Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Kamis
19
Jul '07

Bimmas Pioner Polres Tobasa Panen Perdana Jagung Produksi 7,28 ton/Hektar



Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions-formatting.php on line 76

Mewujudkan bidang pertanian sebagai salah satu pilar pembangunan di Tobasa, sedang giat digalakkan program jagungisasi dan Polres Tobasa ikut ambil bagian sebagai bentuk usaha untuk mendorong dan memacu masyarakat sekitar memamfaatkan lahan tidurnya.

Februari 2007 lalu Kapolres Tobasa AKBP Alisman Nainggolan bersama jajarannya mendukung program ini dengan menamam jagung pada areal kosong di belakang Mapolres Tobasa, Selasa (17/7) melakukan panen perdana bersama Bupati Tobasa Drs Monang Sitorus SH MBA, Ketua Penggerak PKK Intan DD Marpaung. Tanaman jagung di areal 1 hektar yang merupakan Bimmas Pioner Polres Tobasa, hasilnya mencapai 7,28 ton.

Kabag Ops Polres Tobasa AKP Buyung Sitanggang melaporkan bahwa lahan pertanian Polres Tobasa yang telah ditanami jagung seluas satu hektar merupakan lokasi pembangunan asrama Polres yang belum terbangun. Sehingga bisa dimanfaatkan karena sebelumnya tanah tersebut berupa lahan kosong yang ditumbuhi semak belukar yang tidak menghasilkan apa-apa. Pihaknya tetap akan bertanam jagung, untuk itu diminta kesediaan Dinas Pertanian Tobasa untuk membantu. “Kami saja disela-sela tugas masih bisa bertani, apalagi masyarakat yang memiliki lahan kosong,” ujarnya.

Kapolres Tobasa AKBP Alisman Nainggolan mengatakan dirinya ikut membudidayakan jagung termotivasi dengan program Pemkab Tobasa untuk menanam jagung. “Kebetulan di sekitar kantor Polres Tobasa di Narumonda masih banyak lahan kosong yang bisa dimanfaatkan. Penanaman jagung ini adalah sebagai partisipasi Polri untuk memotivasi masyarakat agar terdorong untuk menanam jagung,” ujar Alisman.
Dikatakannya pembudidayaan jagung yang dilakukannya belum maksimal perawatan dan pemeliharaannya. Karena terbatas oleh waktu dalam melakukan tugas sehari-hari. Meskipun demikian, hasilnya cukup lumayan. “Dengan demikian masyarakat juga bisa melakukannya secara maksimal,” ujarnya seraya menambahkan tetap akan bertanam jagung.

Untuk itu disarankannya kepada masyarakat Tobasa agar mau ikut menanam jagung di lahan-lahan kosong. Sehingga lahan kosong yang sebelumnya tidak bermanfaat bisa menghasilkan kepada masyarakat. “Hasil panen jagung bisa membantu meningkatkan pendapatan masyarakat. Walaupun kita akui bahwa lahan ini merupakan lahan kritis dan perawatannya belum maksimal, akan tetapi hasilnya lumayan juga,” sebutnya.
Bupati Tobasa Monang Sitorus kepada wartawan mengatakan dengan penanaman jagung yang dilakukan Kapolres Tobasa bisa mendorong semangat masyarakat. Sehingga pembudidayaan jagung bisa semakin meningkat di Tobasa dan menjadi sentra jagung.

Hadir dalam panen jagung tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Tobasa Intan D Marpaung, Ketua Tim Jagung Tobasa Drs Arusdin Sagala, Kadis Pertanian Tobasa Ir Horas Legius Silitonga, Kakan Ketahanan Pangan Jhonson Simanjuntak, Kabag Perekonomian James Silaban, Kabag Reg Samsat Tobasa Aipda Tanjung Sianipar.

SUmber : (T11/m) Harian SIB, Tobasa


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.






Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions.php on line 590
Artikel sebelumnya :
   » » Sambut HUT Adhyaksa, Kejari Kabanjahe Sumbang Sembako ke SLB Alhpa Omega

Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/jf_silaban/silaban.net/wp-includes/functions.php on line 590
Artikel selanjutnya :
   » » Cagub Dituntut Atasi Pengangguran