Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Rabu
2
Jan '08

Sehari Tanpa Mobil Akan Diberlakukan di Surabaya


Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana akan menggelar program sehari tanpa mobil. Langkah ini meniru Jakarta yang sudah terlebih dulu dengan program Car Free Day (CFD).

Rencananya, program ini akan dilakukan sekali seminggu mulai bulan Mei mendatang. Ide ini, selain meniru Jakarta, juga karena perhitungan kerugian akibat polusi udara yang sangat besar. Pada tahun 2006 saja kerugian akibat polusi mencapai Rp 519 miliar.

Kerugian itu antara lain karena polusi udara yang menyebabkan banyak tanaman hias mati. selain itu juga banyaknya masyarakat yang terkena penyakit infeksi saluran pernafasan.

“Dari itulah akhirnya kami menggagas program Car Free Day. Mulai Mei nanti. Kami menggandeng Dishub dan Polwiltabes Surabaya,” ucap Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) Togar Silaban ketika ditemui detiksurabaya.com di kantornya Jalan Jimerto, Rabu (2/1/2008).

Saat ini, lanjutnya, sedang dipersiapkan beberapa persiapan antara lain kesiapan teknis dan pemilihan ruas jalan yang akan dipilih ketika CFD. Sebab, untuk tahap awal, tidak semua ruas jalan yang akan diberlakukan CFD. Pembahasan serupa juga telah dilakukan oleh Dishub dan Polwiltabes.

“Kami melihat Jakarta cukup efektif mengurangi polusi. Kami ingin menerapkan hal tersebut di Surabaya,” tambahnya.
Sumber : (Steven Lenakoly-stv/bdh) Detik Surabaya, Surabaya


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Jakarta Banjir Narkoba
Artikel selanjutnya :
   » » Ramli [Wakil Walikota Medan] Dijemput Paksa