Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Sabtu
27
Okt '07

Lima Kawanan Perampok Ditangkap


Bawa Kabur Uang Tunai Rp150 juta

Lima kawanan perampok diringkus tim gabungan Polda Sulteng dan Polres Tolitoli di wilayah Pasangkayu, Mamuju Barat, Jumat dinihari (26/10). Saat ditangkap, kelima tersangka tidak memberikan perlawanan karena sedang naik mobil umum tujuan Majene, Sulawesi Selatan. Saat itu juga para tersangka dan barang bukti langsung diamankan ke Polda Sulteng. Sore kemarin para tersangka langsung dibawa ke Polres Tolitoli mengingat lokasi kejadian perampokan berada di desa Ogotua antara Kecamatan Dampal Selatan dan Dampal Utara Kabupaten Tolitoli.

Kasat I Polda Sulteng, AKBP B Silaban kepada Radar Sulteng menjelaskan, awalnya satu tersangka yang menjadi otak perampokan ditangkap bernama, Bosman (35). Dari hasil pengembangan, akhirnya tim gabungan meringkus empat tersangka lainnya di wilayah Pasangkayu, Mamuju Barat. Keempat tersangka diketahui bernama, Dullah, Roni, Ami dan Sudin. ‘’Dua tersangka lainnya masih buron. Namun identitasnya sudah kita ketahui,'’ jelas Silaban didampingi Kasat Reskrim Polres Tolitoli, AKP Wuryantono, kemarin (26/10).

Mantan Kepala SPN Labuan Panimba itu mengatakan, selain mengamankan lima tersangka, aparat juga menyita barang bukti uang tunai, handphone dan dua kendaraan sepeda motor. Hanya saja, uang tunai yang diamankan sudah berkurang karena sudah dibagi-bagi dan sebagian dibelikan barang. ‘’Dari Rp150 juta yang dilaporkan korban, sisanya sekitar Rp50 jutaan,'’ tegas Silaban.

Diperoleh keterangan di Polda Sulteng, kasus perampokan terjadi Senin (22/10) lalu, menimpa korban-Malik warga Bangkir, Kecamatan Dampal Selatan. Korban yang juga Ketua PPK Kecamatan Bangkir disebutkan, usai mengambil uang tunai Rp150 juta di BRI Cabang Dampal Selatan. Dalam perjalanan menuju Dampal Utara tersebut katanya, korban dihadang tiga kawanan perampok menggunakan kendaraan sepeda motor. ‘’Korban tidak berdaya karena diancam kawanan perampok dengan senjata tajam,'’ terang Kasat Reskrim AKP Wuryantono.

Dari laporan korban dan keterangan para saksi lanjutnya, kawanan perampok berhasil diidentifikasi dan dilakukan pengejaran. Satu ditangkap saat hendak menumpang kapal laut dan empat lainnya ditangkap di Pasangkayu, Mamuju Barat. ‘’Karena TKP di wilayah Toltoli, proses hukumnya menyesuaikan,'’ terang Wuryantono ditemui Mapolda Sulteng.

Sesuai perbuatannya lanjut Kasat Reskrim Polres Tolitoli itu, para tersangka dijerat pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun. Dia juga masih memburu dua tersangka lainnya. Yang jelas katanya, peran tersangka berbeda-beda. ‘’Otak perampokan bernama Bosman ternyata kenal dengan korban. Dia pernah menjadi mandor (pengawas) PPK setempat,’’sebutnya seraya mengatakan, perampokan sudah direncanakan para tersangka sejak bulan lalu.

Sumber : (lib) Radar Sulteng, Palu


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.