Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Kamis
14
Jun '07

725 Orang Ikuti Pengobatan Gratis Toba Pulp


Sebanyak 725 orang penduduk di sekitar tiga estate HTI PT Toba Pulp Lestari, Tbk (Toba Pulp) mengikuti pengobatan massal dan gratis, kata laporan resmi hari ini.
Pengobatan tersebut diselenggarakan selama tiga hari di tiga lokasi, masing-masing 6 Juni di desa Simarigung di wilayah kerja estate Aekraja (Tapanuli Utara) diikuti 235 orang, 8 Juni di desa Nagori Marihat Raja di wilayah estate Aeknauli (Simalungun) diikuti 380 orang, dan 9 Juni di Borbor di wilayah estate Habinsaran (Tobasamosir) diikuti 110 orang.

Sebagian peserta pengobatan massal itu terdiri dari kaum wanita lanjut usia dan juga anak-anak Balita (berusia di bawah lima tahun). Mereka, secara tertib sabar mendaftarkan diri untuk mendapatkan giliran. Beberapa orang ibu muda yang masih menyusui, dengan wajah ceria berbincang mengenai keinginan mereka agar pengobatan gratis diselenggarakan sesering mungkin. “Pengobatan ini sangat menolong untuk meningkatkan derajat kesehatan anak-anak”, kata Dumaria, 56 tahun, seorang ibu tiga anak di Aekraja.
Pengobatan massal itu diselenggarakan oleh manajemen TobaFiber - departemen yang menangani HTI di TobaPulp - bekerjasama dengan para Kepala Desa dan juga Muspika setempat dengan dibantu sejumlah dokter Puskesmas lokal dan dokter perusahaan.

Mereka antara lain terdiri atas dr Lusi Silaban (Puskesmas Matiti), dr G Nainggolan (Aekraja), dr Eivin Damanik (Dolok Panribuan) dan dr Bontur Manurung (TobaPulp) plus sebelas orang perawat.
Kegiatan itu, kata manajemen TobaPulp, merupakan bagian dari wujud kepedulian perusahaan penghasil pulp itu terhadap masyarakat di lingkungan kerjanya dan untuk kali ini di sekitar HTI (hutan tanaman industri). Wilayah HTI lain yang masih akan menerima pengobatan massal ialah Tele (Dairi).
Di lingkungan pabrik sendiri, di Porsea (Tobasamosir), pengobatan massal sudah digelar lebih dulu beberapa kali di dengan judul “Puskesmas keliling”. Tidak kurang dari seribu orang penduduk mengikutinya tahun lalu.

Sumber : (Rel/PR2/c) Harian SIB, Porsea


Ada 2 tanggapan untuk artikel “725 Orang Ikuti Pengobatan Gratis Toba Pulp”

  1. Tanggapan UCOK JAMES MP MARPAUNG:

    Kegiatan-kegiatan seperti inilah yang seharusnya perlu ditingkatkan oleh pihak TPL agak masyarakat merasa betah dan senang atas keberadaan perusahaan ini di lingkungan masayarakat TOBASA pada khususnya.Saran saya : Jangan hanya pengobatan gratis yang saja yang diadakan melainkan lingkungan di sekitar pabrik ini mohon ditata dengan baik. Karena saya selaku warga yang tinggal di sekitar pabrik yaitu di desa sosor ladang merasa lingkungannnya sangat kotor dan jalan-jalan umum yang dilalui oleh truk kayu sangat banyak debunya.Hal ini akan menimbulkan udara yang tidak bersih dan segar di lingkungan sekitar pabrik. Karena pada prinsipnya dalam kesehatan “LEBIH BAIK MENCENGAH DARI PADA MENGOBATI”.Artinya kita jangan hanya bisa mengobati tanpa ada pencegahan. Terima kasih

  2. Tanggapan Leonard Hutabarat:

    Mauliate bah, tu barita on dohot angka saran-saran na denggan, asa anggiat hami boi tong lam tu dengganna mangulahon angka kegiatan kemasyarakatan tu ari nanaeng ro. Mauliate

    Leonard Hutabarat
    SSL Manager PT. Toba Pulp Lestari, Tbk

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Permukiman Tepi Kali nan Asri
Artikel selanjutnya :
   » » Teladan Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII Jangan Luntur