Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Jumat
28
Des '07

Christica Lusiyen Silaban : Jangan Lupakan Lagu Banjar


DARI era 70-an, cukup banyak lagu Banjar yang sudah diciptakan para musisi Banua. Bahkan ada yang terkenal ke penjuru Tanah Air seperti ciptaan ‘maestro’ lagu Banjar H Anang Ardiansyah, Paris Barantai. Lagu ini juga menjadi ikon Kalsel di setiap ajang budaya.

Namun setelah ‘jayanya’ lagu itu, eksistensi tembang Banjar seolah mandeg dan kurang tenar. Lagu-lagu Banjar yang melodi dan liriknya cukup enak didengar, malah kurang begitu dikenal di daerah sendiri.

Ada apa dengan lagu Banjar? tentunya ini perlu antisipasi. Untuk mengembangkan lagu Banjar kembali, penyanyi pendatang baru, Christica Lusiyen Silaban angkat bicara.

Menurut finalis Lima Besar Penyanyi Lagu Banjar 2007 ini, agar lagu-lagu Banjar bisa berkembang dan setara dengan daerah lainnya, perlu perhatian semua pihak mulai dari masyarakat hingga pemerintah.

“Bahkan kalo perlu harus Perda khusus dari pemerintah daerah untuk mengatur promosi dan peredaran karya seni lokal,” kata siswi SMA 3 Banjarmasin ini.

Misalnya peraturan yang mewa-jibkan setiap perkantoran hotel atau terminal memutar lagu Banjar sehingga lagu daerah ini lebih dikenal. Selain itu tak lain media seperti radio dan media cetak untuk promosi album guna meningkatkan pesona budaya.

“Bukan hanya itu, perlu ada polesan dong. Jangan terpaku pada satu jenis lagu aja atau monoton. Harus beragam jadi nyanyinya pun asyik,” tambahnya.

Kalau biasanya hanya bermain di dangdut melayu, tutur putri pasangan Berlin Silaban dan Yosepha Marhiani sudah saatnya digarap lagu campuran pop dan tradisional. Bahkan remix dan techno, tak masalah.

“Temanya pun perlu variasi. Tak hanya tembang cinta, tetapi kompilasi dengan lingkungan hidup, pendidikan dan agamis sehingga disukai semua kalangan,” jelas penyanyi kelahiran Desember 1990.

“Bagi yang suka nyanyi, nggak usah dong malu nyanyi lagu Banjar, karena tak kalah kok dengan lagu daerah lain,” tandasnya. Ok, jaya lagu Banjar!

Sumber : (ncu) Banjarmasin Post


Ada 2 tanggapan untuk artikel “Christica Lusiyen Silaban : Jangan Lupakan Lagu Banjar”

  1. Tanggapan Togar Silaban:

    Selamat ito Christica,
    Semoga selain mempopulerkan lagu Banjar, tapi juga lagu Batak ya. Meski (mungkin) kelahiran Banjarmasin, tapi toh boru Silaban.
    Salam dan selamat Tahun Baru.

  2. Tanggapan Charly Silaban:

    Yupe… salah satu pendatang baru berbakat…!
    Sukses ya ito Christica.. Mudah2an nanti kalau dah sukses turut mempopulerkan Lagu Batak.

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » RAY Group & Partners Rayakan Natal bersama Yatim Piatu
Artikel selanjutnya :
   » » Kusmayanto Kadiman: Keputusan PLTN harus tahun ini