Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Rabu
25
Jul '07

50 PPK-SKPD Pemkab Taput Ikuti Diklat Standar Akuntansi Pemerintahan


Sebanyak 50 Pejabat Penatausahaan Keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (PPK-SKPD) di lingkungan Pemkab Taput, Selasa (24/7) mengikuti diklat Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) di hotel Glory Tarutung dibuka Sekdakab Taput Drs Sanggam Hutagalung MM.

Sekdakab Taput dalam sambutannya mengatakan, pelatihan seperti ini sudah saatnya dilakukan, karena pada umumnya pengelola keuangan masih gamang bekerja sebab belum mengetahui dan memahami peraturan Permendagri No. 13 tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah.
Menurutnya, sangat pentingnya pelatihan ini dikarenakan banyaknya peraturan yang sudah berobah. Dengan terbitnya Permendagri nomor 13 diharapkan semua pengelola keuangan daerah harus benar-benar memahaminya dan dapat melaksanakannya secara praktis di lapangan, terutama dalam penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah.

“Dengan dilakukannya pelimpahan wewenang ke daerah untuk mengelola keuangan, kita dituntut untuk semakin mampu merencanakan, menganggarkan, menatausahakan, mengakuntansikan, melaporkan serta mempertanggung jawabkan setiap kegiatan yang dimuat dalam APBD sesuai ketentuan yang diatur dalam peraturan tersebut,” sebutnya.
Pada kesempatan itu RB Widayat AK selaku narasumber dari BPKP perwakilan Sumut menekankan agar para peserta diklat SAP dapat benar-benar memberikan perhatiannya, karena undang-undang dan peraturan yang mengatur keuangan dan perbendaharaan negara sudah banyak yang berobah.

Sebelumnnya ketua panitia pelaksana diklat Ir James Simanjuntak MM dalam laporannya mengatakan, kegiatan diklat SAP tersebut merupakan langkah awal untuk mempersiapkan strategi yang diperlukan dalam pelaksanaan standar akuntansi pemerintahan dalam pelaporan pertanggung jawaban keuangan pemerintah daerah
Menurut James Simanjuntak, manfaat pelaksanaan diklat ini adalah, para PPK-SPKD dalam lingkup Pemkab Taput akan semakin memahami tugas dan fungsinya. Diklat tersebut akan berlangsung selama 4 hari tanggal 24-27 Juli.

Sebagai narasumber didatangkan dari BPKP perwakilan Sumut antara lain, RB Widayat AK, Anthur Pasaribu AK MM, Drs Tahi Hutabarat MM dan Fenry Silaban SE.
Hadir dalam acara pembukaan diklat tersebut adalah, Asisten 3 Viktor Pasaribu SE, kepala Bappeda Saul Situmorang Msi, kepala inspektorat Drs Djulu Hutapea para kadis, kakan, kaban di lingkungan Pemkab Taput dan para Camat se-Taput.

Sumber : (T-5/r) Harian SIB, Tarutung


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Gempa Terasa Kuat di Pesisir Barat Sumatera
Artikel selanjutnya :
   » » Pahala Sihombing Dihukum 20 Tahun di PN Tarutung