Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Kamis
8
Nov '07

Pembangunan IPAL [Instalasi Pengolahan Air Limbah] Kali Surabaya Terhambat Dana


Setelah terjadi pencemaran di Kali Surabaya beberapa waktu lalu, Pemkot Surabaya berinisiatif akan membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) terpadu. Sayangnya, keinginan ini terbentur masalah biaya.

Ide pembuatan IPAL terpadu untuk mencegah pencemaran Kali Surabaya terjadi lagi. IPAL terpadu adalah instalasi dimana seluruh industri membuang limbah di tempat itu. Jika ada IPAL terpadu, pengawasan mudah dilakukan.

“Kami berkeinginan membangun IPAL terpadu untuk meminimalisir terjadi pencemaran lagi,” tutur Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) Surabaya Togar Silaban saat ditemui detiksurabaya.com di kantornya Jalan Jimerto, Kamis (8/11/2007) siang.

Jumlah industri di stren Kali Surabaya yang masuk dalam pengawasan Pemkot Surabaya sebanyak 12 industri. Keseluruhan industri telah memiliki IPAL sendiri.

Hanya saja, tiap industri memiliki IPAL belum tentu tidak membuang limbah ke Kali Surabaya. Karena dicurigai masih banyak yang memiliki pipa pembuangan limbah yang tersembunyi atau pipa siluman.

“Ketika mengurus pendirian industri, persyaratannya harus memiliki IPAL. Namun tidak menutup kemungkinan industri itu punya pipa siluman,” tambahnya.

Sumber : (Steven Lenakoly-stv/bdh)  DetikSurabaya, Surabaya


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Pencemaran Kali Surabaya, Sumber Pencemaran Diduga Dari Mojokerto
Artikel selanjutnya :
   » » Pemkot Akui Bukan Prioritas