Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Senin
10
Sep '07

Pengangkatan Sekdakab Humbahas Martuaman Silalahi SH Tidak Perlu Lagi Diributkan


Pengangkatan dan pelantikan Sekdakab Humbahas (Humbang Hasundutan) Martuaman Silalahi SH tidak perlu lagi diributkan dan dipersoalkan elemen masyarakat. Namun yang perlu sekarang ini, supaya masyarakat luas sama-sama mendukung program pembangunan di Humbahas demi terciptanya visi dan misi menuju masyarakat mandiri dan sejahtera.

Demikian dikatakan Ketua DPD PPRN (Partai Peduli Rakyat Nasional) Kabupaten Humbahas Deka Silaban ST didampingi wakil ketua Mustapa Purba, sekretaris umum Marganda Pasaribu, wakil sekretaris Robert Lumbangaol dan Ketua DPC Kecamatan Doloksanggul Mangihut Demang Munthe kepada SIB, Jumat (7/9) di kantornya Jalan Merdeka Doloksanggul.

Deka Silaban menjelaskan sewaktu Martuaman Silalahi SH dilantik menjadi Sekdakab Humbahas tepatnya 24 April 2007 lalu tidak ada persoalan dan berjalan dengan aman dan lancar. Tapi kenapa setelah 4 bulan menjabat Sekdakab Humbahas ada lagi riak-riak yang mengatakan bahwa pengangkatan dan pelantikan Martuaman Silalahi SH bertentangan dengan undang-undang.

“Pengangkatan Martuaman Silalahi menjadi Sekdakab Humbahas tidak perlu lagi dipersoalkan tapi sekarang mari kita sama-sama mendukung program pembangunan yang saat ini sedang giat-giatnya dilaksanakan. Kabupaten Humbahas masih berusia 4 tahun, untuk itu marilah kita bangun Humbang Hasundutan ini dengan teori kebersamaan untuk maju,” himbau Deka Silaban.

Pengamatan SIB di lapangan, bahwa isu pelantikan Martuaman Silalahi menjadi Sekdakab Humbahas masih perbincangan hangat di masyarakat termasuk di kalangan PNS. Bahkan berbagai elemen masyarakat sudah melakukan delegasi dengan DPRD Humbahas, Rabu (29/8) lalu di gedung pertemuan DPRD Jalan Siborongborong KM 2 Doloksanggul. Dalam pertemuan itu, para delegasi mempertanyakan 3 hal penting yaitu pertama adanya indikasi Pemkab Humbahas menyuap anggota DPRD Humbahas Rp 1,2 miliar untuk memuluskan pengesahan APBD 2007. Kedua mengenai pengangkatan Martuaman Silalahi menjadi Sekdakab Humbahas dan ketiga pembelian mobil dinas Bupati Humbahas Rp 800 juta.

Mendengar pertanyaan itu, Ketua DPRD Humbahas Bangun Silaban SE didampingi wakilnya Bangun Hutasoit dan Kristian Situmorang menjelaskan bahwa isu suap memuluskan pengesahan APBD 2007 Rp 1,2 miliar sama sekali tidak benar. “Saya tegaskan bahwa kami anggota DPRD Humbahas tidak pernah menerima suap dari Pemkab Humbahas untuk pengesahan APBD 2007,” ungkap Bangun Silaban. Mengenai pembelian mobil dinas Bupati Humbahas Rp 800 juta sudah dianggarkan di APBD 2007 melihat kondisi wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan. Sedangkan mengenai pengangkatan Martuaman Silalahi SH sebagai Sekdakab Humbahas itu urusan Pemkab Humbahas, Gubsu dan Mendagri.

Khusus mengenai pengangkatan Sekdakab, Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing didampingi Kepala BKD Humbahas Drs Tonny Sihombing dan Kabag Infokom Osborn Siahaan BA mengatakan kepada SIB bahwa pengangkatan dan pelantikan Martuaman Silalahi SH menjadi Sekdakab Humbahas sudah sesuai dengan mekanisme.

Dikatakan, Bupati Humbahas mengusulkan tiga orang calon Sekdakab ke Gubernur Sumut yaitu Maju Lumbangaol SH, Poster Sianturi SH dan Martuaman Silalahi SH. Kemudian Gubernur Sumut mengadakan fit and profert test atau uji kelayakan dan kepatutan dan selanjutnya ketiga calon tersebut diusulkan ke Departemen Dalam Negeri. Sesuai dengan usul Pemprovsu, maka Depdagri membentuk baperjakat. Setelah dilakukan penilaian tim baperjakat maka Martuaman Silalahi SH dipilih dan layak sebagai Sekdakab Humbang Hasundutan. Setelah dipilih Martuaman Silalahi menjadi Sekdakab Humbahas, Bupati Humbahas membuat surat keterangan (SK) dan melantiknya.

Sumber : (T10/l) Harian SIB, Doloksanggul


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Pelaku Penyerangan Polisi Dilimpahkan ke Polres
Artikel selanjutnya :
   » » Sembilan Kriteria Cagubsu Diputuskan