Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Minggu
9
Des '07

Pemilik dan Pemakai Sama-sama Resah


BISNIS sewa-menyewa mobil yang dikelola oleh sebuah perusahaan bernama Year´s Groups Trade & Enginering (YGT&E) Lhokseumawe ternyata memunculkan masalah yang tidak ringan. Dalam pekan-pekan terakhir ini, baik pemilik mobil maupun pemakai sama-sama resah. Bahkan kuasa hukum pemilik mobil yang berkantor di Medan memberikan warning, bisa saja pemakai terjerat tindak pidana sebagai penadah.

Kuasa hukum pemilik mobil, Rosnelly SH mengimbau pemakai mobil (yang berasal dari Year´s Group) untuk segera mengembalikan mobil yang dipakainya, baik secara langsung kepada pemilik maupun kepada kuasa hukum pemilik.
Rossnelly yang berkantor di Platina I, Lingkungan IX, Kelurahan Titipapan, Kecamatan Medan Deli kepada Serambi, Sabtu (8/12) mengatakan, pemilik mobil semakin resah karena hingga Sabtu kemarin mobil mereka belum diketahui keberadaannya.

Menurut Rossnelly, pemakai mobil (bukan pemilik) bisa juga terjerat hukum jika mobil yang dikuasainya tidak dikembalikan. Bahkan, katanya, pemakai bisa dijerat tindak pidana sebagai penadah.

Berdasarkan informasi dari kliennya, semula pemilik mobil menyerahkan mobil mobil mereka kepada Cut Yetti dalam bentuk kontrak sewa pakai (rental). Dalam kontrak tersebut Cut Yetti dibenarkan untuk menyewakan kembali kepada pihak lain (instansi).

Namun kenyataannya, kata Rossnelly, tersangka Cut Yetti bukan merentalkan mobil mobil tersebut, akan tetapi mobil mobil tersebut dijadikan sebagai jaminan atas pengakuan utang Cut Yetti kepada pemakai mobil sebesar antara Rp 25 juta sampai Rp 70 juta per unit.

Di dalam pengakuan utang dan penyerahan jaminan, Cut Yetti menyerahkan mobil kepada pemakai mobil untuk waktu setahun. Dengan demikian, menurut dugaan Rossnelly, pinjaman uang tunai tersebut diberikan pemakai mobil bukan dalam hal sewa-menyewa (rental) mobil.

Setelah mobil diterima pemakai, tidak tertutup kemungkinan mobil mobil tersebut dipindahtangankan kembali kepada pihak lain sebagai jaminan juga, ujar Rossnelly.

Pemakai juga resah
Dalam kasus yang terkait Year´s Group tersebut, pihak pemakai juga tak kalah resah. Keresahan yang paling nyata adalah karena uang sewa sudah disetor ke Year´s dan masa sewa sedang berjalan. Bahkan, untuk ´menguasai´ satu unit mobil, uang yang dikeluarkan pemakai mencapai paling rendah Rp 40 juta (sebagai bentuk jaminan) selama setahun. Bagaimana nggak resah kalau begini. Uang yang sudah kami keluarkan tak diketahui bagaimana kelanjutannya. Kami juga dikejar-kejar aparat hukum dan pemilik mobil, ujar seorang penyewa yang minta namanya tak ditulis.

Yetti juga dirugikan
Sedangkan di pihak lain, Direktris CV Year´S Group Trade & Engineering (YGT&E) Lhokseumawe, Cut Yetti Indra (44), warga Jalan Seulawah Kompleks PT PIM, Krueng Geukueh, Lhokseumawe juga merasa sangat dirugikan, terutama oleh pihak kepolisian yang menangkapnya dan kemudian menjadikannya sebagai tersangka.

Atas kejadian itu, Cut Yetti Indra mempraperadilankan pihak kepolisian. Untuk proses hukum tersebut, Cut Yetti Indra mempercayakan Hendrick Parlaungan Soambaton SH dan Bahota Silaban SH sebagai pengacaranya.

Pengacara Cut Yetti sudah mendaftarkan permohonan pra peradilannya pada Rabu 5 Desember 2007 di Pengadilan Negeri Medan yang diterima di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Medan, H Edy Nasution SH

MH. Permohonan praperadilan yang ditujukan kepada Ketua Pengadilan Negeri Medan ini, menurut Hendrick kepada Serambi, beberapa hari lalu, akan disidangkan di Pengadilan Negeri Medan, Senin 10 Desember 2007. Kita tunggu saja bagaimana perjalanan dan akhir dari kasus yang menggegerkan ini.

Sumber : (lau/nas) Serambi News


Baru ada 1 tanggapan untuk artikel “Pemilik dan Pemakai Sama-sama Resah”

  1. Tanggapan rudi silaban:

    saya setuju akan tanggapan anda pak semoga silaban smkn trknl di dunia ini .hidup silaban

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.