Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Minggu
2
Des '07

Hotel-hotel Melati dan Pondok Wisata Berpeluang Sajikan Fasilitas “Bintang”


Sektor perhotelan kelas melati di Sumut dinilai tetap berpeluang memperoleh pangsa pasar tamu dari kalangan wisatawan internasional maupun lokal, bila mampu menyajikan fasilitas yang sekelas dengan hotel-hotel bintang pada beberapa bagian unit hotel atau penginapannya.

Ketua Badan Pengurus Daerah Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (BPD PHRI) Sumut, Dr (HC) Drs Layari Sinukaban MBA, menyatakan kalangan pengusaha hotel melati tak perlu mengeluhkan maraknya perkembangan atau pembangunan hotel-hotel berbintang di daerah ini sebagai indikasi ancaman yang akan mematikan usaha hotel melati. Selain karena hotel-hotel telah memiliki pangsa pasar tamu masing-masing, juga kehadiran hotel bintang justru sekaligus menjadi peluang.

“Maraknya pembangunan hotel bintang termasuk di Medan atau Sumut sendiri, tak perlu diresahkan. Pasar hotel melati takkan mati. Bahkan, hotel melati juga bisa tampil seperti hotel bintang hanya dengan menyajikan layanan atau fasilitas hotel bintang pada beberapa unit hotelnya. Misalnya, buat ranjang model spring bad pada beberapa kamar dengan tatanan yang bagus sehingga mirip dengan hotel bintang.
Hotel-hotel melati kan berkembang di daerah ini,” katanya kepada pers di Medan, Jumat (23/11) kemarin.

Dia mengutarakan hal itu pada acara pelatihan pimpinan usaha hotel melati dan pondok wisata se-kabupaten Deli Serdang, yang diikuti 80-an peserta di aula Taman Rekreasi Hairos Indah Medan Selayang. Hadir antara lain Kepala Dinas Pariwisata & Seni Budaya (Diparsenibud) Kab Deli Serdang Ngatasi Ginting SH bersama Kasubdis Penyuluhan Putra Jaya Manalu SE. Acara pelatihan SDM pariwisata bidang perhotelan di Deli Serdang itu disebutkan pertama kali dilaksanakan dalam sejarah kepariwisataan Deli Serdang.

Sejumlah pengusaha hotel melati dan taman rekreasi yang hadir itu, antara lain Syarifuddin Siba SH dari Siba Island, Haidir Surbakti dari Hairos Indah, T Tampubolon dari Hotel Deli Indah Lubuk Pakam, Kawali Ginting dari Taman Pemandian Umum Pulo Sari Tuntungan, S Silaban dari PT Ancol Indah Pantai Labu, dll.
Sedangkan para pembicara yang tampil adalah Hasan Harahap (GM Hotel Semarak Medan) dengan topik Manajemen Perhotelan, Drs Hasrun Tanjung SE (Dosen Fak Pariwisata USU) dengan topik Customer Service, Drs Edi Winata MM (Marketing Manager INNA Parapat) tentang Strategi Pemasaran Hotel dan Anggiat P Sitinjak (Aryaduta Hotel Medan).

“Kesempatan acara pelatihan SDM hotel melati ini juga dijadikan sebagai forum komunikasi yang sekaligus menjajaki peluang kemitraan untuk memperoleh bantuan kredit perbankan dalam pengembangan usaha perhotelan melati selaku skala usaha kecil menengah (UKM). Pihak Pemkab Deli Serdang melalui Diparsenibud telah siap memberikan rekomendasi dan kami dari PHRI Sumut juga siap memfasilitasi proses perolehan kredit dari bank itu, misalnya dari BRI,” ujar Layari Sinukaban optimis sembari menyebutkan pernyataan Presiden SBY pada acara pencanangan UMKM Nasional di Jakarta pada 5 November lalu.

Sumber : (M9/l) Harian SIB, Medan


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » RI launches training programs for unemployed youths
Artikel selanjutnya :
   » » Punguan Manik Raja Dukung Syamsul Arifin Jadi Cagubsu