Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Jumat
8
Jun '07

Polres Tapsel Rekonstruksi Perampokan Rp1,3 Miliar


Polres Tapanuli Selatan merekonstruksi perampokan bersenjata api di PT. First Mujur Plantation & Industri (FMPI), Desa Aek Kulim, Kec. Simangambat, sekira 210 km atau lima jam perjalanan dari P. Sidimpuan, Kamis (7/6).

Dikawal puluhan aparat dan disaksikan ratusan karyawan perusahaan, lima pelaku utama yang telah ditangkap, H, Bh, AFO, I dan Bg, dibantu empat petugas Polres menggantikan peran AJ, AK, G, A, melakukan adegan demi adegan rekonstruksi dengan baik dan lancar. Rekonstruksi dipimpin Kabag Ops Polres Tapsel, Kompol A Nurdin, Kasat Reskrim AKP SM Siregar, dan Kapolsek Barumun Tengah, AKP Waiman. Kemudian disaksikan JPU, Japen Matondang, SH dan kuasa hukum tersangka Pranjono, SH.

Reka ulang dengan 60 adegan diawali kedatangan 5 sepeda motor ditunggangi 9 perampok. Mereka berhenti di depan Pos Satpam dan melumpuhkan dua petugas jaga serta memutus kabel handy talky. Saat itu, I melepaskan tembakan ke udara mengenai langit-langit bangunan. Selanjutnya bersama AK dan H, memukuli serta memasukkan dua petugas jaga, HT Silaban dan Robin S Aruhl ke kamar Waki Kasat Security, S Ginting.

Sementara di halaman kantor utama perusahaan, AFO dan A mengancam tembak Koordinator Satpam, Peltu (Pur) Jhuair. Sedangkan Bg, Bh, AJ, AK dan G, masuk ke kantor setelah mengancam tiga Satpam di ruang depan. Di dalam ruangan karyawan, Bg menyuruh seluruh karyawan jongkok sambil mengangkat tangan di samping lemari. Sembari menanyakan dimana uang disimpan, mereka juga mempereteli perhiasan dan barang berharga milik karyawan.

Kemudian kelima tersangka menendang pintu ruangan mencari tempat uang. Saat itu G menembakkan senpi jenis FN ke atas mengenai langit-langit ruangan. Bh berhasil mendobrak ruang KTU dan menemukan tumpukan uang di atas meja, sedangkan kasirnya berada di ruangan manejer. Setelah mengangkut tas hitam berisi uang, Bh memanggil AJ, AK, G disusul A, untuk memasukkan uang di atas meja ke dalam goni. Selanjutnya mereka mencari kasir dan menemukannya bersembunyi di kamar mandi ruangan manejer.

Kasir itu digiring ke kamar KTU dan diancam tembak kalau tidak membuka kotak brankas. Dengan moncong senjata di kepala dan perut, kasir membuka brankas dengan gemetar. Selanjutnya uang diambil dan dimasukkan AJ ke goni plastik. Usai memperoleh hasil rampokan, AFO mengendarai Honda Mega Pro membonceng Bg yang membawa satu goni uang. AK dan A mengendarai RX King membawa senjata api jenis Moser dan FN. Sementara H dan G melarikan Honda GL Max milik karyawan dengan membawa satu goni uang.

BH sendiri mengendarai Honda Supra X membawa uang dalam tas hitam. Sedangkan I dan H mengendarai Honda Supra Fit dan RX King. Mereka melarikan diri melalui jalan utama menuju arah Rokan Hulu, Prov. Riau. Sekitar 7 km dari lokasi atau di perkebunan Meranti, mereka membagi-bagi uang hasil rampokannya dan berpisah ke tujuan masing-masing.

Sakit Hati
P erampokan itu dikaitkan dengan rasa sakit hati PS, seorang karyawan penjaga mess tamu yang dipecat setengah bulan sebelum kejadian. PS seorang wanita telah ditangkap dari Kec. Air Batu, Asahan. Darinya disita barang bukti uang dan sejumlah peralatan rumah tangga yang dibeli dari hasil rampokan. Sementara suaminya, H yang turut merampok dan sebelumnya sering datang ke lokasi masih diburon.

“PS baik dan ramah. Dia dipecat secara tidak hormat dan diperintah meninggalkan lokasi perkebunan, dengan alasan suaminya sering datan seperti ‘menggambar lokasi untuk tujuan yang tidak baik,” kata seorang karyawan.

Sumber : (a20) (wns) WASPADA Online, P. Sidimpuan


Baru ada 1 tanggapan untuk artikel “Polres Tapsel Rekonstruksi Perampokan Rp1,3 Miliar”

  1. Tanggapan yanto daulay:

    dengan adanya web ini kami mahasiswa tapsel yang ada di jakarta&sekitar sgt mrs senang.krn bs tau info kampung halaman.

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.