Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Rabu
4
Jul '07

24 Pejabat Tanda Tangani Deklarasi Mengurangi Emisi GRK


Sebanyak 24 orang yang mewakili pemerintah provinsi dan kota menandatangani Deklarasi Bogor di Kota Bogor, Selasa (3/7). Deklarasi itu menyatakan komitmen pemerintahan mereka masing-masing melaksanakan kebijakan lokal untuk mengurangi emisi gas rumah kaca atau GRK.

Para deklarator itu adalah wali kota, pejabat Bapedal provinsi, atau kepala dinas yang mewakili pemerintah daerah masing-masing. Mereka antara lain Mawardy Nurdin (Kota Banda Aceh), Rohayani (Bengkulu), Agust Widodo (Cilegon), Nuriman (Tangerang), Joni Tagor Harahap (Jakarta Selatan), Walim Herwandi (Depok), Diani Budiarto (Bogor), Ayu Sukenjah (Bandung), Togar Arifin Silaban (Surabaya), Ali Munsjir (Balikpapan), Hesly Junianto (Banjarmasin), Burhanuddin (Makassar), Syamsul Arifin (Sumatera Utara), Tahir M (Banten), dan Djoko Sutrisno (Jawa Timur).

Penandatanganan naskah Deklarasi Bogor itu menjadi salah satu kegiatan dari lokakarya Inventarisasi Kebijakan Lokal dan Upaya Nyata Mengurangi Emisi GRK, yang berlangsung dua hari 2-3 Juli, dengan Pemerintah Kota Bogor sebagai tuan rumah.

Dasar pemikiran deklarasi ini, kata Wali Kota Bogor Diani Budiarto, antara lain, wilayah perkotaan memiliki aktivitas sangat besar dan berpotensi menghasilkan emisi GRK dalam jumlah besar pula. Fakta lainnya, penggunaan energi di wilayah perkotaan belum efisien sehingga mengeluarkan emisi GRK yang semestinya tidak perlu.

Selain itu, GRK, yang menimbulkan efek pemanasan global, pengendaliannya memerlukan kebijakan lokal dan komitmen semua pihak serta kepemimpinan yang kuat.

“Itu sebabnya kami bertekad untuk membuat dan melaksanakan kebijakan lokal yang berpihak pada pengurangan emisi GRK. Kalau para pengambil keputusan di tingkat lokal melaksanakannya, itu artinya pemerintah dan masyarakat kota berpartisipasi aktif dalam menyelamatkan lingkungan hidup,” katanya.

Sumber : (RTS)  Harian Kompas, Bogor


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Warga Sima Jawar Resah, Anugrah Beton Cuek
Artikel selanjutnya :
   » » Menggelapkan Uang Asuransi Dihukum 8 Bulan Penjara