Silaban Brotherhood: Media Informasi dan Komunikasi Generasi Silaban di Internet

Pilih Topik Artikel:

Rabu
6
Jun '07

STMIK Ganesha Gelar Supercamp Mahasiswa Baru 2007


Mulai Tahun Akademik 2007 STMIK GANESHA mengganti Acara MABIM (Masa Bimbingan Mahasiswa Baru) disempurnakan menjadi SUPERCAMP. Menurutnya, Supercamp adalah sebuah acara menginap dengan serangkaian program yang dapat meningkatkan kemampuan dan kapasitas academic skill maupun life skill.

Metoda pembelajaran konvensional dalam perkuliahan sudah kurang efektif di tengah derasnya arus informasi yang menjejali kehidupan peserta didik khususnya mahasiswa dewasa ini. Banyaknya godaan negatif seperti obat-obat terlarang, sex bebas, serta hal-hal lain yang menjadi pengalih atau substituen perhatian dan konsentrasi mahasiswa semasa studi sudah harus diimbangi dengan pembelajaran yang attraktif, efektif, dijalani secara menyenangkan. Disamping itu, kesadaran diri, pembangunan citra diri, serta kunci-kunci keunggulan lainnya sebagai “pembelajar” mutlak dimiliki mahasiswa untuk mendapatkan “outcome” maksimal selama masa studinya. Hal itu dikemukakan Ketua Dewan Pakar STMIK GANESHA, Drs. Bernard Simamora, S.IP, MBA kepada pelitanews Senin (4/5) di ruang kerjanya di Lantai 2 Kampus STMIK GANESHA.

Sarjana Fisika ITB yang juga Magister Bisnis dan Sarjana Ilmu Pemerintahan Universitas Terbuka ini menambahkan, untuk maksud tersebut mulai Tahun Akademik 2007 STMIK GANESHA mengganti Acara MABIM (Masa Bimbingan Mahasiswa Baru) disempurnakan menjadi SUPERCAMP. Menurutnya, Supercamp adalah sebuah acara menginap dengan serangkaian program yang dapat meningkatkan kemampuan dan kapasitas academic skill maupun life skill. Dalam hal academic skill SuperCamp mengajarkan, antara lain strategi belajar Quantum, penguasaan matematika, kemampuan membaca cepat, kemampuan merencanakan sebuah tulisan dan menghasilkan tulisan yang baik, note-taking/ mind mapping dan kemampuan daya ingat. Sementara untuk life skills, peserta akan belajar untuk memiliki 8 kunci keberhasilan antara lain integritas, mentalitas juara, berbicara dengan baik, komitmen, fleksibilitas dan lainnya. Selain itu, peserta juga belajar berkomunikasi, membangun hubungan interpesonal, berpikir kreatif, menetapkan tujuan, dan lain sebagainya.

Kepada reporter pelitanews, Benard menjelaskan, Supercamp merupakan formula yang sudah teruji kehandalannya di negara maju dan telah ditempuh ratusan ribu orang yang hasilnya sangat menakjubkan. Melalui Supercamp, prestasi pembelajar melejit, motivasi diri meningkat tajam, dan proses belajar menjadi sebuah permainan menarik. “Sebagai Ketua Dewan Pakar STMIK GANESHA, saya bersama tim pakar dari ITB sangat concern dalam memberikan konsep-konsep peningkatan mutu akademik STMIK GANESHA”. Hal itu diakui Drs Dede Sumarna, Ketua STMIK GANESHA periode 2006-2010.

Ketika ditanyakan komposisi Dewan Pakar STMIK GANESHA, Dede Sumarna menyebutkan Drs Bernard Siamamora, S.IP, MBA sebagai ketua dan anggotanya Rachmat Hidayat, Ph.D; Jusak Sali Kosasih, PhD; Bagus Endar, Ph.D dan Ir. Erdin Silaban, MM dan beberapa nama lain yang merupakan para pakar dari ITB dan IPB yang adalah lulusan perguruan tinggi di negara maju.

