Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Jumat
14
Des '07

Ervinna Simarmata : Mendalami Budaya Batak


Gadis ini termasuk salah satu dari sedikit penyanyi Batak yang peduli dengan usaha memajukan seni budaya Tapanuli. “Karena itu, di sela-sela kesibukan kuliah di fakultas musik, aku selalu menyediakan waktu mendalami seni budaya Batak” ujar Ervinna Simarmata kepada Suara Karya di sela peluncuran album TobaDream 3 Viky Sianipar, di Jakarta, pekan lalu.

Dalam album TobaDream 3 itu, Ervinna menjadi vokalis andalan. “Suara Ervinna enak didengar, agak nge-jazz. Jadi, cocoklah suaranya dijadikan warna baru lagu-lagu Batak,” kata Viky Sianipar.

Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta kelahiran Medan 19 April 1988 ini sering tampil di panggung-panggung musik Batak. Tahun 2005, saat ikut festival lagu-lagu Batak di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, dia menyabet juara II. Prestasi berikutnya diraih melalui pentas festival musik Batak di Jabotabek. “Lagu-lagu Batak itu mengasyikkan lho, meski bernapaskan balada,” tutur gadis berwajah oriental ini.

Menurut Ervinna, keseringannya menjadi juara dalam festival lagu-lagu Batak membuatnya bangga menjadi penyanyi Batak. “Soalnya melalui musik-musik Batak aku bisa membanggakan seni budaya leluhurku. Penyanyi lain malah ada yang gengsi jadi penyanyi Batak. Mereka malu lagu-lagu Batak banyak didengar di lapo-lapo tuak. Padahal kita bisa membuat lagu Batak didengar di hotel-hotel berbintang, di pesawat, atau di dering telepon kalau kita bersatu memajukan seni budaya Batak,” ujar Ervinna.

Sumber : (Ami Herman) Suara Karya Online


Ada 3 tanggapan untuk artikel “Ervinna Simarmata : Mendalami Budaya Batak”

  1. Tanggapan andre:

    Wah ini neh ito aku… soalnya aku juga Simarmata…
    Tolong disampein salam ku ya… Sukses dan Jaya terus SIMARMATA… dan gak lupa juga Sukses dan Jaya terus sang publikasi berita SILABAN.NET

  2. Tanggapan BSimarmata:

    Senang ya ito,mendengar pendapat boru Simarmata tentang Budaya Batak.Lumayan boru Simarmata sudah berani tampil di publik,seperti halnya Lady Simarmata,penyiar RCTI,dan Mega Simarmata,wartawan yang sering keluar masuk istana.Nanti kalau sudah jadi Sarjana,perhatian kepada Budaya Batak agar diteruskan.Semoga sukses selalu.Horas ito.

  3. Tanggapan saut salomo simarmata:

    saya sngat bangga terhadap ito ito saya yang pintar pintar ini semoga juga adek adeknya simarmata banyak simarmata yang sudah lari mejadi saragi semoga dengan adanya ini mereka kembali ke simarmata marga aslinya mereka. di indonesia bagian Timur susah kita menemukan SIMARMATA. BERJUANLAH wahai simarmata jangan tertidur lihat marga-marga lain sudah pada jadi MENTRY.

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Bupati Sampaikan Nota Pengantar R-APBD Humbahas 2008 Rp361 Miliar Lebih
Artikel selanjutnya :
   » » ”Dukung Saya ya…!”