Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Selasa
21
Agt '07

Hanya 40 Persen Pekerja Diasuransikan


Data yang dihimpun Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Pusat, tercatat hanya 40 persen dari 27 ribu tenaga kerja bekerja di sejumlah sektor se-Provinsi Riau yang diasuransikan perusahaan.

Realita ini dikemukakan Presiden KSBSI Pusat Rekson Silaban, Senin (20/8), saat kegiatan deklarasi SP-IKPP berafiliasi dengan FSB Hukatan KSBSI di Hotel Dyan Graha Pekanbaru. ‘’Kita cukup prihatin dengan kondisi Riau, karena hanya sekitar 40 persen saja tenaga kerjanya yang diasuransikan oleh perusahaan ke jasa asuransi pekerja Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek),’’ kata Rekson kepada wartawan.

Diungkapkannya, mengasuransikan tenaga kerja sesuai masa kerja yang diatur dalam UU Perburuhan, merupakan tanggungjawab dari perusahaan. Malangnya, cukup banyak perusahaan yang lepas tangan dan lebih memilih melakukan lobi-lobi dengan pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) selaku instansi pemerintah pengawas perusahaan.

Diakui Rekson, untuk menjamin supaya tenaga kerja diasuransikan oleh perusahaan, dituntut peran serta dari dinas terkait untuk mengawasi dan menegur perusahaan bila tak melaksanakan kewajibannya. ‘’Memang bila dibandingkan harus mengasuransikan ratusan karyawan dengan melakukan lobi-lobi ke pengawas tenaga kerja di Disnaker, perusahaan cenderung memilih jalan mudah dan murah. Sehingga hak tenaga kerja jadi terabaikan,’’ jelasnya.

Untuk itulah Rekson mengimbau ke kepala daerah melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) supaya mengawasi perusahaan untuk memastikan mengasuransikan tenaga kerja yang dipekerjakan. Sebab mengasuransikan pekerja merupakan keharusan bagi perusahaan.

Sumber : (kaf) Riau Pos, Pekan Baru


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Membongkar Arsip Soekarno Hingga Soeharto
Artikel selanjutnya :
   » » Trio Aceh ke Lomba Kihajar Nasional