Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Senin
10
Sep '07

Sembilan Kriteria Cagubsu Diputuskan


Empat partai akhirnya selesai merumuskan sembilan kriteria yang akan mereka usung dalam Pilgubsu 2008 mendatang. Rumusan kriteria Cagubsu (Calon Gubernur Sumut) yang terdiri dari Partai Demokrat, Partai Pelopor, PNBK, dan Partai Buruh itu dicetuskan dalam dialog bertema “Mencari Figur Gubernur/Wa-kil Gubernur yang Amanah dan Mampu Menyelesaikan Persoalan Sumatera Utara” yang diselenggarakan di Hotel Da-nau Toba Jalan Imam Bonjol Medan, Sabtu (8/9) lalu.

Turut terlibat dalam pembahasan tersebut pakar Antropologi Prof Dr Usman Pelly MA, pakar Sospol Dr M Arif Nasution MA, ekonom Drs Jhon Tafbu Ritonga Mec, kader partai, akademisi, dan undangan lainnya.

Jhonny Allen Marbun dari Partai Demokrat mengatakan, kriteria yang dirumuskan ini merupakan acuan dalam penjaringan Pilgubsu 2008 dari Partai Demokrat. Calon yang diseleksi nantinya akan diusung keempat partai yang berkoalisi tersebut.

Sekadar diketahui, hingga saat ini baru RE Siahaan (walikota Pematangsiantar) dan Marwal Silalahi (anggota DPR-RI) yang mendaftar sebagai Cagubsu dari Partai Demokrat. Sedangkan untuk Cawagubsu tercatat nama Bangun Silaban (Ketua DPRD Humbahas) dan Marwan Silalahi. Ke depan, kata Jhonny Allen, sekretariat akan terus menerima pendaftaran Cagubsu dan Cawagubsu.

Acara dialog itu sendiri berlangsung alot. Seluruh pembicara memaparkan makalahnya masing-masing dan ditanggapi peserta sehingga dirumuskan sembilan kesepakatan acuan penentuan Pilgubsu.

Koalisi Ummat Dideklarasikan

Di hari yang sama, Koalisi Ummat resmi dideklarasikan. Pendeklarasian itu langsung dibacakan Sekretaris Dewan Presidium Koalisi Ummat H Arifin Kamdi di Sekretariat Koalisi Ummat Jalan Setia Budi Medan. Kehadiran koalisi ummat ini merupakan wadah penyampaian aspirasi ummat guna mencari figur Cagubsu yang akan diusung dalam Pilgubsu 9 April 2008 mendatang.

Ketua Dewan Predisium Koalisi Ummat Anif Ray mengatakan, koalisi umat ini bukan bermaksud sebagai koalisi tandingan lima parpol Islam yang sedang berjalan di DPRD Sumut. Kolisi ini bersifat netral guna menyatukan suara ummat dalam menyongsong Pilgubsu. “Kami benar-benar ingin mencari pemimpin yang benar-benar diinginkan ummat. Makanya ke depan kami membutuhkan dukungan,” terang Anif.

Dijelaskannya, dalam pemenangan Pilgubsu ke depan, koalisi ummat akan mencari fugur cagubsu yang dapat memberantas kemungkaran dan menegakkan amal ma’ruf. Dalam impelementasinya, bisa saja koalisi ummat ini bersama-sama dengan parpol islam mencari figur cagubsu yang diinginkan rakyat. “Saat ini kami baru pendeklarasian saja, mengenai figur belum ada ditentukan,” terangnya.

Polling Bukan Jaminan

Sementara itu, Irjen Pol Purn Drs Darwan Siregar MSc menyatakan tidak peduli dengan hasil polling yang dilakukan sebuah lembaga suvei tentang peluang Cagubsu-Cawagubsu baru-baru ini. Mantan Kordinator Staf Ahli Kapolri menegaskan, hasil survei tidak memberikan jaminan pihak yang unggul dalam polling akan memenangkan Pilgubsu yang direncanakan dihelat 9 April 2008 mendatang.

Dalam pandangan Ketua DPD Pepabri Sumut ini, masyarakat Indonesia sudah lebih kritis menilai para kandidat yang akan mencalonkan diri baik selaku presiden, gubernur, bupati maupun walikota. Sehingga masyarakat tidak akan terpengaruh dengan hasil polling yang dilakukan dengan jumlah sample yang hanya seratusan itu.

“SBY dilihat masyarakat dari figur, tampang, penampilan dan tentu penyampaian visi dan misi sebelum Pilpres yang lalu,” katanya menjawab wartawan di sela-sela kegiatan gerak jalan HUT ke-48 Persatuan Purnawirawan TNI/Polri (Pepabri) Sumut di Lapangan Merdeka Jalan Pulau Penang Sabtu (8/9). Ia menambahkan ada satu kriteria yang tidak bisa di lupakan, yaitu trackrecord seorang kandidat.

Ditegaskan kembali oleh Darwan, masyarakat sudah makin kritis, sudah pintar dan mampu menilai calon gubernur yang akan dipilih untuk periode lima tahun ke depan.

Terhadap kandidat Gubsu yang lain, ia mengaku semua nama yang muncul yang disebut-sebut dalam media massa merupakan saingan berat. “Kita harus mengganggapnya berat supaya kita tetap siap dan mampu menghasilkan program pembangunan yang berdampak positif bagi masyarakat luas,” sebut Darwan.

Sumber : (dra/dmp) Sumut Pos Online, Medan


Ada 2 tanggapan untuk artikel “Sembilan Kriteria Cagubsu Diputuskan”

  1. Tanggapan fahrul rozi:

    saya mau calon gubsu mendatang yang lebih mementingkan perut rakyat,,,, tidak seperti calon2 yang cuma ingin mencari popularitas semata2. yang layak menjadi gubsu ke depan ialah: darwan siregar….karena beliau adalah sosok yang perhatian terhadap rakyat…. khususya rakyat sumatera utara….

  2. Tanggapan khairul:

    saya memingin gubsu yang akan datang dapat memberikan pelayan gratis berupa kesehatan dan pendidikan bagi seluruh masyarakat sumut.

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.