Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Senin
16
Jul '07

Hari Ini, Sejumlah Kandidat Cagub & Cawagub SU akan Mendaftar di Partai Demokrat


Sejumlah kandidat yang dinilai potensial dari kalangan pejabat kepala daerah di Sumut baik dari kalangan kandidat maupun simpatisan, dijadwalkan akan mendaftar ke Koalisi Partai Demokrat, di antaranya Ir RE Siahaan (Walikota Pematang Siantar yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kota Pematang Siantar), Bangun Silaban (Ketua DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan) dan Ketua DPC Partai Demokrat Humbang Hasundutan, dan seorang pejabat teras di Pemprop Sumut.

Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Sumut Drs Tahan Mahanan Panggabean, selaku ketua Tim-9 Pendaftaran Bakal Cagub SU dan Ca Wagub SU 2008-2013 menyatakan, pihaknya telah menerima sejumlah respon positif dari berbagai pihak yang menyatakan minat untuk mendaftar ke partai tersebut, khususnya sehari setelah rapat kordinasi (Rakor) Tim-9 Plus Partai Demokrat tersebut.

“Ada beberapa kandidat yang saat ini menduduki posisi kepala daerah di Sumut, yang berminat dan siap maju sebagai calon Gubsu untuk memimpin Sumut periode 2008 - 2013 nanti. Tapi, sementara ini, kandidat yang sudah pasti akan mendaftar, bahkan diperhitungkan sebagai pendaftar pertama adalah Ir RE Siahaan, walikota Siantar itu, sebagai calon Gubsu (SU-1), kemudian Bangun Silaban, Ketua DPRD Humbahas sebagai calon Wagub SU (SU-2), seorang pejabat aktif di Pemprop SU, juga sebagai calon Wagub SU,” ungkap Tahan M Panggabean kepada SIB di Medan, Sabtu (14/7).

Dia mengutarakan hal itu seputar kesiapan Partai Demokrat Sumut dalam penjaringan Cagub dan Cawagub SU yang akan dimulai Senin (16/7—hari ini) di kantor DPD Partai Demokrat Komplek Multatuli Indah Medan. Dia kembali menegaskan, sistem penjaringan kandidat di partai yang berkoalisi dengan Partai Buruh serta Partai Pelopor dan PNBK Sumut itu, merupakan pola yang berlandaskan serta bertujuan untuk pendewasaan politik masyarakat melalui kebebasan memilih dan menentukan calon pemimpinnya berdasarkan aspirasi dan demokrasi murni.

Khusus kandidat RE Siahaan, katanya, seharusnya sudah mendaftar pada Jumat (13/7) lalu, namun tertunda karena mendadak berangkat ke Jakarta pada Kamis pagi. Tahan belum bersedia merinci hal-hal lanjut soal pendaftaran bakal calon Gubsu dan calon Wagubsu itu. Misalnya, RE Siahaan akan berpasangan dengan siapa, Bangun Silaban akan berpasangan dengan siapa, dan seorang pejabat teras itu siapa, walaupun secara ilustratif, katanya, publik sudah bisa mereka-reka.

Namun, ketika dikonfirmasikan langsung, RE Siahaan melalui pesawat telepon selulernya menyatakan, pihaknya memang siap dan serius untuk maju dalam bursa penjaringan dan pemilihan Gubsu periode mendatang. Dengan tegas dia juga menyatakan, wujud demokrasi penuh atas kemena ngannya sebagai satu-satunya kandidat yang murni diusung Partai Demokrat dan menjadi pemenang (Walikota), merupakan bekal keyakinan disamping bekal dukungan masyarakat di sejumlah daerah.

“Saya maju jadi Cagubsu, semata-mata karena amanah atas maraknya dukungan berbagai pihak masyarakat daerah ini. Ada panggilan bagi saya untuk maju bersama rakyat membangun sambil membenahi daerah Sumut ini. Barisan pendukung saya yang selama ini telah memaparkan dan menyodorkan sedikitnya 11 masalah krusial di Sumut yang butuh solusi penanganan prioritas, saya juga sudah siapkan 11 resep khusus untuk ‘membangun dan membenahi’, tentu saja bersama-sama komponen masyarakat itu sendiri,” paparnya optimis tanpa bersedia merinci ke-11 resep khusus itu.

Selain RE Siahaan dan Bangun Silaban serta seorang pejabat teras itu, kandidat lain yang bakal ikut mendaftar ke Partai Demokrat itu adalah dr Sofyan Tan, sebagai bakal calon SU-2 atau Ca Wagub SU. Kemungkinan itu dicetuskan langsung oleh Sofyan Tan ketika diwawancarai SIB di kantor nya Jln Wahid Hasyim Sabtu lalu. Namun ketika ditanyakan apakah ‘pasti’ pasangannya Drs Gandhi Tambunan (Kepala Bainprom SU) sebagaimana dipublisir ketua Apersi Sumut Jumongkas Hutagaol dua pekan lalu, Sofyan menyarankan SIB bertanya langsung pada Gandhi Tambunan. Dilain pihak, melalui pesawat HP-nya ketika dihubungi, Gandhi Tambunan menyatakan pihaknya agak ‘kaget’ akan pencalonan itu karena dia sendiri belum terpikir ke arah itu.

Sumber : (M9/o) Harian SIB,Medan


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Konfercab PDIP Taput Didemo
Artikel selanjutnya :
   » » Konfercab PDI Perjuangan Taput Diwarnai Unjuk Rasa