Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Kamis
20
Sep '07

KRPH2 Unjukrasa ke Kantor Bupati dan DPRD Humbahas


Puluhan massa KRPH2 (Komite Rakyat Peduli Humbang Hasundutan) dengan membawa spanduk dan selebaran berunjukrasa ke kantor Bupati dan DPRD (Humbahas), Rabu (19/9). Aksi itu aman, tidak anarkis dan dikawal aparat Polres Humbang Hasundutan.

Sesuai dengan suratnya, KRPH2 gabungan dari Perhimpunan Perjuangan Masyarakat Adat, MPPK2N Kabupaten Humbahas, Lembaga Pemantau Pembangunan Indonesia, Lembaga Pencari Fakta, DPC Partai Pelopor Kabupaten Humbahas, DPC PNI Marhaenisme Kabupaten Humbahas, Forum Rakyat dan Mahasiswa Sumut, DPC Barisan Muda Damai Sejahtera Humbahas, Barisan Indonesia Bersatu dan wartawan.

Dalam orasinya massa mendesak agar jabatan Sekdakab Humbahas Martuaman S Silalahi SH dicopot, tolak pengadaan mobil dinas bupati tahun anggaran 2007 Rp 800 juta, usut indikasi KKN dalam pengadaan barang dan jasa tahun 2007 di setiap instansi, usut tuntas indikasi suap Pemkab Humbahas kepada DPRD Humbahas Rp1,2 miliar untuk memuluskan pengesahan APBD 2007 termasuk pupuk bersubsidi untuk petani. Massa juga mendesak DPRD harus mengadukan setiap pelanggaran hukum yang terjadi di Pemkab Humbahas. Aparat hukum dalam hal ini kepolisian, kejaksaan, KPK harus segera mengusut semua dugaan korupsi di Pemkab Humbahas.

Ketua DPRD Humbahas Bangun Silaban SE mengatakan siap menerima segala keluh kesah dan aspirasi masyarakat tapi harus dengan sopan dan penuh tata krama karena masyarakat Humbahas masih punya hubungan kekeluargaan.

Mengenai pengangkatan Sekdakab Martuaman S Silalahi SH, anggota DPRD Humbahas tidak berhak menyatakan bahwa SK-nya cacat hukum dan sudah ada undang-undang yang mengaturnya. Sedangkan pembelian mobil dinas Bupati Humbahas Rp 800 juta sangat wajar bila dibandingkan dengan mobil dinas para kepala daerah lain. Pembelian mobil dinas tidak perlu dipersoalkan karena itu sudah dianggarkan sesuai dengan prosedur.

Tentang isu suap Rp 1,2 miliar dari Pemkab Humbahas kepada DPRD Humbahas untuk memuluskan pengesahan APBD 2007, Bangun Silaban SE yang juga Ketua Partai Demokrat Humbahas dengan tegas mengatakan itu bohong besar dan tidak benar. “Anggota DPRD Humbahas sudah rapat khusus mengenai itu. Kami anggota dewan siap berhadapan dengan hukum apabila temuan itu ada” tegas Bangun sambil mengungkapkan bahwa anggota DPRD Humbahas tidak tidur dan mandul seperti yang diungkapkan massa.
Ketua Partai Golkar Humbahas Charles Siregar didampingi Ketua LADN (Lembaga Adat Dalihan Natolu) Humbahas TN Nainggolan ketika dimintai komentarnya menjelaskan bahwa isu itu hanya untuk kepentingan segelintir masyarakat.

Dikatakan, pengangkatan Sekdakab Martuaman S Silalahi SH sudah sesuai dengan mekanisme. Untuk itu diharapkan masyarakat Humbang Hasundutan jangan mau terpancing dengan isu-isu yang ingin membuat Humbahas tidak kondusif. “Marilah kita tingkatkan persatuan dan kesatuan supaya visi dan misi Pemkab Humbahas dapat tercapai. Seharusnya kita harus bersyukur setelah terbentuknya Kabupaten Humbahas 4 tahun lalu, sehingga pelayanan terhadap pemerintah semakin dekat. Marilah kita bangun Humbahas ini dengan teori kebersamaan untuk maju. Apabila situasi tidak kondusif maka masyarakat Humbahas yang rugi sendiri,” tegas Charles Siregar dan TN Nainggolan.

Sumber : (T10/l) Harian SIB, Doloksanggul


Baru ada 1 tanggapan untuk artikel “KRPH2 Unjukrasa ke Kantor Bupati dan DPRD Humbahas”

  1. Tanggapan Frikelly Silaban:

    menurut pemikiran saya asyarakat humbanghas itu perlu dibentuk dulu pola pikirnya untuk menjadi maju. jangan ada karen ingin kepentingan tertentu, maka ditimbulkan isu. klo memang itu niat baik silahkan untuk diteruskan ke pengadilan dengan disertai info yang real dan dapat dipertanggungjawabkan. selamat berjuang!!!!!!

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.