis hingga sekarang setelah berkiprah selama dua puluh tahun dalam musik batak) dan berbagai komunitas musik batak lainnya. Setelah memainkan sebuah tembang pembuka instrumen “Toba Smile”, Viky menyempatkan diri untuk sedikit berorasi.

“Toba Dream merupakan album terakhir dari trilogy Toba Dream. Ketiga album ini saya persembahkan untuk masyarakat Batak dan Bangsa Indonesia. Proyek pembuatan album-album Toba Dream merupakan merupakan manisfestasi kecintaan saya terhadap seni musik dan budaya Batak, juga alam yang mengitari Danau Toba. Saya menyampaikan terimakasih yang tak terhingga kepada semua pencipta lagu yang komposisi mereka terpilih di ketiga album tersebut. Tanpa mereka, album-album tersebut tak mungkin terwujud,” ujar Viky.

Berbeda dengan album sebelumnya, dalam album ini Viky mengajak dua musisi senior Ian Sinambela, pencipta lagu Dengke Jahir, dan Ramona Purba, seorang penyanyi tuna netra multi talenta nan fenomenal yang sempat mencapai puncak popularitasnya di era tahun 80-an. Viky menyatakan bahwa dia merupakan penggemar berat vokalis yang satu ini sejak masih kecil.

Ramona juga sempat menjadi vokalis tamu dalam album Karimata Band, “Biting”, yang sangat legendaris itu. Selain mereka, Viky juga mengajak Arrysyaf (vokalis group Cockpit), Edo Kondologit, Indah Winar dan Ervina Simarmata, seorang pendatang baru yang terpilih oleh Viky dalam seleksi pencarian vokalis wanita untuk membawakan lagu “Sigulempong”. Dalam kesempatan tersebut, video klip “Sinanggar Tulo” featuring arrysyaf ditampilkan untuk pertama kalinya, sekilas klip-nya seperti video klip milik Dewa “Arjuna Mencari Cinta”. Ervina Simarmata juga menyempatkan diri untuk unjuk kemampuan olah vokalnya dalam membawakan lagu “Sigulempong”. Viva batak’s music!

Sumber : (Nicko Krisna/Eddy Sofyan) WhatzUp


Ada 11 tanggapan untuk artikel “Viky Sianipar, Batak’s Music Still Alive!”

  1. Tanggapan jeffry sidabutar:

    oke bgt tuh….
    viva Viky

    gmn cara dapatkan albumnya,
    bisa ga freedownload beberapa lagu?
    kalo bisa minta alamatnya dong.

  2. Tanggapan Jane Ross br. Panjaitan:

    Horas..

    Selamat untk bung Vicky…musik ’serius’ yang sangat enak didengar oleh macam-macam telinga orang…walaupun etnik batak-nya masih sangat kental.

    Bung Vicky, sebaiknya anda memotori terselenggaranya eksebisi dan lomba amatir untuk menyanyi, cipta lagu dan musik batak secara rutin secara nasional. Kegiatannya dimulai dari per wilayah, kemudian masing2 pemenang wilayah bersaing lagi di final/nasional. Tujuannya agar apresiasi dan bakat akan lagu dan musik batak semakin bertumbuh.

    Jane Ross

  3. Tanggapan ALFONTUS NAINGGOLAN:

    lae vicky sianipar salllllut benar ama abang vicky, walaupun masih ada made in sunda nya, tapi tak menghalangi kreatifitas abang dalam menciptakan musik2 yang indah,saya sering bawain lagu abang tuh di bis, dan cukup banyak juga yang respect ama lagunya, kata mereka sih eazy listening,.

  4. Tanggapan Charly Silaban:

    @Jeffry Sidabutar
    Coba main ke Toba Tabo Lapo Batak di Jl. Dr. Sahardjo No.90 JakSel. Dekat Pasaraya Mangarai. Itu markasnya Viky dan disana ada dijual berbagai CD keluaran dr MS Record.
    Atau kalau bersabar dikit, sebentar lagi juga di jaringan toko-toko kaset/cd besar semacam Disc Tarra / Musik juga bakal ada.

