Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Senin
26
Nov '07

Banyak RS [rumah sakit] Tanpa IPAL [instalasi pengolahan limbah]


Rumah sakit dan laboratorium klinik di Surabaya ternyata banyak yang belum memiliki instalasi pengolahan limbah (IPAL). Padahal, limbah medis memerlukan penanganan serius karena bisa berdampak pada kesehatan masyarakat sekitar.

Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Surabaya mencatat kebanyakan RS yang tidak mempunyai IPAL adalah RS swasta dan hanya sebagian saja yang memiliki IPAL. Pemusnahan limbah medis syaratnya harus dibakar dengan suhu minimal 1.000 derajat celcius oleh karena itu memerlukan sebuah incenerator.

Kepala BPLH Kota Surabaya Togar Arifin Silaban
menyatakan, selain RS, puskesmas dan laboratorium klinik juga banyak yang tidak mempunyai IPAL. Bahkan, untuk laboratorium klinik, dari sekitar 120 buah yang ada di Surabaya, tak satu pun yang punya IPAL memadai.

Sebagian dari laboratorium klinik, menurut Togar, diketahui hanya memiliki septictank untuk membuang limbah industri. Togar menambahkan, memang secara dokumentasi, sebagian dari RS, puskesmas, maupun laboratorium klinik ini menjalin kerja sama pengolahan limbah industri dengan RSU dr Soetomo.
Sebab, RSU dr Soetomo sudah memiliki incenerator, alat pembakar sampah medis berskala besar. ”Kalau berdasarkan dokumennya, sebagian ada yang sudah kerja sama dengan RSU dr Soetomo. Apalagi di dr Soetomo kapasitas pengolahan limbahnya juga baru terisi 80%,” katanya.
Bahkan, lanjut Togar, BPLH pernah menemukan pembuangan sampah medis ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo.  Sayangnya, Togar tidak menjelaskan RS atau laboratorium klinik mana saja yang belum mempunyai IPAL.

Sumber : (dos) Surya Online, Surabaya


Baru ada 1 tanggapan untuk artikel “Banyak RS [rumah sakit] Tanpa IPAL [instalasi pengolahan limbah]”

  1. Tanggapan rudy:

    mohon informasi lengkap ttg pengelolaan ipal RS

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.