Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Rabu
11
Jul '07

Menakertras: Roh Hubungan Industrial adalah Kemitraan


Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno menegaskan roh dari hubungan industrial adalah kemitraan. Dalam aturan yang ada, fungsi serikat pekerja bukan untuk mengajak mogok atau demo.

Hal ini diungkapkan Erman dalam Diskusi Panel Kompas bertajuk “Format Hubungan Industrial yang Harmonis untuk Kemitraan Strategis Pekerja dan Pengusaha” di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah, Jakarta, Rabu (11/7) siang. Erman mengingatkan hubungan industrial tak baik dibawa ke dalam politicking. Kalau itu yang terjadi, Erman tak tahu lagi perjalanan bangsa ini kelak.

Menurut Menakertrans, fungsi pekerja menjalankan pekerjaan sesuai kewajiban, menjaga ketertban demi kelangsungan produksi, menyalurkan aspirasi secara demokratis, mengembangkan keahlian dan ketrampilan, serta ikut memajukan perusahaan dan memperjuangkan kesejahteraan anggota dan keluarganya.

Sementara fungsi pengusaha, lanjut Erman, menciptakan kemitraan, mengembangkan usaha, memperluas lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan bagi pekerja secara terbuka, demokratis dan berkeadilan. Sedangkan pemerintah berfungsi menetapkan kebijakan, memberikan pelayanan, melaksanakan pengawasan dan menindak pelanggar perarutan perundang-undangan ketenagakerjaan.

Sebelumnya Pemimpin Umum Harian Kompas Jakob Oetama mengingatkan hal yang sama. Jakob menggarisbawahi kalimat “kemitraan strategis pekerja dan pengusaha” yang sangat bagus tapi masih sulit terwujud. Namun Jakob menyatakan kebijakan perusahaan sangat dipengaruhi falsafah perusahaan yang mengutamakn persaudaraan.

Pembicara lainnya Ketua Apindo Sofjan Wanandi, Ketua Federasi Serikat Buruh Sejahtera Rekson Silaban, Direktur Utama PT Jamsostek Hotbonar Sinaga dengan moderator Hamzirwan, Ketua Divisi Hubungan Industrial Perkumpulan Karyawan Kompas. Acara ini digelar terkait pengukuhan Perkumpulan Karyawan Kompas periode 2007-2009 yang dipimpin Tjahja Gunawan.

Sumber : (R Adhi Kusumaputra) Kompas Cyber Media 


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.