    @Jane Ross br. Panjaitan
    Sepertinya sudah Ito Jane.. Namanya “Toba Dream Vocal Contest”. Coba search keyword “toba dream” di situs ini.
    Dan kebetulan sekali, tanggal 15 Januari ini, pendaftaran untuk Toba Dream Vocal Contest 2008 sudah dibuka. Silahkan lihat infonya di [SB] agenda (halaman depan www.silaban.net di bagian kanan atas)

    @Alfontus Nainggolan
    Wah hebat juga kau lae turut memasyarakatkan lagu batak biarpun di bis.. Sukses ya :)

  5. Tanggapan Pahala Panjaitan:

    Sesuai dengan janjinya lae Vicky hari sabtu yang lalu (12 Januari 2008) akan membawwakan lagu KETABO pada malam anggal 19 Januari 2008 ini di Cafe Toba Dream, kalau bisa Saudari Indah ….. yang menyanyikannya. Thanks bangat

  6. Tanggapan Tarombo:

    Boleh saya muat di Tarombo.com? Bagaimana kalau Vicky dan Julius sitanggang membuat album bersama ya? Hmmm… tarombo.com ada rencana untuk mem-fitur-kan Julius sitanggang di tarombo.com untuk rencana pembuatan album barunya.
    Horas
    Ahu

  7. Tanggapan gindo:

    on ma nadidokkhon halak batak na jago marende,jala memiliki intelligensia mambahan lagu nasohea binege. alai lae sotung lupa mandok mauliate tu debata dalam segala hal. tetata sukses dan jaya selalu. lae viky sianipar????? bahen ma jolo lagu taringot tu adat ni toba naso muba naso mose sian najolo sahat tu nanaeng ro.horas mauliate.

  8. Tanggapan boby revolino sianipar:

    horas manjua jua tu hita sasudena….
    abang Viky sangat luar biasa skali,,salut bang dengan karya-karyanya..
    Menurut saya bang Viky adalah slah satu musisi Batak yang mampu membawa musik ini kearah modern sehingga musik batak tidak ketinggalan jaman
    Bravo Musik Batak
    ……HORAS………..

  9. Tanggapan dori girsang:

    Aku dah dengar album viky yang ke tiga..asikk musik nya apa lagi pas yang laku karo tuh instrumen tradisional nya asik abis,kebetulan aku punya musik asli simalungun kalo tertarik aku mau aja menyumbangkan nya untuk bang viky untuk di arransemen ulang ke arah yang lebih modren agar kuping orang indonesia bisa mendengar nya
    sep salut tuk vicky….

  10. Tanggapan Hendra:

    Pertama liat clip Viky di MTV dah bikin gw panasaran ma musisi yang satu ini. Trus gw hunting nyari cd or kasetnya.
    Setelah tanya sana-sini dapat deh Toba Dream 2 di deretan lagu2 daerah??!! ( gw sempat protes ma penjaga toko kasetnya…kok bisa ditempatin di deretan lagu daerah!!)

    Pulangnya gw langsung nikmatin tu cd di mobil. GOD!! orang ini benar2 brilian!!…gw bukan orang batak dan ga ada keturunan batak tp gw benar2 takjub ma materi musik yang disuguhkan Viky. Coba saja dengar lagu ketiga di Toba Dream 2, “Argado bona ni pinasa”…dahsyat abis!…kalo ga jeli orang ga akan mengira itu lagu batak dengan bahasa batak. Kesannya seperti paduan suara dari austria. Pada lagu ini Viky benar2 berhasil meleburkan musik etnik batak dengan musik modern. Lagu ini benar2 buat gw terhanyut. kesannya seperti sedang menunggang kuda di padang rumput yang luas dan hijau. Apalagi kalo di dengernya pagi2 buta sebelum berangkat kerja…wuihhh semangat!!

    Trus “Dijou au mulak”
    Denger lagu ini, bohong aja kalo badan kita ga ikut goyang. Paling ngak kepala manggut2.

    Masih ada lagi “Taringot ahu”
    Disini Viky menawarkan warna etnik dengan sentuhan slow rock dan blues yang kental.Asik banget buat ikut dinyanyiin.

    “Tongging hill”
    Ini juga enak, cuma sayang kalo menurut gw sayatan gitar Viky kurang garang. Tapi gw tetap salut karena Viky berhasil menyisipkan musik etnik ( pengiring ondel2 batak? )kedalam lagunya.

    Viky benar2 musisi jenius. Gw berharap semoga dia ga berhenti berkarya dan semoga semakin banyak orang yang “NGEH” dengan musik bagus yang ditawarkan Viky.

    Terakhir, semoga di ajang AMI ada kategori khusus untuk musisi2 Indonesia yang berkarya di jalur etnik modern. Karena karya mereka sangat2 bagus…ya seperti Viky ini lah..

    Maju terus Viky Sianipar!!

  11. Tanggapan Batian:

    Karya yg luar biasa dr si abang..
    Lagunya keren abiezz..
    Maju trus musik batak.
    Citra seni sudah mlekaT sejak dulu..
    Btw, aq lg nyari lagu Gareja bolon neh bang.
    susah kali dapetin nya.

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.