Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Sabtu
23
Jun '07

Harga Migor di Tobasa Naik Tajam


Harga minyak goreng (migor) di Toba Samosir terutama di pasar Balige naik tajam menjadi Rp9.500/kg, yang minggu sebelumnya berkisar Rp8.000/kg.

Kenaikan menjadi Rp9.500/kg adalah merupakan kenaikan kedua kalinya yang mana harga minggu sebelumnya Rp8.000/kg adalah kenaikan pertama yang sebelumnya hanya Rp7.000/kg.

Jika pada kenaikan pertama menjadi Rp8000/kg sebahagian besar konsumen sudah merasakan dampak kenaikan itu, maka kini dengan kenaikan yang kedua menjadi Rp9.500/kg masyarakat atau para konsumen sudah menjerit.

Buktinya sudah banyak masyarakat beralih, misalnya membakar ikan asin dan main rebus misalnya ikan teri.

Migor itu bukan saja mengalami kenaikan harga juga migor hilang dari pasaran. Para pengecer migor itu ketika ditanyakan, mengapa migor itu selain mengalami harga yang signitifikan juga hilang dari pasaran, para pedagang itu menerangkan disebabkan pasokan sangat berkurang, misalnya dari Sibolga dan Pematang Siantar.

Sebenarnya, selain harga yang naik tajam, juga hilang dari pasaran, maka Pemkab Tobasa seharusnya sudah sangat mendesak melakukan Operasi Pasar seperti pernah dilakukan, ketika minyak tanah naik dan hilang di pasaran. Ketika itu melalui Operasi Pasar itu harga minyak kembali stabil.

Sejauh ini belum ada diperoleh informasi mengenai rencana operasi pasar itu, wartawan Analisa menghubungi kepala bagian perekonomian Sekdakab Toba Samosir Drs Silaban, untuk menanyakan hal itu yang bersangkutan tak ada dikantornya. Menurut salah seorang stafnya, Drs Silaban sedang tugas di luar.

Hingga, Sabtu (16/6) belum nampak upaya dari Pemkab untuk melakukan operasi pasar itu, untuk mengatasi kelangkaan migor tersebut tidak tertutup kemungkinan operasi pasar belum dilakukan, karena Pemkab Tobasa belum mengetahui tentang kenaikan migor tersebut.

Sumber : (ep) Harian Analisa, Balige


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.