Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Senin
23
Jul '07

Surabaya Akan Punya Sistem Pengolahan Limbah Perkotaan


Surabaya akan memiliki sistem pengolahan limbah perkotaan. Sistem ini mendesak dibangun untuk mengatasi limbah perkotaan yang makin hari makin meningkat. Namun untuk merealisasikan memerlukan dana triliunan rupiah.

Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Kota Surabaya Togar Silaban
kepada wartawan di Humas Pemkot Surabaya Jalan Jimerto, Surabaya, Senin (23/7/2007) menyatakan, jika dilihat perkembangan kota, sudah saatnya Surabaya mempunyai sistem pengelolaan limbah tingkat perkotaan.

Sistem pengendalian limbah tingkat perkotaan adalah rencana program pembangunan sarana dan prasarana pembuangan limbah secara terintegrasi mirip Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

Nantinya, dalam rencana tersebut, setiap rumah akan tersambungkan dengan pipa pembuangan limbah. Pipa ini menuju pada tempat pengolahan limbah.

“Dari tempat itu, limbah akan diolah hingga bisa diurai lingkungan,” tuturnya.

Sehingga limbah yang biasanya dibuang ke sungai dapat dijadikan satu di sistem ini. Dampaknya sungai menjadi jauh lebih baik dan ramah lingkungan.

Togar menuturkan, untuk membangun sistem tersebut diperlukan anggaran yang besar. Sebab pembangunan sistem akan dimulai dari awal.

Sebagai perbandingan ia mencontohkan PDAM yang menggunakan pipa 2 inchi menghabiskan dana triliunan padahal pipa yang dibutuhkan untuk sistem sebesar 4 inchi. “Bayangkan dananya pasti begitu besar untuk mewujudkan sistem ini. Tetapi untuk kota Surabaya mendesak dibangun sistem pengolahan limbah perkotaan,” tegasnya.

Sumber : (Steven Lenakoly-stv/mar) Detik Surabaya, Surabaya


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.