Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Rabu
31
Okt '07

BNN: Bahan Kimia untuk Buat Shabu di Batam Diimpor dari China


Kepala Pelaksana Harian Badan Narkotika Nasional, Made Mangku Pastika menyatakan, bahan kimia untuk membuat shabu di kota Batam, diimpor dari China.

“Bahan bakunya didatangkan langsung dari China dan masuk ke Batam lewat jalur laut,” kata Pastika di sela-sela seminar mencari tanaman alternatif ganja di Jakarta, Rabu. Ia mengatakan, prekursor (bahan pembuat) shabu itu didatangkan secara ilegal atau diselundupkan.

“Tidak ada keterlibatan importir nasional terkait dengan masuknya prekursor ke pabrik shabu di Batam,” katanya. Pastika mengemukakan, ahli kimia dari Amerika Serikat yang ikut meneliti kandungan bahan kimia juga telah menyimpulkan bahwa prekursor yang ditemukan polisi dapat dijadikan shabu hingga lima ton.

“Itu baru bahan kimia yang disita petugas. Yang disita saja dapat menjadi lima ton shabu apalagi yang belum ditemukan,” katanya.

Ia juga belum dapat memastikan apakah shabu yang di Batam ini memiliki hubungan shabu yang ditemukan di Teluk Naga, Tangerang, akhir 2006 lalu sebanyak 956 kg.

“Belum ada bukti bahwa shabu di Batam terkait dengan yang di Teluk Naga kendati tetap ada kemungkinannya,” katanya.

Polisi menemukan empat lokasi pabrik shabu di Batam, dua pekan lalu dan menyita aneka bahan kimia dalam jumlah besar antara lain 990 galon aceton, 613 galon hydro chlorid acid,1.000 galon chloroform dan 800 kg sodium hydroxide,  Selain itu ditemukan pula 75 kg trichlorida isocyanuric acid, 350 kg garam, 1.000 kg bubuk bahan kimia yang belum diketahui jenisnya, 330 galon cairan kimia yang yang belum diketahui jenisnya, 150 galon cairan methaphetamine, 21,5 kg sodium hidroxide, dan 35 galon hydroclrolic acid, 150 galon shabu kristal.

Polisi menangkap enam tersangka yakni dua warga negara Taiwan (Wang Chin I, Tsai Tsai Cheng) serta empat WNI (Jaelani Usman, Darwin Silaban, Syaed Abubakar, dan Apeng).

Sumber :( antara/abi) Republika Online, Jakarta


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Kali Surabaya Kritis, Beban Berat PDAM
Artikel selanjutnya :
   » » Tak terlibat Sabu-sabu Empat Tersangka Dibebaskan