Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Senin
8
Okt '07

Pembahasan Tinggal Soal Pembebasan Pajak


Pemerintah menilai tidak perlu lagi ada perubahan terhadap substansi Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Jaminan Kompensasi Pemutusan Hubungan Kerja.
Pembahasan terakhir tinggal mengenai pasal yang mengatur soal pembebasan pajak untuk hasil pengembangan investasi dana cadangan.

“Kami akan rapat lagi bersama di Istana Wakil Presiden untuk membahas lagi soal (pembebasan) pajak. Setelah pembahasan ini tuntas, draf akan diproses di Sekretariat Negara lalu masuk ke Presiden,” kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno kepada wartawan di Surabaya, Sabtu (6/10).

Erman mengatakan, proses pembahasan akan menentukan apakah hasil pengembangan investasi dana cadangan jaminan pesangon dibebaskan dari pajak atau tidak.

Pembebasan pajak akan sangat berarti bagi pekerja karena mereka bisa merasakan manfaat langsung dari kegiatan pengembangan dana cadangan pesangon tersebut oleh pengelola dana.

Dari 100 juta pekerja saat ini, baru 33 juta orang di antaranya yang tertampung di sektor formal. Sisanya, sebanyak 67 juta orang, bekerja di sektor informal.

Pada sektor formal, hampir 99 persen di antaranya masih bergaji di bawah Rp 5 juta per bulan yang kesejahteraannya rentan. Oleh karena itu, pemerintah menginginkan agar RPP tentang Jaminan Kompensasi PHK segera disahkan untuk melindungi pekerja jika terjadi sesuatu pada perusahaan.

Di Jakarta, Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (K-SBSI) Rekson Silaban mengatakan, pemerintah harus menyiapkan opsi-opsi keringanan bagi perusahaan yang tidak mampu membayar iuran jaminan pesangon.

Opsi itu bisa meniru landasan hukum yang mengatur tentang kewajiban perusahaan membayar tunjangan hari raya (THR) kepada pekerja dan buruh.

Sumber : (ham) Kompas, Surabaya


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.