Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Kamis
9
Agt '07

Pemkab Didesak Turun Tangan


Keluarga tenaga kerja asal Kab Subang yang bekerja di pulau lepas pantai Teluk Pulai Palembang,Sumatera Selatan, mendesak Pemkab jemput kerabatnya.

Nahmid,orangtua dari Sutisna, meminta Bupati Subang Eep Hidayat segera berangkat ke Teluk Pulai Palembang, untuk menjemput putranya serta puluhan pekerja lain asal Kab Subang. Dia khawatir akan keselamatan putranya, setelah kepulangan enam orang rekan Sutisna yang menceritakan kondisi mereka di sana.

”Kami memohon Bapak Bupati bisa secepatnya membawa anak saya pulang ke Subang,”pinta Nahmid. Hal senada diungkapkan Kepala Desa Kasomalang Wetan, Kec Jalancagak,Adang Rahayu. Menurutnya, sejak 9 Juli sebanyak 22 warganya berangkat ke Palembang untuk bekerja di sebuah perkebunan milik PT SPK Reading Palembang.

Namun setelah mendengar kejadian yang dialami warganya, dia berharap pekerja yang masih berada di Palembang dapat segera dipulangkan. ”Saya berharap, Pak Bupati bisa membantu permintaan warga kami untuk memulangkan mereka. Karena, hal ini sudah menjadi pikiran keluarga yang ada di sini,” ujarnya.

Sementara Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Subang Yoyo Kusdriyo mengatakan, pihaknya siap membantu pemerintah jika dilibatkan untuk memulangkan 82 pekerja asal Subang. ”Jika dibutuhkan, kami siap membantu pemkab. Kami akan lakukan koordinasi dengan KNPI di sana. Sebab, ini menyangkut nasib pemuda kita,” paparnya.

Selain warga asal Subang yang bekerja di Palembang, ratusan pekerja lain asal Jawa Barat, seperti Indramayu, Sumedang, Majalengka,Tasikmalaya, Ciamis,telah lebih dulu berada di sana sejak tiga tahun silam.

Menurut Dadan, seorang pekerja yang berhasil pulang, kepergian mereka ke Palembang karena tergiur gaji dan fasilitas yang akan didapat. Menyikapi desakan warga untuk melakukan penjemputan pekerja asal Subang, Bupati Subang Eep Hidayat berjanji, pada Sabtu (11/8) mendatang pihaknya segera terbang ke Palembang untuk melakukan komunikasi dengan pihak perusahaan dan pekerja,guna mendapatkan informasi sebenarnya.

”Jika benar mereka ditelantarkan, kami akan segera membawa mereka pulang. Namun, tidak menutup kemungkinan kami minta kepada pihak perusahaan untuk melegalkan pekerja dari kami,sehingga mereka mendapatkan hak-hak dari perusahaan,” ujar Eep seusai mendengarkan pandangan umum fraksi-fraksi DPRD, kemarin

Rencananya, keberangkatan Bupati ke Palembang melibatkan aparat kepolisian dan Dinas Tenaga Kerja setempat. Sementara itu, Kepala Sub Dinas Informasi dan Penempatan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Subang Tunggul Silaban, kemarin, mendatangi keluarga korban di daerah Desa Kasomalang Wetan, Kec Jalancagak untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Sumber : (annas nashrullah)   Koran Sindo, Subang


Baru ada 1 tanggapan untuk artikel “Pemkab Didesak Turun Tangan”

  1. Tanggapan annas nashrullah:

    thanks udah turut serta menyebarkan info itu…

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Dana Dinkes Sudah Dipertanggungjawabkan
Artikel selanjutnya :
   » » Radikalisme Tenaga Kerja Indonesia Khawatirkan Investor Asing