Dede Sumarna menambahkan, Supercamp Mahasiswa Baru STMIK GANESHA Tahun 2007 diadakan secara outdoor efektif 60 Jam yakni 2 hari menginap di lokasi yang akan ditentukan kemudian. Mahasiswa - melalui Badan Eksekutif Mahasiswa STMIK GANESHA yang akan turut dalam kepanitiaan Supercamp 2007 melalui seleksi dan training untuk menjadi fasilitator Supercamp. “Tahun ini mahasiswa baru perserta Supercamp diperkirakan berjumlah 500 orang, dengan fasilitator dan narasumber 50 orang”

Sumber : (Nasikhin, ST-Nas/D) Pelita News


Ada 4 tanggapan untuk artikel “STMIK Ganesha Gelar Supercamp Mahasiswa Baru 2007”

  1. Tanggapan Bilson Simamora:

    Setahu saya, Bernard juga merupakan pendiri STIMIK GANESHA, dan Erdin Silaban bekerja di Bank Man$iri. Hebatnya, keduanya adik kelas saya di SMAN Doloksanggul, he he he. Din, jangan lupa kontak saya di email ini ya?

  2. Tanggapan Bernard Simamora:

    Benar kata pak Bilson Simamora, kami berdua adik kelas beliau di SMA Negeri Doloksanggul. Ia lulus tahun 1985, saya lulus tahun 1986. Agak aneh, Bilson kini jadi pakar Marketing yang setahu saya selain penulis buku juga bekerja di STIE-IBI, padahal S1 pertanian, he..he… Erdin yang di bank mandiri, setahu saya juga kini sudah jg jadi Sarjana Hukum setelah lebih dulu jadi MM — tetapi juga dari S1 Pertanian. BTW, pak Bilson ko g muncul di www.debataraja.org? Saya juga nyiapin Forum Komunikasi simamora di google juga formu di simamora.pelita-indonesia.com. Monggo, diisi jg. Thanks. Sukses

  3. Tanggapan Bilson Simamora:

    Lamo nda jumpa kawan. Memang betul S1 saya pertanyaan. Bahkan orangtua saya juga petani di Humbang Hasundutan sana. Jadi, dengan pengalaman masa kecil dan kuliah, latarbelakang pertanian lengkaplah. Tetapi, kalau pakar MARKETING, hihihi, ngga berani ngaku-ngakulah. Jelas saja Bernard mengatakan demikian karena dia adik kelasku di SMA dan secara parmargaon amangtuaku. Memang di www.debataraja.net (dulu www.debataraja.org) belum aktif amangtua. Soalnyalagi sibuk bikin disertasi. Trus, kalau mau terlibat juga tidak sekedar mengirim artikel, tetapi juga kasih ide untuk membenahi situsnya yang masih berantakan saat ini. Btw, apa kabar nih amangtua?

  4. Tanggapan Bernard Simamora:

    Erdin Silaban kayaknya terlalu sibuk. Nggak buka-buka www.silaban.net dan jarang online Jangan-jangan lagi nyusun disertasi. Santai pak!
    Untuk Pak Bilson, kirimin aku dong buku yang sudah ditulis (Hibah !!!) trus ditanda tangani penulisnya. Pak Bilson, bagmana kalau kita adakan dulu reuni alumni SMA Negeri Doloksanggul Se-Jawa, ajakin Erdin lah! Ok
    Ditunggu kabarnya

Silahkan memberikan tanggapan !

Catatan:
1) Mohon Maaf.. Tanggapan perdana Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan !
2) Selanjutnya dikemudian hari, mohon gunakan Data Anda (Nama, Email, Website) dengan konsisten (sama) agar tanggapan Anda langsung tampil (tanpa moderasi) dan memudahkan Anda menelusuri komentar-komentar sebelumnya pada situs ini.





Artikel sebelumnya :
   » » Indonesia – National Single Window
Artikel selanjutnya :
   » » 7 Daerah Rawan Flu Burung