Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Kamis
27
Des '07

Kota Medan Kerahkan Peserta Defile Berbusana Lintas Etnis


Panitia Natal Bersama Umat Kristiani 2007 rapat kordinasi dengan para Camat se-Kota Medan, Rabu (26/12) menjelang pelaksanaan Perayaan Natal Bersama Umat Kristiani 28 Desember 2007 di Stadion Teladan Medan. Para Camat yang hadir pada rapat itu masing-masing, Camat Medan Tuntungan Drs Ebenezer Karo-karo SH MAP, Camat Medan Baru Drs Joni Halim Tarigan dan Dra Hanna Lore Simanjuntak serta didampingi sejumlah lurah.

Pertemuan itu lebih fokus membicarakan kesiapan Kota Medan sebagai tuan rumah terutama sebagai peserta defile dan disimpulkan Kota Medan akan menghadirkan peserta defile dengan berpakaian adat dari seluruh etnis yang ada di Kota Medan (Melayu, Jawa, Tapanuli, Karo, China, Tamil dan sejumlah etnis di Kota Medan). Selain itu juga akan dilakukan mobilisasi massa dengan berkoordinasi dengan gereja-gereja yang ada di wilayah pemerintahannya ke Stadion Teladan Medan.

Ketua Panitia Ir GM Chandra Panggabean yang didampingi, Landen Marbun SH, Ir Binsar Situmorang MSi, JA Ferdinandus, sangat berterimakasih atas perhatian para camat se-jajaran Kota Medan khususnya yang berada di kawasan Stadion Teladan Medan.

Pemkab Tapanuli Selatan, Pemkab Madina dan Pemko Padangsidimpuan mendukung sepenuhnya perayaan Natal Umat Kristiani di Medan, 28 Desember 2007. Bahkan Pemkab Tapsel memberikan fasilitas berupa pengangkutan, akomodasi serta penginapan peserta di Mess Pemkab Tapsel di Medan bagi yang akan menghadiri perayaan Natal tersebut.

Bupati Tapsel Ongku P Hasibuan melalui Wakil Bupati Aldinz Rapolo Siregar dan Sekdakab Affan Siregar kepada SIB, Rabu (26/12) mengatakan perayaan Natal yang akan diadakan di Medan tersebut merupakan tugas mulia hal yang patut didukung oleh semua pihak. “Selain perayaan Natal, kegiatan ini juga merupakan pembinaan umat sehingga semakin mengetahui arti kelahiran Yesus dan mendalami ajaranNya,” ujar Affan.
Lebih lanjut dikatakannya, dalam rangkaian perayaan Natal warga Kristen se- Sumut dimaksud BKAG Tapanuli Selatan dipimpin Pdt TP Panggabean STh dan pengurus lainnya sudah audensi kepada bupati yang diwakili wakil bupati dan Sekdakab. Pemkab mengupayakan sepenuhnya mendukung peserta yang akan berangkat mengikuti perayaan Natal tersebut.

“Sejauh ini tidak ada masalah dan kita upayakan agar segala kebutuhan peserta atau rombongan yang akan berangkat dapat terpenuhi semaksimal mungkin,” ujar Affan ketika ditanya soal fasilitas yang diberikan Pemkab kepada seluruh warga yang akan berangkat mengikuti perayaan Natal dimaksud.

Sementara, Walikota Padangsidimpuan Drs Zulkarnain Nasution melalui Sekdakot Sarmadan Hasibuan SH MM mengatakan, Pemko juga tidak ketinggalan dan mendukung sepenuhnya diadakannya perayaan Natal umat Kristen se- Sumut tersebut. Demikian juga Ketua BKAG Padangsidimpuan Sahattua Sinaga mengatakan, pihaknya mendukung diadakannya Natal Umat Kristen se- Sumut itu. Namun, katanya untuk kali ini dari Kota Sidimpuan belum ada utusan karena hari dan tanggal bersamaan yaitu tanggal 28 Desember diadakan Oikumene Natal se- Kota Padangsidimpuan.

100 Delegasi Madina Lengkap Berpakaian Adat
Kabupaten Mandailing Natal akan ambil bagian mensukseskan Perayaan Natal Bersama Umat Kristiani Sumut 2007 di Stadion Teladan Medan dengan mengerahkan 100 orang warga dengan mengenakan pakaian adat Mandailing Natal pada acara parade. Hal itu disampaikan Bupati Mandailing Natal Amru Daulay SH saat menerima audiensi Panitia Natal Umat Kristiani Sumut 2007 di Hotel Grand Angkasa Medan, Rabu (26/12).

Dengan penuh keramahan Bupati yang didampingi Kadis Pendapatan Pandapotan Sinaga mengatakan “Kabupaten Madina sangat mendukung karena sebagai kepala daerah saya merasa bahwa Perayaan Natal Bersama Umat Kristen sangat baik dan satu kejutan yang luar biasa karena tidak pernah saya dengar ada perayaan yang menyatukan semua gereja tanpa memandang perbedaan,” kata Bupati.

