Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Jumat
22
Jun '07

Obat Otsus Tetap Digratiskan


Sejak bergulirnya otonomi khusus (Otsus) sesuai Undang-Undang No 21 Tahun 2001, Pemerintah Provinsi Papua terus memberikan perhatian terhadap pembenahan sektor kesehatan. Salah satunya pemberian obat gratis yang dibiayai dana Otsus.

Dalam penyalurannya, obat Otsus itu diberikan kepada masing-masing Puskesmas/Pustu di kabupaten/kota dan di bawah Dinas Kesehatan Provinsi Papua. Sementara untuk obat Otsus di rumah sakit umum daerah (RSUD) diiurus oleh rumah sakit yang bersangkutan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua dr Bagus Sukaswara W, sampai saat ini Pemerintah Provinsi Papua tetap memberikan obat Otsus itu secara gratis kepada masyarakat.Dan jika ada yang diperjualbelikan maka itu sudah menyalahi aturan.

“Pada dasarnya obat Otsus ini cukup, yang ditangani Dinas Kesehatan Provinsi hanya di Puskesmas dan Pustu. Sementara untuk rumah sakit tidak diurus, artinya diurus masing-masing RSUD yang bersangkutan,” ujarnya kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di ruang kerjanya usai serah terima jabatan dengan pejabat lama dr Tigor Silaban, M.KM, Kamis (21/6) kemarin.

Meski mengatakan seperti itu, namun dr Bagus mengakui masih ada Puskesmas di daerah yang melakukan pungutan bagi masyarakat khususnya mereka yang berobat di Puskesmas dan Pustu. Hal itu disebabkan karena adanya aturan masing-masing daerah sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda).

Sumber : (ito) Cendrawasih Post, Jayapura


Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.