Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Sabtu
8
Des '07

Kanwil Depagsu Mendukung Dan Mendoakan Natal Umat Kristen 2007


Perayaan Natal Umat Kristen 2007 diharapkan jangan hanya menonjolkan kesuksesan acara dari sisi seremoni belaka tapi juga pada substansi yang lebih mendasar dari makna Natal itu sendiri. Artinya bahwa penghayatan dan pengamalan umat terhadap perkembangan zaman adalah hal yang paling penting.
Hal itu disampaikan Kakanwil Depagsu, Drs H Syariful Mahya Bandar MAP saat menerima Panitia Natal Umat Kristen Sumut 2007 diketuai Ir GM Chandra Panggabean di ruang kerjanya, Kamis (6/12).
Kakanwil mengatakan Kanwil Agama menyambut baik Perayaan Natal Umat Kristen 2007 yang akan digelar 28 Desember di Stadion Teladan sebagai Natal bersama umat Kristen yang pertama.

Saya merasa mendapat kehormatan atas kunjungan panitia yang sangat berharga dan berterimakasih atas dukungan dan akan terus membuka komunikasi setiap saat terhadap panitia dan umat Kristen di Sumut
Syafiful Mahya yang baru beberapa minggu dilantik sebagai Kakanwil Depagsu juga berharap dalam menjaga kerukunan umat beragama di Sumut umat Kristen berperan dan langkah yang dilakukan panitia merupakan langkah maju tinggal bagaimana mengkomunikasikannya menjadi satu gerak dan langkah sehingga perayaan berlangsung aman, tertib dan sukses. “Kalau diundang, insya Allah saya akan datang dan saya berharap saya bisa hadir”, ujarnya.

Syaiful yang didampingi sejumlah stafnya masing-masing Nimrot Tambunan, Victor Lumbantoruan, Dorlen Sianturi dan MT Hasugian berterimakasih karena panitia telah mempersiapkan segala sesuatunya khususnya dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu Kabid Bimas Kristen Kanwil Depag Provsu, Drs Blider Silaban STh yang turut mendampingi Kakanwil mengatakan apa yang digagasi dan dikerjakan para Panitia Natal Umat Kristen Sumut 2007 yang diketuai Ir GM Chandra Pangabean adalah untuk, “Kesatuan dan Persatuan Umat Kristen”, sangat penting.

Kalau “Ora et Labora” adalah motto bagi orang-orang yang masih muda kekristenannya dan akan semakin matang dan dewasa dalam Kristen dengan motto, “Labora Ex Oratione” artinya berdoa sambil bekerja juga diartikan bahwa apa yang dipikirkan apa yang digagasi dan apa yang dikerjakan, diamati, diteliti dilakukan adalah “Doa Dihadapan Tuhan”.

Dijelaskannya ada beberapa dominasi gereja di Sumut sekarang mengalami kemelut internal yang mungkin menjadi penghalang “damai untuk semua”. Sehingga diharapkan melalui Pesta Perayaan Natal Umat Kristen Sumut 2007 akan terwujudnyatakan yang dikemukakan Tuhan Yesus Kristus yang tertulis dalam Johanes 17 ayat 21, “ Supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku”.

Blider Silaban juga menyampaikan bahwa Bidang Bimas Kristen Kanwil Depag Provsu secara khusus akan mendoakan dan mendukung kegiatan yang sangat mulia itu. Kami merasa mendapat kehormatan dan berbahagia atas kedatangan panitia dan berharap Tuhan memampukan dan memberkati panitia dan semua umat Kristen di Sumut.

Ketua Umum Panitia Natal Umat Kristen Sumut 2007, Ir GM Chandra Panggabean yang didampingi, Wakil Ketua, JA Ferdinandus, Aliozisokhi Fau SPd dan Ir Binsar Situmorang melaporkan bahwa panitia yang diangkat oleh Forum Komunikasi dan Konsultasi Gereja-gereja di Sumut (FKKDSU) merupakan forum gereja-gereja yang terdiri dari 10 denominasi gereja.

Sementara itu perayaan natal yang merupakan perayaaan pertama di Sumut dengan melibatkan seluruh gereja, kelompok marga, dan paguyuban etnis sehingga panitia akan berusaha keras merancang acara sebaik mungkin dengan meminta petunjuk dan arahan dari semua elemen gereja dan juga pemerintah serta organisasi keagamaan yang ada di Sumut.

JA Fedinandus menambahkan laporan dari Ketua Umum mengatakan bahwa tujuan dari Natal Umat Kristen Sumut adalah untuk menegakkan salah satu dasar teologi kerukunan. Rukun dulu antar sesama umat baru rukun dengan umat lain sebagai sesama. Ditambahkannya panitia juga berencana akan beraudiensi dengan Ketua MUI Sumut namun hingga saat ini belum dilaksanakan karena Ketua MUI masih di luar kota.
Panitia juga telah menyurati pimpinan-pimpinan universitas di kawasan Teladan. Karena panitia menyadari kawasan Teladan akan digunakan sebagai tempat parkir atau sebagainya. Panitia berusaha benar-benar melakukan satu kegaiatan agama yang tidak mengganggu masyarakat. Restu dari masyatakat juga sesuatu hal yang cukup penting dalam pelaksanaan perayaan Natal.

Pada kesempatan itu panitia menyempatkan diri untuk menyampaikan ucapan selamat kepada Kakanwil Agama yang baru dilantik. Pertemuan yang berlangsung singkat dan akrab itu diakhiri dengan foto bersama.

Sumber : (M15/c) Harian SIB, Medan


Ada 3 tanggapan untuk artikel “Kanwil Depagsu Mendukung Dan Mendoakan Natal Umat Kristen 2007”

  1. Tanggapan blend:

    Horas, Lam kenal mas. setuju2… supaya tercipta kerukunan antar umat beragama. Kita tidak boleh menyimpan berkat sendiri tapi berkat itu harus kita bagikan pada sesama/oarang lain.Sukses

  2. Tanggapan freddy lumbantoruan:

    sebagai sarana sains bahwa umat kristiani, harus memaknai natal. saya mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh stap harian SIB khususnya pinpinan harian SIB. Mudah mudahan dengan semangat natal, IPTEK terutma para sains indonesia dapat meneruskan karya-karya bapak genius prof.Dr.Pantur Silaban. dan juga aktifitas seluruh umat kristiani berjalan dengan lancar. Immanuel.

  3. Tanggapan Freddy lumbantoruan:

    horas, syalom! saya sangat senang dengan Natal tahun ini. dan sangat setuju dengan hal-hal yang dapat memotivasi generasi muda khususnya dan masyarakat umumnya. mudah-mudahan hal ini dapat memupuk rasa solidaritas/persaudaran umat kristiani juga antar umat beragama. God bless you.

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.