Ditambahkannya, Perayaan Natal Bersama Umat Kristen Sumut 2007 akan berdampak pada pembangunan di Sumut terutama di Madina karena dapat mempersatukan umat Kristen.
“Saya bangga panitia yang masih berjiwa muda merubah penilaian lama tanpa merobah kaidah. Hal itu menunjukkan suatu gambaran yang bukan berlaku hanya untuk Kristen tapi secara umum bahwa tokoh-tokoh muda sudah layaknya diberi tanggung jawab dalam pembangunan bangsa” ujarnya.
Bupati juga menjelaskan bahwa di Kabupaten Madina ada 5 desa yang didominasi umat Kristen cukup memberikan kontribusi dalam pembangunan dan menjaga keharmonisan masyarakat Madina.

Pada akhir pertemuan itu Amru Daulay mengatakan walaupun belum bisa memastikan kehadirannya namun sudah menugaskan perwakilan Kabupaten Madina di acara itu dan khusus mengundang panitia untuk datang ke Madina meninjau kondisi pembangunan di Madina.
Panitia yang hadir pada pertemuan itu masing-masing Ir GM Chandra Panggabean, Budiman Nadapdap SE, Sanggam Bakkara, Syamsul Sianturi, Jumongkas Hutagaol, Ir Hasudungan Butar-butar MSi, Drs Victor Siahaan SH dan Darwis Manalu.

Lembaga Keumatan Kristen Mendukung
Lembaga Keumatan Kristen (PIKI, GAMKI, BKAG, PWKI dan GMKI) siap mendukung dan membantu Perayaan Natal Bersama Umat Kristiani Sumut 28 Desember 2007 di Stadion Teladan Medan karena dinilai suatu kerinduan yang perlu diekspresikan. Hal itu disampaikan Nelson Parapat pada rapat koordinasi panitia Natal dengan Lembaga-lembaga Keumatan Kristen, Senin (24/12) di Gedung PWKI Sumut.

Hadir pada pertemuan itu masing-masing dr Jhon Rider Purba, Jhon Eron Lumbangaol SE, Drs Tahan Panggabean, Drs Arifin Sihombing MSi, Pdt Midian KH Sirait, Jadi Pane SE, Ronald Naibaho, Ny Bebbie L Rattu, Ir Ny Eveline M Tarigan Bukit, Ny BD Tambunan Simanjuntak (Bu Moses), Nurmala Silaban, Ir Ronal Sinambela Drs Burhanuddin Rajagukguk, Drs Gelmok Samosir dan S Samrin Girsang. Sementara itu Panitia yang hadir Budiman Nadapdap SE didampingi Pdt Elim Simamora, Ir Hadusungan Butar-butar MSi.

Nelson Parapat yang memimpin pertemuan itu menghasilkan sejumlah saran-saran dan pendapat untuk mendukung suksesnya perayaan Natal dan untuk mengoptimalkan dukungan dari Lembaga Keumatan Kristen usai pertemuan itu langsung melakukan rapat koordinasi.

PWKI Sumut dan PWKI Kota Medan disebutkan akan mengambil peran dalam pendistribusian konsumsi dan penerima tamu GAMKI dan GMKI akan melengkapi peserta defile mewakili Lembaga Keumatan Kristen.
Pdt Midian KH Sirait pada kesempatan itu mengatakan, bahwa sesuai Tema Natal terdapat 3 nilai yang tidak terpisahkan yaitu hikmad kebijaksanaan, keadilan dan Ibadah. Ketiga nilai itu harus benar-benar ditekankan sehingga perayaan Natal menjadi pembawa damai bagi semua orang.

Sebagai wujud dukungan untuk perayaan Natal bersama, pada Perayaan Natal BKAG 25 Desember lalu, Natal HKBP Distrik X Medan Aceh 26 Desember telah dilantunkan koor massal berjudul Gemuruh Ombak Berderai dan puncaknya nanti akan dikumandangkan pada Natal Bersama 28 Desember 2007 di Stadion Teladan.

Pada kesempatan itu juga Lembaga Keumatan Kristen berterimakasih kepada Panitia yang berani menyelenggarakan perayaan yang baru pertama kali digelar dengan melibatkan seluruh gereja tanpa membedakan denominasi gereja dan melibatkan etnis, paguyuban dan kelompok marga.
Budiman Nadapdap pada kesempatan itu menyampaikan harapannya agar semua lembaga keumatan memberikan dukungan dan bantuan terutama dalam hal doa sehingga acara dapat terselenggara dengan baik.

Sumber : (M15T7/T8/T9/d) Harian SIB, Medan


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Pemasangan Lampu Jatilur Molor, Kontraktor Ajukan Adendum I
Artikel selanjutnya :
   » » Jangan Lagi Anton Kollisch Meratap